pemilihan perempuan sebagai wasit dalam ajang Piala Dunia 2022 lebih mengacu pada kualitas alih-alih dari gender . Ilustrasi wasit perempuan (Sumber gambar: Olympics)

Jadi Sejarah Baru, Yuk Intip Profil 6 Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar

20 November 2022   |   20:42 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Piala Dunia Qatar 2022 akan menjadi sejarah baru dalam turnaman sepak bola sejagat. Pasalnya tahun ini Fédération Internationale de Football Association (FIFA) juga mendapuk 6 perempuan untuk menjadi wasit di ajang bergengsi itu. Langkah ini pun diharap akan semakin membuka batas sekat gender.

Secara rinci FIFA telah mengumumkan sebanyak 36 wasit utama dan 69 wasit asisten untuk Piala Dunia 2022. Tapi dari puluhan orang tersebut enam di antaranya adalah perempuan dengan tiga orang didapuk menjadi wasit utama, dan tiga lainnya sebagai asisten wasit.

Kepala Komite Wasit FIFA, Pierluigi Colinna mengatakan, pemilihan ofisial perempuan tersebut sebagai wasit dalam ajang Piala Dunia 2022 lebih mengacu pada kualitas mereka sebagai wasit, alih-alih dari jenis kelamin.

Baca juga: 5 Fakta Unik Piala Dunia 2022, Digelar di Musim Dingin hingga Wasit Perempuan Pertama

"Kami dengan jelas menekankan bahwa yang penting bagi kami adalah kualitas dan bukan gender. Saya berharap ke depan, pemilihan ofisial pertandingan elit putri untuk turnamen putra dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan tidak lagi sensasional," papar Colinna dikutip dari laman FIFA.

Nah, bagi Genhype yang penasaran siapa saja sosok-sosok tersebut yuk simak ulasan Hypeabis.id dari berbagai sumber mengenai profil dan sepak terjang mereka dalam ulasan berikut.


1. Stephanie Frappart, Perancis

 
 

Stephanie Frappart merupakan wasit perempuan asal Prancis yang sudah rekam jejak di kancah sepak bola iternasional dengan segudang prestasi, seperti Piala Super UEFA 2019 hingga Liga Champions Eropa pada 2020.

Perempuan berusia 38 tahun itu juga telah mendapat penghargaan sebagai wasit perempuan terbaik di dunia versi International Federation of Football Histsalory & Statistics  (IFFHS). Tak tangung-tanggung Frappart berhasil memboyong penghargaan itu sebanyak tiga kali dari tahun 2019-2021.
 

2. Salima Mukansanga, Rwanda

 
 


Kiprah Salima Mukansanga dirangkum dari laman Olympics sudah dikenal luas sejak berada di FIFA pada 2012. Wanita yang menyukai bola basket itu lalu memutuskan untuk menjadi wasit pada Liga Champions Perempuan, dan Olimpiade Tokyo 2020.

Nama Mukansanga juga semakin dikenal di pentas dunia setelah dia menjadi wasit di Piala Afrika Putra awal tahun 2022. Sebagai wakil dari Rwanda wanita berumur 34 tahun tersebut juga mengaku senang dapat menjadi salah satu wasit di ajang terbesar sepak bola dunia itu. 


3. Yoshimi Yamashita, Jepang

 

Ilustrasi Yamashita Yoshimi saat menjadi wasit (Sumber gambar: Twitter FIFA World Cup)

Ilustrasi Yamashita Yoshimi saat menjadi wasit (Sumber gambar: Twitter FIFA World Cup)


Perempuan asal Negeri Matahari Terbit ini juga akan menjadi salah satu wasit utama ajang Piala Dunia 2022. Karier Yamashita sebagai wasit sebenarnya sudah dimulai sejak masih kuliah hinga didapuk jadi pemimpin laga Liga Champions AFC pada 2019.

Tak hanya itu, Yamashita juga kembali mendobrak batasan gender saat dia menjadi wasit wanita pertama di Liga Champions Asia. Perempuan kelahiran Tokyo itu berhasil memimpin ajang kompetisi klub andalan antar benua itu pada April 2022 dengan mengeluarkan 3 kartu kuning untuk Melbourne City.


4. Neuza Back, Brasil

Perempuan kelahiran Brasil  11 Agustus 1984 ini akan menjadi asisten wasit pada ajang Piala Dunia 2022. Tidak banyak informasi mengenai wanita dengan nama lengkap Neuza Ines Back itu. Kendati begitu namanya sudah dikenal cukup luas di ajang sepak bola internasional.

Karier Neuza bermula saat dia diajak oleh kakak iparnya. Andrea Luiz untuk menjadi asisten wasit di laga sepak bola amatir pada 2005. Debut Back di ajang sepak bola internasional dimulai saat dia mengawal laga Copa Sudamericana antara Penarol Vs Sarsfield.


5. Karen Diaz Medina, Meksiko

Dirangkum dari Concacaf, perempuan berusia 38 tahun ini memulai kariernya sebagai asisten wasit saat ditunjuk sebagai asisten pengganti dalam turnamen di Little Spoet Center. Dari sinialh dia mulai mencintai profesi yang uang dari kegiatan tersebut digunakan untuk membayar kuliah.

Karier Karen menanjak sstelah dia disertifikasi sebagai Asisten Wasit FIFA pada tahun 2018 dan bertugas di beberapa turnamen. Termasuk Kejuaraan Wanita U-17 di Managua, Nikaragua, Liga Concacaf Scotiabank, dan Kejuaraan U-20 Pria di Bradenton Florida.
 

6. Kathryn Nesbitt, Amerika Serikat

Memiliki latar belakang sebagai ahli kimia, perempuan asal negeri Paman Sam ini juga kan menjadi asisten wasit di ajang Piala Dunia 2022. Sebelumnya dia pun sempat menjadi asisten wasit pada laga MLS Cup antara Columbus Crew vs Seattle Sounders.

Nama Nesbitt sendiri telah terdaftar menjadi asisten wasit internasional FIFA pada 2016. Tak hanya itu, perempuan asal Rochester, New York ini juga sempat bertindak sebagai petugas video Assistant Referee (VAR) dari 2022 di berbagai ajang sepak bola internasional.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Akting Park Ji-hoon Bikin Merinding di Drama Weak Hero Class 1

BERIKUTNYA

Intip 5 Karakter Utama Drakor Weak Hero Class 1

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: