Aminah Cendrakasih dalam film Si Doel Anak Sekolahan (Sumber gambar: Imdb)

7 Film Terpopuler yang Dibintangi Aminah Cendrakasih, Siap Bikin Nostalgia

22 December 2022   |   14:44 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka menimpa industri film Indonesia. Salah satu aktris legendaris, Aminah Cendrakasih atau yang akrab disapa Mak Nyak berpulang ke pangkuan Tuhan pada Rabu, 21 Desember 2022 tadi malam. Wanita itu menghembuskan nafas terakhirnya pada usia yang ke-84 tahun.

Aminah memang telah lama menderita penyakit glukoma yang membuatnya banyak berbaring beberapa tahun belakangan. Semasa hidupnya, Aminah dikenal sebagai aktris multitalenta dengan perannya yang ikonik dan selalu ditunggu penikmat serial dan sinetron di televisi swasta.

Bahkan perannya tersebut terkenang dan tak terlupakan pada masanya. Sepanjang kariernya, ada beberapa film terpopuler yang pernah dibintangi Aminah, sebagai berikut:


1. Serampang 12

Aminah memang bukan memulai karier perannya di film ini. Tetapi film Serampang 12-lah yang sukses membawa namanya mulai dilirik sutradara dan prpduser ternama. Serampang 12 disutradarai oleh Jacob Harahap dengan penulis Edisaputra yang tayang pada 1956. Ceritanya mengambil genre komedi. Serampang 12 menjadi film yang cukup menghibur generasi X dan Y pada masanya.


2. Asmara Dara

Satu tahun setelah bermain di Serampang 12, Aminah kembali dilirik untuk film Asmara Dara. Dalam film itu, Aminah memainkan genre musikal drama bersama bintang peran ternama lainnya seperti Suzzanna, Nun Zairina, hingga Bambang Hermanto. Berdurasi 2 jam 5 menit, Asmara Dara disutradarai oleh Usmar Ismail yang rilis pada 1958. Dalam film ini, Aminah berperan sebagai Tari. Siapa sangka, film tersebut mendapat Piala Citra untuk Penyunting Gambar Terbaik.


3. Senyum dan Tangis

Film Senyum dan Tangis yang rilis pada 1974 bisa terbilang sebagai salah satu film yang mengakrabkan sosok Rano Karno dengan Aminah. Darah kelahiran Mangelang itu membawa kisah drama mellow yang disutradarai oleh Arizal. Mengisahkan tentang Budi yang diperankan oleh Rano Karno, seorang anak cerdas di sekolahnya yang hidup sengsara dengan ibunya karena sang ayah sudah meninggal dunia.


4. Sinyo Adi

Sinyo Adi juga menjadi salah satu film populer pada masanya yang turut dibintangi banyak aktor dan aktris legendaris Indonesia. Selain Aminah Cendrakasih, film yang rilis pada 1977 ini juga dibintangi Laila Sari, Adi Bing Slamet, serta Eddy Sud. Film  dengan genre komedi ini merupakan karya dari Lilik Sudijo yang diproduseri M. Thamin.


5. Ken Arok Ken Dedes

Judul film ini mungkin tak asing di telinga generasi milenial. Film yang rilis pada 1983 itu dibintangi Eva Arnaz, Advent Bangun, Ali Abar, dan Aminah Cendrakasih tentunya. Film ini diangkat dari kisah legenda Indonesia yang populer di pulau Jawa pada abad ke-13. Disutradarai oleh Djun Saptohadi, Aminah menjadi satu di antara sedikitnya pemeran wanita di film ini.


6. Gitar Tua Oma Irama

Aminah Cendrakasih juga turut hadir di film yang mengangkat kisah perjalanan musik Rhoma irama dalam film Gitar Tua Oma Irama. Bersama Yati Octavia, Netty Herawaty, dan deretan bintang lainnya, dia melengkapi kisah kepopuleran musisi dangdut Rhoma Irama semasa berkarier dalam film tersebut yang tayang menjadi tontonan generasi pada masanya pada tahun 1976.


7. Si Doel Anak Sekolahan

Aksi Aminah Cendrakasih beradu peran semakin meroket ketika dia memerankan soso Mak Nyak dalam film Si Doel Anak Sekolahan. Bahkan wanita yang lahir pada 29 Januari 1938 tersebut mendapat panggilan Mak Nyak semasa hidupnya sejak film ikonik itu tayang. Serial film komedi yang dimulai pada 1994 itu telah hadir dalam 7 season hingga 2006. Selain sosok Mak Nyak, ada juga bintang ternama lainnya yang mengisi  rangakian season serial ini. Mereka adalah Rano karno, Corenelia Agatha, Maudy Koesnaedi, Mandra, Benyamin Sueb, dan lainnya.

Baca juga: Profil & Film Populer yang Dibintangi Aminah Cendrakasih Semasa Hidupnya


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Survei: Mayoritas Masyarakat Indonesia Traveling Lebih dari 5 Kali pada Tahun Ini

BERIKUTNYA

Cek Agenda Pameran Untuk Mengisi Liburan Natal & Tahun Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: