Kopi (Sumber gambar: Freepik)

Yuk Coba Cita Rasa Kopi Unik Ala Infused Coffee

22 December 2022   |   09:43 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mengulik soal kopi memang tidak ada habisnya. Hampir setiap tahunnya, minuman yang dikenal dengan cita rasa pahit ini selalu memunculkan tren-tren baru. Hal itu membuat industri kopi bergerak begitu dinamis dan terus berkembang setiap tahunnya.

Rasanya, sulit bagi seseorang bisa merasa bosan dengan minuman ini. Sebab, berbeda jenis biji kopi, rasa yang dihasilkan pun tak akan sama. Dari satu biji kopi yang sama pun, rasanya tidak akan sama jika teknik penyeduhannya berbeda.

Baca jugaCerita Eksploitasi Diungkap Kritis dalam Novel Babad Kopi Parahyangan & Stains On My Khanga

Namun, kini, pencinta kopi sedang menghadapi era baru. Industri ini tidak hanya berfokus pada biji kopi dan teknik penyeduhannya saja. akan tetapi, teknik sangrai kopi juga sangat berpengaruh dengan rasa.
 

Kopi (Sumber gambar: Freepik)

Kopi (Sumber gambar: Freepik)


Baru-baru ini, para pencinta kopi menyambut dengan antusias biji kopi yang diracik dengan cara unik. Biji kopi tersebut menggunakan metode sangrai yang berbeda dari biasanya.

Setelah kopi disangrai, biji kopi diberi tambahan dengan memasukkan atau infusing suatu senyawa tertentu di luar proses fermentasi alami kopi. Teknik baru tersebut kemudian dikenal dengan nama infused coffee.

CEO Otten Coffee Jhoni Kusno mengatakan inovasi baru dalam menyangrai biji kopi ini dinilai dapat memaksimalkan karakter rasa kopi lebih baik. Metode ini membantu membuat karakter dominan dari biji kopi tersebut bisa keluar lebih cepat.

Teknik infused coffee ini diadaptasi dari metode yang sebelumnya sudah populer digunakan di minuman artisan tea. Saat diterapkan ke minuman kopi, teknik tersebut ternyata juga bisa menampilkan kejernihan dan kompleksitas rasa sajian kopi.

“Ini sebuah inovasi seni menyangrai biji kopi yang dapat memaksimalkan karakter rasa yang tersimpan di dalamnya,” ujar Jhoni dalam keterangannya.

Jhoni berharap infused water tidak hanya menjadi tren semata. Namun, metode sangrai baru ini bisa menjadi pemantik gairah industri kopi lagi di Indonesia. Sebab, karakter rasa yang dihadirkan infused coffee tidak kalah hebat dengan karakter seduhan kopi single origin.

Metode ini diharapkan juga akan membawa pencinta kopi merasakan pengalaman unik dan baru dalam menyesap kopi. Misalnya, infused coffee fruit punch, sebuah biji kopi yang telah mendapatkan perlakuan khusus dan menghasilkan rasa markisa, jeruk, kalamansi, dan nanas dalam satu kali hisapan.
 

Manfaat Kopi


Dalam beberapa tahun terakhir, meminum kopi sudah menjadi tren bagi masyarakat Indonesia. Banyak orang yang akhirnya memilih kopi sebagai minuman harian mereka karena memiliki manfaat yang nyata bagi tubuh.

Meminum kopi dan mencium kopi pada pagi hari dapat mengurangi beban dalam pikiran, seperti dikutip dari promkes.kemkes.go.id. Meminum kopi membuat seseorang jadi merasa lebih baik karena minuman pahit ini kaya akan antioksidan.

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi juga dapat memengaruhi kinerja otak jadi lebih positif. Kafein yang terserap akan memblokir adenosine. Hal ini akan membuat otak bisa bekerja lebih maksimal.

Baca juga: Uniknya Kopi Boom, Sensasi Es Kopi yang Meledak di Mulut

Kopi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat dan kewaspadaan diri lebih tinggi. Meskipun demikian, konsumsi kopi tidak boleh berlebihan.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ada Risiko Resesi, Minat Masyarakat untuk Traveling pada Tahun Depan Masih Tinggi

BERIKUTNYA

Eileen Pandjaitan Berdamai dengan Diri Sendiri lewat Single To Let You Go

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: