Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia 2022 (Sumber gambar: IG/afaseleccion)

Raih Trofi Piala Dunia & Golden Ball, Messi Sekarang Bisa Tidur Nyenyak

19 December 2022   |   13:49 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lionel Messi akhirnya bisa tidur nyenyak setelah mimpinya untuk membawa trofi Piala Dunia terwujud, semalam. Timnas Argentina berhasil menjadi juara kompetisi sepakbola dunia ini setelah menumbangkan Timnas Prancis dalam laga final yang penuh dramatis di Stadion Lusail, Doha, Qatar. 

Kemenangan Argentina pun sekaligus mengukuhkan status Messi sebagai Greatest of All Time (GOAT), yang sempat diributkan beberapa waktu lalu oleh para pencita sepak bola dunia. Kini tidak bisa dipungkiri bahwa pria berusia 35 tahun itu menjadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah Piala Dunia, menyamai pendahulunya, Maradona. 

Baca juga: Cek Rekor yang Diraih Lionel Messi di Ajang Piala Dunia

Penyerang klub Paris Saint-Germain itu mampu mencetak 7 gol dan 3 assist pada Piala Dunia Qatar 2022. Mengikuti jejak pendahulunya Maradona, Messi juga mencetak rekor tersebut sekaligus membawa Argentina menjuarai Piala Dunia. 

Debut di Piala Dunia pada 2006, Messi berhasil mematahkan rekor Paolo Maldini sebagai pemain dengan menit terbanyak selama Piala Dunia. Messi yang ikut 5 kali turnamen ini, berhasil membukukan 2.315 menit untuk membela Argentina, berbeda 95 menit dari rekor Maldini. Satu yang ketinggalan, Messi berhasil mencatat total 26 gol sepanjang sejarah FIFA.

Sejauh ini, Messi pun tercatat menjadi satu-satunya yang memboyong dua kali piala Golden Ball atau Bola Emas yang menandakan sebagai pemain terbaik di ajang Piala Dunia. Dia mendapatkan trofi itu untuk pertama kali pada Piala Dunia 2014 di Brazil, walaupun timnya harus kalah dalam final melawan Jerman. Trofi Golden Ball kedua, tentu diterimanya pasca pertandingan final Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Kiprah Messi memang tidak perlu diragukan lagi karena selama karirnya, dia banyak mengangkat trofi penghargaan sepak bola. Selain Golden Ball, dia memegang rekor dengan memegang tujuh kali trofi Ballon d’Or, 6 penghargaan Golden Boot, dan mampu membawa Argentina menjuarai Copa America pada 2021, dan menutupnya dengan trofi manis dari Piala Dunia 2022.
 

Messi bersama rekan-rekannya di Timnas Argentina saat merayakan kemenangan Piala Dunia (Sumber gambar: FIFA)

Messi bersama rekan-rekannya di Timnas Argentina saat merayakan kemenangan Piala Dunia (Sumber gambar: FIFA)

Golden Ball menjadi impian para pemain sepakbola di seluruh dunia. Diberikan kepada pemain dengan performa terbaik selama turnamen tersebut, Golden Ball merupakan piala emas berbentuk bola sepak.

Dalam sejarahnya, Komite Teknis FIFA akan menyusun daftar pemain yang layak menerima penghargaan, dan media akan memilih pemenangnya melalui pemungutan suara. Semua pemain, tidak selalu tim yang menjadi juara Piala Dunia, berhak menerima penghargaan Golden Ball. 

Bola Emas ini tidak melulu diberikan kepada striker, bek, atau gelandang saja, kiper pun berhak menerima penghargaan ini. Dalam catatan FIFA, Oliver Khan menjadi satu-satunya kiper yang menerima Golden Ball. Dia mendapatkannya dalam gelaran Piala Dunia 2022 di Korea Selatan dan Jepang. 

Adapun Paolo Rossi tercatat sebagai orang pertama yang menerima penghargaan Golden Ball. Pemain timnas Italia ini pun menjadi satu-satunya pemain yang memboyong trofi Golden Ball, Golden Shoe, dan trofi Piala Dunia secara bersamaan. Timnya menang melawan Jerman dalam pertandingan final Piala Dunia di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, pada 11 Juli 1982.

Berikut ini daftar pemain yang mendapatkan Golden Ball dalam sejarah Piala Dunia.

1. Paolo Rossi, Italia (1982)
2. Diego Maradona, Argentina (1986)
3. Salvatore Schillaco, Italia (1990)
4. Romario, Brazil (1994)
5. Ronald, Brazil (1998)
6. Oliver Khan, Jerman (2002).
7. Zinedine Zidane, Prancis (2006)
8. Diego Forlan, Uruguay (2010)
9. Lionel Messi, Argentina (2014)
10. Luka Modric, Kroasia (2018)
11. Lionel Messi, Argentina (2022)

Baca juga: Rekam Jejak Rekor Messi Lengkapi Status GOAT Usai Juara Piala Dunia 2022

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Fans Beri Semangat ke Henry Cavill Usai Angkat Kaki dari Film Superman

BERIKUTNYA

Rekomendasi Wisata Kuliner di Prancis untuk Rayakan Akhir Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: