Lionel Messi saat merayakan kemenangan Argentina Meraih Piala Dunia 2022. (Sumber gambar: Laman FIFA)

Cek Rekor yang Diraih Lionel Messi di Ajang Piala Dunia

19 December 2022   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ajang Piala Dunia 2022 yang berangsung di Qatar telah usia. Argentina keluar menjadi pemenang setelah mengalahkan Prancis melalui drama adu babak penalti setelah bermain imbang 3 – 3 selama 120 menit. Kemenangan ini menjadi cerita manis bagi Lionel Messi.

Hal ini lantaran pada akhirnya sang pemain mampu mempersembahkan piala tertinggi di ajang sepak bola. Ajang Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar menjadi ajang Piala Dunia terakhir bagi sang pemain.

Pria kelahiran 24 Juni 1987 silam itu telah membuat banyak pencapaian di ajang yang terselenggara setiap empat tahun sejak keikutsertaannya. Berikut sejumlah fakta rekor dari Lionel Messi yang dikutip dari laman FIFA.

Baca jugaRekam Jejak Rekor Messi Lengkapi Status GOAT Usai Juara Piala Dunia 2022
 

1. Lima Piala Dunia

Tidak banyak pemain yang mampu bermain berkali-kali di ajang Piala Dunia. Sampai dengan saat ini, tercatat baru ada enam orang yang mampu bermain di lima edisi Piala Dunia. Salah satu dari enam pemain itu adalah Lionel Messi.

Sang pemain memulai Piala Dunia pertama kali pada 2006. Setelah, itu sang pemain tidak pernah absen membela tim nasional Argentina dalam setiap pertandingan Piala Dunia.


2. Penampilan Terbanyak

Bermain di lima edisi Piala Dunia membuat sang pemain memiliki jumlah penampilan terbanyak. Tercatat, sang pemain memiliki penampilan sebanyak 26 kali dari awal ikut dalam ajang Piala Dunia sampai dengan penampilan di final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Jumlah penampilan Messi mengalahkan jumlah penampilan pemain asal Jerman, yakni Lothar Matthaus, yang mencatatkan 25 pertandingan atau penampilan di ajang Piala Dunia.


3. Menjadi Kapten Terbanyak

Selain menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di ajang Piala Dunia, Lionel Messi juga tercatat menjadi pemain dengan mendapatkan paling banyak kepercayaan sebagai kapten di ajang empat tahunanan ini.

Sang pemain menjadi kapten sebanyak 19 penampilan di ajang Piala Dunia. Sementara pemain terbanyak kedua dimiliki oleh Rafa Marquez, yakni 17 penampilan dan Diego Maradona sebanyak 16 penampilan.


4. Menit Bermain Terbanyak

Lionel Messi juga tercatat menjadi pemain dengan jumlah menit terbanyak dalam sejarah Piala Dunia. Sang pemain telah bermain sebanyak 2.314 menit. Dia memecahkan rekor yang dimiliki oleh Paolo Maldini dengan jumlah 2.217 menit.


5. Pencetak Gol Terbanyak Dari Argentina

Lionel Messi menjadi pemain di Argentina yang mencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia. Sang pemain berhasil mencetak sebanyak 13 gol sejak 2006 sampai dengan 2022.

Messi mengalahkan pemain Argentina lainnya seperti Gabriel Batistuta dengan 10 gol, Diego Maradona dengan 8 gol, Mario Kempes sebanyak 6 gol, dan Gonzalo Higuain mencapai 5 gol.


6. Tiga Rentang Usia

Lionel Messi menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol di ajang Piala Dunia pada usia remaja, 20-an, dan 30-an. Sang pemain pertama kali mencetak gol di ajang Piala Dunia pada usia 18 tahun dan 358 hari pada 2006. Messi mencetak gol pertama dan terbarunya di ajang empat tahunan ini dengan jarak 16 tahun dan 184 hari.


7. Mencetak Gol di Semua Fase

Lionel Messi menjadi pemain pertama dan satu-satunya sejauh ini yang mampu mencetak gol di fase babak kualifikasi grup, babak 16 besar, babak delapan besar, babak semifinal dan babak final di ajang Piala Dunia dalam satu edisi.

Baca jugaJumlah Gol Messi dan Mbappe Sama, Cek Aturan Lengkap Peraih Sepatu Emas

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Industri Perfilman Makin Menjanjikan Pasca Pandemi

BERIKUTNYA

Inilah Kylian Mbappe, Peraih Trofi Sepatu Emas Termuda Sepanjang Sejarah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: