Kylian Mbappe menjadi calon kuat penerima sepatu emas dalam Piala Dunia Qatar 2022. (Sumber gambar : FIFA)

Mbappe, Calon Kuat Penerima Sepatu Emas di Piala Dunia Qatar 2022

05 December 2022   |   23:49 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kylian Mbappe menjadi calon kuat penerima sepatu emas dalam Piala Dunia Qatar 2022. Sejauh pertandingan sepak bola internasional ini, Mbappe mencetak 4 gol bersaing dengan Cody Gakpo (Belanda), Marcus Rashford (Inggris), dan Alvaro Morata (Spanyol). 

Mbappe memang cukup gahar dalam beberapa pertandingan di Piala Dunia 2022 ini. Striker muda timnas Prancis ini mancetak 2 gol dalam laga melawan Polandia kemarin. Dengan tendangan pada menit-menit akhir, dia mampu membawa Prancis ke babak 8 besar. 

Baca juga: Cek Profil Lautaro Martinez Pemain Argentina yang Belum Mencetak Gol di Piala Dunia Qatar

Selain mencetak dua gol, Mbappe memberikan umpan kepada Olivier Giroud untuk membuka skor dan mengklaim gol yang membuatnya mengungguli Thierry Henry sebagai pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang masa.

Mbappe yang membantu Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia ini pun naik ke posisi terdepan dalam perebutan Sepatu Emas turnamen. Dua golnya di Al Thumama membuatnya menambah skor dalam laga dunia dan menjadi pemain muda yang memiliki gol terbanyak setelah sang legendaris, Pele.

Total 9 gol yang dihasilkan dari kaki Mbappe selama gelaran Piala Dunia hingga usianya yang akan mencapai 24 tahun pada 20 Desember 2022. 

Mbappe mengatakan saat ini dirinya hanya ingin fokus untuk memenangkan Piala Dunia sekali lagi. Fokus katanya dimulai dari babak perempat final. “Ini adalah kompetisi impian saya, dan saya senang berada di sini. Saya telah mempersiapkan semua musim untuk siap,” ujarnya pasca pertandingan melawan Polandia pada Minggu. 

Pelatih Polandia Michniewicz mengatakan performa bintang Paris Saint-Germain ini tidak dapat dihentikanselama laga berlangsung. Michniewicz pun menyebut Mbappe ditakdirkan untuk menjadi superstar sepakbola besar berikutnya.

“Messi, Ronaldo dan [Robert] Lewandowski. Seseorang akan mengambil alih, dan saya pikir dia [Mbappe] akan menjadi yang terbaik selama bertahun-tahun. Dia menyakiti kami. Saat Anda bermain melawan Prancis, Anda harus memiliki dua pemain [yang mengwasi] Mbappe setiap saat," tuturnya.

Sementara itu, pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps Mbappe sejatinya tidak dalam performa terbaiknya selama 90 menit. “Dia menyadarinya sendiri, tapi dia bisa mengubah permainan di saat Prancis membutuhkan Kylian Mbappe yang hebat malam ini dan kami mendapatkannya," sebutnya.

Deschamps malah ingin memuji Giroud, setelah berhasil mengungguli Henry dengan golnya. Empat tahun lalu striker ini tidak mampu mencetak gol, namun kini performanya mejadi lebih baik.

"Di masa lalu, dia mengalami masa-masa sulit dalam kariernya, tetapi dia tetap kuat secara mental. Mencetak begitu banyak gol di level internasional adalah sebuah pencapaian, meskipun pria di sebelah saya [Mbappe] mungkin akan mematahkannya suatu hari nanti," tutur Deschamps.

Baca jugaPemain Sepak Bola Korea Selatan Cho Gue-Sung Jadi Idola Baru

Selain Mbappe yang berpotensi meraih sepatu emas, ada sejumlah pemain yang mampu mencetak gol terbanyak dengan 2 gol di antaranya Bukayo Saka (Inggris), Olivier Giroud (Prancis), Ferran Torres (Spanyol), Richarlison (Brasil), Lionel Messi (Argentina), Andrej Kramaric (Kroasia), Cho Gue Sung (Korea Selatan).

Kemudian, Bruno Fernandes (Portugal), Salem Al Dawsari (Arab Saudi), Kai Havertz (Jerman), Ritsu Doan (Jepang), dan Breel Embolo (Swiss).

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Western Australia Tawarkan Wisata Unik untuk Para Traveler Indonesia

BERIKUTNYA

Brasil Perpanjang Rekor Kemenangan atas Korea Selatan di Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: