Pengunjung sedang menyaksikan lukisan (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Snow White)

Cek Agenda Pameran Untuk Mengisi Liburan Natal & Tahun Baru

22 December 2022   |   14:47 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tinggal menghitung hari. Bagi kalian yang hendak menjalani liburan, galeri seni atau museum dapat menjadi pilihan, selain destinasi wisata lain seperti pantai, gunung dan taman rekreasi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Buat kalian pencinta seni, mengunjungi galeri seni atau museum dapat menjadi kegiatan seru untuk menghabiskan masa liburan akhir tahun ini. Di galeri dan museum, kalian dapat menikmati beragam keindahan dan cerita karya seni dari para seniman yang karyanya dipamerkan.

Tidak hanya itu, bisa juga membeli atau menambah koleksi karya jika karya yang dipamerkan memang sebagai pasar seni.

Baca juga: Menyimak Rekam Jejak Peran Perempuan dalam Pameran The Truth Inside You

Koleksi karya seni dari tersebut pun bisa menghiasai rumah, dan menjadikan rumah terlihat indah. Jika enggan atau tidak bisa membeli, kalian bisa melakukan swafoto dan memenuhi laman media sosial dengan foto karya-karya keren dari para seniman.

Berikut sejumlah agenda galeri atau museum yang bisa kalian nikmati untuk mengisi libur Natal dan Tahun Baru.


1. Pameran Seni Arak Berem

Jika pergi berlibur ke Bali, dapat berkunjung ke pameran Arak Berem yang diadakan di Tonyraka Art Gallery, Ubud, Bali. Pameran ini berlangsung mulai 25 Desember 2022 sampai dengan 25 Februari 2023. Pameran bertajuk Arak Berem yang dibuka pada 25 Desember 2022 akan menampilkan karya dari seniman Putu Sutawijaya dan Mahendra Mangku.

Putu Sutawijaya adalah seniman yang lahir pada 1970 di Angseri, Tabanan, Bali. Sebelum melakukan pameran di Tonyraka Art Gallery, lulusan ISI Yogyakarta dan SMSR High School of Arts, Denpasar, Bali, itu juga sudah sering mengadakan sejumlah pameran.

Salah satu dari sejumlah pameran yang pernah diadakan adalah pameran tunggal berjudul Legacy of Sagacity di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, pada 2008 silam. Sementara itu, Mahendra Mangku adalah seniman kelahiran 30 Desember 1972 di Sukawati, Gianyar, Bali.

Pria seniman lulusan ISI Yogyakarta ini juga telah melakukan banyak pameran. Salah satu dari sejumlah pameran itu adalah berjudul Dialogue Within A Space, Tembi Contemporery, Yogyakarta, pada 2010 silam.


2. Pameran Koleksi & Arsip Toeti Heraty Museum dan Pameran Kolase “Cutting Cyclus” Milisifilem Collective

Agenda seni lain yang dapat menjadi tujuan untuk mengisi liburan akhir tahun adalah Pameran Koleksi & Arsip Toeti Heraty Museum dan Pameran Kolase “Cutting Cyclus” Milisifilem Collective yang berlangsung di Cemara 6 Galeri, Jakarta.

Kedua pameran ini berlangsung sampai dengan 28 Januari 2023. Di Pameran Kolase “Cutting Cyclus” Milisifilem Collective, kalian dapat menikmati karya dari enam perupa yang merespons karya sastra Achdiat Karta Mihardja, Franz Kafka, Sitor Situmorang, Toeti Heraty, dan Yukio Mishima. Sementara itu, kalian dapat menikmati pula karya dari 66 perupa di Pameran Koleksi & Arsip Toeti Heraty Museum.


3. Pameran The Truth Inside You

Agenda lain yang dapat menjadi pilihan untuk menikmati liburan pada masa pergantian tahun ini adalah pameran The Truth Inside You: Alunan Kisah tentang Perempuan, yang diadakan sampai dengan 15 Januari 2023 di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.  

Pameran ini mencoba merespons kompleksitas dunia yang dijalani perempuan, khususnya perempuan Indonesia yang unik dan dinamis. Perempuan yang bertahan dan mengatasi berbagai tantangan kehidupan dengan kekuatan yang ada dalam dirinya.


4. Pameran Chiharu Shiota : The Soul Trembles

Pameran lain yang dapat menjadi pilihan bagi kalian untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru adalah pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles. Pameran yang akan berlangsung sampai dengan 30 April 2023 tersebut menampilkan karya-karya Shiota dalam perjalanan karirnya.

Kalian dapat menyaksikan karya pertama sampai yang paling baru dari seniman kelahiran Jepang pada 1972 silam. Selain karya dua dimensi, kalian juga dapat menikmati karya seni instalasi, video, dan sebagainya di pameran ini.

Baca juga: Gunakan Teknologi AR, Pameran Maestro Lukis Ini Tawarkan Pengalaman Interaktif

Di pameran ini terdapat 5 karya seni instalasi dengan ukuran yang besar, bahkan beberapa di antaranya memenuhi satu ruangan yang disediakan.

(Ikuti terus laporan Hypeabis.id di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

7 Film Terpopuler yang Dibintangi Aminah Cendrakasih, Siap Bikin Nostalgia

BERIKUTNYA

Banyak Merek Lokal Gaet Artis Korea, Ini Pentingnya Duta Merek dalam Promosi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: