Ilustrasi belanja daring (Sumber gambar: Nataliya Vaitkevich/Pexels)

Cek Daftar Barang Belanjaan Paling Laris di Harbolnas 12.12 Shopee

14 December 2022   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Belanja Nasional atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Harbolnas, khususnya periode 12 Desember (12.12) selalu menjadi momen yang dinantikan para pencinta belanja alias shopaholic. Pasalnya, pada momen itu, tak sedikit toko maupun e-commerce yang menebar diskon besar-besaran guna menarik minat konsumen. 

Besarnya minat masyarakat untuk berbelanja di momen Harbolnas rupanya turut mendongkrak hasil penjualan bisnis UMKM. Perusahaan e-commerce Shopee mencatat terjadi peningkatan pesanan produk UMKM hingga 4 kali lipat selama periode Harbolnas yang berlangsung sejak 14 November hingga 12 Desember 2022. 

Baca jugaCara Anti Ribet Belanja Hadiah pada Akhir Tahun

Dari periode penjualan tersebut, Shopee juga melaporkan bahwa produk lokal kategori kecantikan menjadi yang paling diminati oleh konsumen. Beberapa produk seperti lipstick, eyeliner, dan parfum menjadi yang paling banyak dicari oleh konsumen pada puncak momen Harbolnas.

Selain itu, permintaan akan kategori pakaian wanita masih terus meningkat hingga momen puncak Harbolnas. Gaya kasual pun diprediksi akan menjadi tren untuk berbusana nyaman menjelang acara perayaan akhir tahun, dimana celana kulit dan kemeja linen berhasil menjadi produk UMKM pilihan para pengguna. 

Momen akhir tahun juga membuat banyak orang mulai memberikan hamper untuk keluarga dan orang-orang terdekat. Shopee melaporkan produk-produk kategori makanan & minuman seperti makanan instan dengan kemasan kekinian banyak dibeli pengguna untuk menjadi pilihan parsel akhir tahun bagi orang terkasih.

Tak hanya untuk membeli produk retail, momen Harbolnas juga dimanfaatkan oleh konsumen untuk membeli makanan dan minuman melalui jasa pesan antar online. Shopee menyebutkan mie ayam, ayam geprek, dan nasi goreng termasuk beberapa kuliner lokal yang paling banyak dipesan oleh para pengguna dari merchant UMKM selama kampanye berlangsung.

Menariknya, tak hanya masyarakat di kota-kota besar yang memanfaatkan momen Harbolnas, tetapi juga beberapa daerah di Indonesia. Sepanjang kampanye berlangsung, Sidoarjo, Gresik, dan Jombang termasuk sebagai daerah yang paling banyak memanfaatkan voucer diskon yang ditawarkan oleh e-commerce

Baca jugaBegini Tren Belanja Masyarakat Jelang Akhir Tahun
 

Penjualan Lebih Interaktif

Untuk kian menarik minat konsumen, sejumlah pelaku usaha di e-commerce juga menggunakan fitur Live Streaming agar proses penjualan lebih interaktif. Fitur ini menawarkan solusi untuk memperkuat strategi melalui interaksi lebih personal antara penjual dan pembeli.

Shopee pun mencatat selama kampanye Harbolnas berlangsung, pengguna menghabiskan waktu hingga 15 juta jam untuk menonton Shopee Live yang menunjukkan bahwa fitur ini telah menjadi cara baru untuk berbelanja online secara lebih interaktif dan terpercaya. 

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan, sejumlah promo, fitur, program, hingga kolaborasi yang tersedia pada kampanye kali ini tidak hanya menjadi nilai tambah untuk pengalaman belanja online, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha menciptakan bisnis berkelanjutan dengan cara yang lebih kreatif.

"Menutup tahun ini dengan catatan performa yang baik, khususnya partisipasi UMKM yang kian meningkat, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi kami kedepannya untuk memberikan lebih banyak manfaat dan kebahagiaan bagi seluruh ekosistem Shopee," katanya.

Dia pun menambahkan pihaknya senantiasa berupaya untuk memberikan manfaat dan dampak positif yang dapat menjangkau seluruh lini bisnis guna menjadi batu loncatan untuk terus berkembang dan menyambut tahun yang baru secara optimis.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan pengguna dan penjual, serta berharap dapat terus melayani masyarakat Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka melalui ekosistem digital yang inklusif,” imbuh Monica.

Baca jugaBanyak Diskon Akhir Tahun, Cek Karakter Belanja Sesuai Zodiak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Biar Enggak Tersesat, Cek Daftar Terbaru Maskapai di Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta

BERIKUTNYA

Intip First Look Serial Shadow and Bone Season 2 yang Bakal Rilis Maret 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: