Sony Cinema Line FX30 (Sumber gambar: Sony)

Kenalan dengan Sony Cinema Line FX30, Kamera Sinematografi yang Simpel untuk Pemula

21 October 2022   |   17:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Bagi film maker dan cinematographer pemula, memilih jenis kamera yang ringkas dengan fitur terbaik tentu menjadi kunci penting untuk penggunaan kamera yang nyaman digunakan. Tak sedikit kalangan film maker yang memilih jenis kamera yang ringan dengan keunggulan fitur-fitur pendukung perekaman video yang sederhana.

Memperkenalkan Sony Cinema Line FX30, Fae Adelia selaku Product Marketing Digital Imaging PT Sony Indonesia menyampaikan alasan di balik pemilihan Camera Line FX30 yang digadang cocok untuk dimiliki film maker pemula.

“Kamera cinema line ini dikhususkan untuk mereka yang membutuhkan performa gambar cinematic dengan operasi khusus dalam mode perekaman video. Selain itu, Camera Line FX30 juga hadir dengan sensor CMOS Exmor APS-C dan harga yang terjangkau untuk level film maker pemula,” ungkap Fae pada Launching Sony Cinema Line FX30 di kawasan Hallf Patiunus, Jakarta pada 21 Oktober 2022.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera yang Cocok untuk Vlogging
 

Launching Sony Cinema Line FX30 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Launching Sony Cinema Line FX30 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Hadir dengan desain yang lebih compact, Cinema Line dibuat dengan kamera yang berbasis standar pembuatan film dengan performa tinggi untuk cinematic. Hadir dengan S-Cinetone & S-Log3, kamera ini tampak ringkas dengan granding tingkat tinggi untuk creator dengan kebutuhan video.

Uniknya, Sony menjamin fitur S-Cinetone ini mampu menghasilkan warna dan rona serta aspek visual terbaik tanpa membutuhkan grading warna setelah video diambil. Tentu jaminan ini cukup mempermudah film maker pemula karena tidak perlu repot melakukan grading warna lagi saat pasca produksi.

Sony juga memberikan fitur Dual Base ISO dan Cine El yang didesain untuk memberi alur cinematic yang smooth. Dilengkapi dengan oversampling 6K dan fitur AF yang canggih, kamera ini menjamin stabilisasi yang baik untuk pengambilan video.

Sony Cinema Line FX30 juga dibuat dengan mesin pemrosesan BIONZ XR dengan kemampuan merekam video 10 bit 4:2:2 yang membuat gradasi tampak natural dengan warna yang realistis.

Fitur mode pencahayaan yang fleksibel juga tampaknya sangat dibutuhkan kalangan videografer pemula. FX30 hadir dengan mode pencahayaan yang fleksibel melalui Cine El 2 yang membuat latitude lebih lebar, serta Cine El Quick 2 untuk menyederhanakan setelan pengalihan ISO dasar kamera yang otomatis dan lebih mudah.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsi dan Kelebihannya
 

Sony Camera Line FX30 (Sumber gambar: Sony)

Sony Camera Line FX30 (Sumber gambar: Sony)


Hadir dengan fitur yang diklaim memudahkan pengguna pemula, Sony mengungkap pembuatan kamera cinema line ini ditujukan untuk orang yang ingin lebih professional dalam videografi, tetapi tetap ringan dan memiliki fitur sederhana untuk pemula. Jenis kamera beginner seperti Cinema Line FX30 bukanlah yang pertama bagi Sony.

Beberapa kamera untuk pemula lain yang sempat ditawarkan Sony pada kelasnya adalah ZV-1 dan Alpha 7 Series. Perbedaannya untuk ZV series kita khususkan ke content creator untuk daily atau casual video vlogging, sementara Alpha 7 Series lebih ke content creator yang bergerak di bidang hybrid.

"
 Artinya membutuhkan sisi fitur fotografi dan videografi. Sedangkan kalau Cinema Line FX30 ini memang dikhususkan untuk videografer atau content creator professional yang membutuhkan hasil gambar cinematic,” kata Fae.

Bagi Genhype yang tertarik membeli Sony Camera Line FX30 ini, Sony telah membuka Pre-order mulai 21 Oktober sampai 6 November 2022 mendatang.

Sony membuka varian Cinema Line FX30 dengan harga Rp34 juta lengkap dengan XLR Handle dan CFexpress Type A dengan kapasistas 80GB. Sementara untuk body Camera Line FX30 saja dibanderol dengan harga Rp28 juta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ternyata Ini Faktor Penentu Program Kehamilan Tak Berjalan Baik

BERIKUTNYA

PassGO-Digital Airport Hotel Kini Hadir di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: