Ilustrasi menonton pertandingan FIFA World Cup Qatar 2022. (Sumber gambar : Freepik/Gpointstudio)

Demam Piala Dunia, Simak Tips Tetap Sehat Nonton Pertandingan Sepak Bola

20 November 2022   |   18:19 WIB

Pecinta sepakbola pastinya tidak mau ketinggalan untuk menyaksikan gelaran FIFA World Cup atau Piala Dunia 2022 yang dimulai malam ini, 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022. Namun menjadi tantangan ketika Indonesia memiliki perbedaan waktu dengan Qatar, tempat ajang itu berlangsung. 

Memiliki selisih kurang lebih 4 jam, para penggemar sepak bola di Indonesia harus menyesuaikan waktu istirahat atau tidur untuk menyaksikan gelaran pertandingan sepakbola empat tahunan ini. Mengutip situs resmi FIFA, FIFA World Cup Qatar digelar pada lima waktu kick-off berbeda. 

Pertandingan digelar pada pukul 13.00, 16.00, 18.00, 19.00, dan 22.00 WIB. Dengan demikian, jika disesuaikan dengan waktu Qatar, football lovers di Indonesia, terutama di Jakarta, bisa menyaksikan pertandingan mulai pukul 17.00, 19.00, 22.00, 23.00, dan 02.00 WIB. 

Baca juga: Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar: Jadwal, Musisi & Platform untuk Nonton

Nah, buat kamu football lovers yang tidak mau ketinggalan siaran pertandingan di Piala Dunia Qatar 2022, berikut rekomendasi tips menjaga kesehatan yang bisa kamu terapkan. 


1. Camilan sehat

Nonton pertandingan sepak bola tanpa adanya camilan pasti kurang afdol bukan? Namun bukan berarti kamu bisa makan sesuka hati ya, apalagi itu dimakan saat tengah malam. Salah pilih camilan di tengah malam bisa memicu penyakit seperti obesitas dan hipertensi loh. Jadi, hindari deh camilan atau makanan tinggi karbohidrat seperti pizza, ayam goreng, keripik, dan gorengan. 

“Makanan berlemak meningkatkan kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung Anda,” kata Dr Teo Swee Guan, Spesialis Kardiologi & Konsultan dari Raffles Heart Center.

Sebaiknya pilih camilan sehat untuk tetap menjaga stamina kamu di keesokan hari. Contohnya salad, yogurt, atau kacang panggang. Sebagai alternatif, kamu bisa menyediakan jagung, kacang, singkong, maupun ubi rebus atau kukus. Lebih sehat dan mengenyangkan bukan?


2. Hindari minuman berkarbonasi dan alkohol

Minuman berkarbonasi dan alkohol dapat berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Minuman ini bisa memicu obestias dan berbahaya bagi jantung. Alkohol juga dapat menyebabkan kanker dan tidak ada kadar yang aman untuk diminum.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi minuman seperti air jahe yang lebih menghangatkan tubuh dan berkhasiat untuk kesehatan. Jus juga baik untuk menyegarkan tubuh. Satu lagi minuman yang paling terbaik dan tidak boleh kamu lewatkan saat menonton Piala Dunia 2022 adalah air putih. Minum air putih bisa menghindari kamu dari risiko ginjal akibat terlalu banyak duduk. 


3. Hindari kafein pada malam hari

Sebagian jadwal pertandingan piala dunia digelar pada malam hingga dini hari. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi kafein, terutama selama paruh kedua pertandingan.

Mengonsumsi kafein pada waktu tersebut dapat menganggu waktu tidur kamu. “Kurang tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda,” jelas Dr Ramdani,  Dr Ramani, Spesialis Neurologi & Konsultan dari Raffles Neuroscience Center

Kata Ramdani, semakin kamu begadang, semakin besar kemungkinan terkena infeksi dan jatuh sakit. “Kurang tidur dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jantung dan otak Anda,” tegasnya.


4. Jangan lupa gerak!

Duduk dalam waktu lama bisa memicu risiko obesitas, diabetes, hingga masalah jantung. Jadi, jangan duduk saja selama pertandingan berlangsung. Cobalah untuk sering-sering bangun dari tempat duduk melakukan peregangan. Olahraga seperti yoga, pilates, atau lari kecil seraya nonton jagoan kamu bertanding juga bisa dilakukan loh.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Sejarah Hari Anak Sedunia & 10 Ucapan untuk Memperingatinya

BERIKUTNYA

Jelang Tampil di Hajatan Piala Dunia 2022, Jungkook BTS Datangi Timnas Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: