Indonesia akan bertemu Kamboja pada 23 Desember 2022 (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Pixabay)

AFF Cup 2022: Indonesia vs Kamboja, Sejarah Catat Timnas Garuda Lebih Unggul

22 December 2022   |   17:58 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Indonesia menjadi tim yang diunggulkan saat akan melawan Kamboja dalam fase kualifikasi Grup A The Asean Football Federation Championship (AFF Cup) 2022 pada Jumat, 23 Desember 2022 pukul 16.30 WIB di Stadion Gelora Bung Karno. Hal ini mengingat Indonesia selalu menang di ajang 2 tahunan ini.

Pertemuan antara tim nasional Indonesia dan Kamboja yang akan berlangsung pada 23 Desember 2022 bukan pertemuan yang pertama. Kedua tim tercatat telah bertemu sebanyak lima kali sejak ajang 2 tahunan ini masih bernama Piala Tiger.

Tim nasional Indonesia bertemu dengan Kamboja di ajang ini pertama kali pada 1996. Pada saat itu, tim nasional Indonesia yang diperkuat oleh Kurniawan Dwi Yulianto berhasil unggul 3 gol tanpa balas atas Kamboja.

Pertemuan kedua terjadi pada Piala Tiger edisi 2002. Tim nasional Indoensia kembali berhasil menang dari Kamboja dengan skor 4 – 2. Setelah 2 tahun berselang atau di Piala Tiger edisi 2004, kedua tim kembali dipertemukan, dan Indonesia mencatat kemenangan lagi.

Baca juga: Segera Dimulai, Yuk Cek Jadwal Piala AFF 2022

Pada Piala Tiger 2004, tim nasional Indonesia tercatat berhasil menyarangkan bola sebanyak delapan kali ke gawang Kamboja. Sementara tim nasional Kamboja tidak mampu membuat satu gol pun ke gawang Indonesia pada saat itu.

Tim nasional Indonesia baru kembali bertemu dengan Kamboja pada Piala AFF 2008. Pada saat itu, tim nasional Indonesia berhasil menaklukan Kamboja dengan skor 4 – 0. Setelah 2008, Kamboja beberapa kali gagal masuk ke babak kualifikasi grup Piala AFF.

Keduanya kembali bertemu pada Piala AFF 2020. Lagi, Indonesia berhasil mengalahkan tim nasional Kamboja seperti pertandingan yang lalu. Pada edisi 2020, Tim Garuda berhasil menaklukan Kamboja dengan skor 4 – 2.

Pertemuan antara Indonesia dan Kamboja di ajang Piala AFF atau pun Piala Tiger terjadi di babak kualifikasi grup. Kamboja tercatat tidak pernah sekalipun berhasil lolos dari fase kualifikasi grup. Sementara itu, Indonesia hanya empat kali gagal lolos dari babak kualifikasi grup.

Indonesia bahkan tercatat masuk ke final sebanyak enam kali di ajang dua tahunan ini. Namun, tim nasional Indonesia belum pernah sekalipun berhasil menjadi juara Piala AFF.

Meskipun Indonesia unggul dalam sejarah pertemuan, tidak menutup kemungkinan pertandingan antara Indonesia melawan Kamboja bermain imbang atau Kamboja keluar sebagai pemenang. Namun, tidak menutup kemungkinan juga tim Garuda unggul dengan skor besar seperti yang pernah terjadi pada tahun – tahun lalu.

Baca juga: Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Minus Elkan Baggot & Sandy Walsh

Pada pertandingan pertamanya, Kamboja tercatat berhasil menang atas Filipina di ajang Piala AFF 2022. Kamboja mengalahkan Filipina dengan skor 3 – 2 di Morodok Techno National Stadium.

Di pertandingan itu, Kamboja berhasil unggul terlebih dahulu melalui pemain Reung Bunheing pada menit ke-16. Empat menit berselang atau pada menit ke-20, kamboja berhasil menggandakan keunggulan melalui Orn Chanpolin.

Filipina berhasil membalas melalui Kenshiro Daniels pada menit ke-41 dan 55, dan membuat hasil imbang 2 – 2 untuk sementara. Reung Bunheing kembali menyarangkan bola ke gawang Filipina pada menit ke-59, dan membuat Kamboja unggul 3 – 2 sampai wasit meniup peluit dengan panjang.

Baca juga: Piala AFF 2022: Thailand & Kamboja Raih Poin Penuh, Ini Posisi Sementara Indonesia di Grup A


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Survei: Bandung Jadi Kota Favorit Tujuan Libur Nataru

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik tentang Lagu Ditto, Single Pre-Release NewJeans Sebagai Pembuka Comeback

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: