Hasil foto memakai lensa RF 135mm f/1.8L IS USM (sumber gambar : Canon)

Canon Rilis Lensa Telefoto Medium & Speedlite Ciamik, Cek Spesifikasinya Yuk!

16 December 2022   |   08:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Vendor kamera Canon memboyong jajaran aksesori terbaru ke pasar Indonesia , yakni lensa telefoto medium RF 135mm f.18L IS USM dan Canon Speedlite EL-5. Kedua produk tersebut dihadirkan untuk mendukung aktivitas memotret baik kalangan pemula maupun profesional yang ingin mengabadikan momen dengan kualitas gambar papan atas. 

Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip, Syailendra Kamdani, mengatakan memotret menggunakan lensa RF 135mm f/1.8L IS USM mampu menghasilkan gambar yang spesial. Pasalnya, lensa ini dibekali dengan teknologi terbaru dan optik kualitas tinggi khas lensa premium seri L Canon. 

Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan kepuasan maksimal dari ketajaman dan efek bokeh dari lensa bukaan besar ini. “Canon juga menghadirkan Speedlite EL-5 yang yang memiliki perfoma tinggi untuk mendukung pencahayaan di berbagai macam kebutuhan pemotretan,” katanya. 

Adapun lensa RF 135mm f/1.8L IS USM dijual dengan harga Rp45,3 juta (belum termasuk ppn) dan Canon Speedlite EL-5 dengan harga Rp 8,99 juta (sudah termasuk ppn).

Baca jugaCek Fitur & Harga EOS R6 Mark II, Kamera Baru dari Canon Untuk Fotografer Aksi Cepat
 

Lensa dan speedlite terbaru Canon (Sumber gambar : Canon)

Lensa dan speedlite terbaru Canon (Sumber gambar : Canon)


Buat kamu yang penasaran, berikut ini deretan fitur yang ditawarkan Lensa RF 135mm f/1.8L IS USM dan Canon Speedlite EL-5.


1. Hadirkan Ketajaman & Bokeh Premium

Untuk kebutuhan pengambilan gambar portrait, lensa telefoto medium (85mm hingga 135mm) memberikan perspektif dan dimensi yang jauh lebih dekat dengan persepsi manusia, dibanding lensa 50mm. Dengan focal length yang lebih panjang dari lensa 85mm, lensa 135mm dapat menghasilkan depth of field yang lebih indah serta dimensi yang sama dengan apa yang dilihat mata.

Dibandingkan dengan lensa EF Canon dengan focal length serupa, lensa ini juga memiliki Auto Focus (AF) yang digerakkan oleh teknologi Nano USM yang cepat dan senyap serta teknologi Image Stabilizer (IS) untuk hasil gambar yang lebih stabil. 

Lensa juga terdiri dari 17 elemen lensa dan terdiri dalam 12 grup. Termasuk, tiga elemen lensa Ultra-Low Dispersion (UD) yang berfungsi untuk meminimalisir blur dan pantulan cahaya. Sebagai lensa seri L, RF 135mm f/1.8L IS USM menghadirkan optik kelas profesional. 


2. Gambar Berkualitas di Berbagai Kondisi Pencahayaan  

Demi mencapai kualitas gambar yang berkualitas, Canon menggunakan teknologi ASC (Air Sphere Coating) pada lensa ini. Teknologi tersebut secara signifikan mampu mengurangi flare dan ghosting, sangat efektif pada saat kondisi pengambilan gambar yang berhadapan dengan cahaya.

Saat dipasangkan dengan kamera pada sistem EOS R yang tidak memiliki IS dalam bodi, stabilitas gambar mampu hingga 5 stop sesuai standar Camera and Imaging Products Association (CIPA). Sedangkan jika dipasangkan dengan kamera pada sistem EOS R yang memiliki IS (EOS R3, R5, R6, R6 Mark II dan R7) dapat mencapai hingga 8 stop. Sangat berguna saat melakukan pemotretan hand held di kondisi minim cahaya, tanpa tripod.

Dengan bukaan aperture f/1.8, pengguna dapat memotret dengan detail yang tajam dari subjek yang dibidik, seperti membekukan gerakan subjek bahkan dalam kondisi minim cahaya atau di ruangan gelap. Lensa ini cocok tidak hanya untuk portrait tetapi olahraga dalam ruangan dan pengaturan lain yang dibutuhkan pengguna saat menggunakan shutter speed yang tinggi.


3. Respon Cepat

Untuk fungsi kontrol yang lebih cepat, terdapat dua tombol fungsi baru pada bodi lensa yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna, seperti pengaturan AF ataupun eksposur. Ini memungkinkan respon yang lebih cepat terhadap berbagai perubahan kondisi saat memotret atau merekam video.

Jika lensa ini dipasangkan dengan EOS R6 Mark II, pengguna juga bisa menikmati dukungan dari fitur focus breathing correction yang berfungsi saat terjadinya perubahan sudut pandang subjek yang bergerak. Dengan demikian, memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan nyaman bahkan jika terjadi perubahan fokus pada latar dari depan ke belakang atau sebaliknya dan menjadikan lensa ini sebagai pilihan ideal untuk kebutuhan produksi video.


4. Ketahanan Prima

Dari segi daya tahan, lensa ini dirancang tahan terhadap guncangan dan getaran. Lapisan fluorine pada elemen lensa paling depan juga membuat lensa ini tahan debu dan tetesan air, sehingga memastikan performa lensa terbaik bahkan dalam kondisi pengambilan gambar di cuaca ekstrem dan lebih mudah dibersihkan jika terkena debu atau kotoran.


5. Performa Canon Speedlite EL-5 

Untuk mendukung kinerja pencahayaan saat memotret, Canon juga menghadirkan Speedlite EL-5. Dengan memanfaatkan dudukan multifungsi 15-pin baru di beberapa kamera mirrorless full frame seri EOS R terbaru, Speedlite EL-5 memiliki koneksi dengan kamera yang lebih cepat dan stabil. Ini termasuk, fitur High Speed Sync yang mampu membantu sinkronisasi dengan kamera saat menggunakan shutter speed tinggi.

Speedlite EL-5 adalah speedlite pertama Canon yang memanfaatkan desain Multi-Function Shoe baru, yang memiliki terminal digital dengan kemampuan komunikasi berkecepatan tinggi. Speedlite EL-5 memiliki bodi yang ringkas dan ringan, tapi punya kemampuan lebih ketimbang model Speedlite EX seperti 600EX II-RT. 

Jika digunakan bersama EOS R6 Mark II, pengguna juga bisa mengatur speedlite dengan control ring yang ada pada lensa RF. Tersedia juga fitur AF assist beam yang secara otomatis membantu untuk menyesuaikan intensitas cahaya agar tetap halus untuk meminimalisir silau pada subjek yang dipotret.
 
Speedlite EL-5 menggunakan tipe baterai lithium-ion LP-EL yang dapat diisi ulang dengan cepat. Pada output penuh, speedlite ini dapat bertahan hingga 350 kilatan dengan sekali pengisian daya. Terdapat panel layar menunjukkan tingkat daya baterai yang tersisa sehingga tahu kapan waktunya untuk mengisi daya. Speedlite ini juga memiliki kemampuan waktu recharge light yang cepat dan efektif, yaitu sekitar 1,2 detik pada output penuh, dan 0,1 detik pada 1/1024 microflash.

Selain mode lampu kilat otomatis E-TTL II/ E-TTL dan lampu kilat manual, Speedlite EL-5 dilengkapi dengan mode lain untuk memenuhi maksud dan situasi yang berbeda. Ini termasuk mode sinkronisasi multi-flash dan kecepatan tinggi, dan bahkan mode kustom untuk menyimpan dan mengingat pengaturan preset.

Baca jugaCek Rekomendasi 5 Kamera Analog Murah untuk Pemula

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Fitur & Harga EOS R6 Mark II, Kamera Baru dari Canon Untuk Fotografer Aksi Cepat

BERIKUTNYA

Angkat Cerita Perempuan, Museum Nasional Gelar Pameran The Truth Inside You

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: