Ilustrasi ruangan dengan dekorasi jadul. (Dok. Toa Heftiba dari Unsplash)

5 Tips Menciptakan Suasana Jadul di Rumah dengan Dekorasi Barang Antik

23 August 2021   |   17:15 WIB

Barang-barang bernuansa retro, vintage, atau jadul kadang sulit diaplikasikan di dalam desain interior rumah berkonsep modern yang dominan dengan unsur minimalis dan tertata sesuai dengan warna yang pas. Dekorasi jadul biasanya memang memiliki kesan yang lebih mencolok bahkan bisa menjadi pusat perhatian.

Hal itulah yang menjadi alasan pentingnya untuk memerhatikan kesesuaian dekorasi saat penempatan dekorasi lawas nan antik tersebut.

Hypeabis.id merangkum beberapa tips untuk mendekorasi ruangan dengan barang-barang jadul seperti poster film jadul yang dibingkai, jam antik bergaya retro, hingga dekorasi meja bergaya vintage. Yuk simak tipsnya di bawah ini!

1. Kurasikan dekorasi sesuai tema
 

Ilustrasi ruangan. (Dok. Hannah Busing dari Unsplash)

Ilustrasi ruangan. (Dok. Hannah Busing dari Unsplash)

Penentuan tema dalam sebuah ruangan akan memengaruhi keserasian dekorasi, sebab dekorasi jadul cenderung akan memberikan kesan kuno dan tidak rapi jika pemilihannya kurang baik. Mengingat karakter dekorasi jadul yang mencolok, pilih dua hingga tiga warna dan tekstur dominan beserta dengan warna dan tekstur netral.

2. Kombinasikan dekorasi berdesain unik dengan ruangan berdesain kontemporer
 

Ilustrasi ruangan. (Dok. Daniil Silantev dari Unsplash)

Ilustrasi ruangan. (Dok. Daniil Silantev dari Unsplash)

Kombinasi antara bentuk dekorasi jadul yang unik dengan desain ruangan yang kontemporer dan seimbang dengan dekorasinya. Contohnya adalah penggunaan lampu minimalis di atas meja tua dan gorden manik dengan desain pintu yang berbentuk cekung pada bagian atasnya.

3. Pilih lokasi yang tepat untuk menaruh memorabilia
 

Ilustrasi ruangan. (Dok. Ben Garratt dari Unsplash)

Ilustrasi ruangan. (Dok. Ben Garratt dari Unsplash)

Bagi Genhype yang suka mengoleksi memorabilia seperti pajangan album, buku-buku jadul, hingga pajangan dari poster film jadul, maka ini saatnya untuk menyiapkan area khusus di dalam sebuah ruangan.

Peletakkan barang-barang ini bisa dilakukan di daerah yang cukup cahaya dan bagi ke dalam beberapa kelompok dengan pemisah seperti tanaman atau dekorasi meja lainnya. Pastikan juga Genhype menghindari peletakkan barang dalam satu tempat yang sama karena akan memberi kesan berlebihan dan padat.
 
1
2


SEBELUMNYA

Ketahui Cara Memanfaatkan Telegram buat Mengasah Keterampilan

BERIKUTNYA

Ikuti 4 Langkah Perawatan Rutin agar Kulit Lebih Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: