Penerbangan internasional Lion Air ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 (Sumber gambar: PT AP II)

Biar Enggak Tersesat, Cek Daftar Terbaru Maskapai di Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta

14 December 2022   |   11:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
PT Angkasa Pura II melakukan penyeimbangan kapasitas terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan memindahkan seluruh penerbangan internasional Lion Air Group, yakni maskapai Lion Air, Batik Air, Batik Air Malaysia dan Thai Lion Air. Maskapai penerbangan internasional Lion Air Group akan berpindah ke Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta dari Terminal 3 mulai 16 Desember 2022.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin, mengatakan bahwa perpindahan operasional penerbangan maskapai Lion Air Grup ke Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta merupakan bagian dari program penyeimbang kapasitas terminal di bandara.

"Bandara Soekarno-Hatta memasuki periode pemulihan di tengah pandemi ini di mana tingkat pemulihan (recovery rate) sudah mencapai 80-90 persen, dalam artian lalu lintas penerbangan saat ini sudah berkisar 80-90 persen dari kondisi 2019 saat belum ada pandemi," katanya.

Dia menuturkan program penyeimbang kapasitas dengan mendistribusikan penerbangan secara merata di terminal 1, 2, dan 3 dilakukan agar standar pelayanan dan operasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat tetap terjaga.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, menuturkan persiapan sudah dilakukan oleh seluruh stakeholder guna memastikan Terminal 2F siap mengakomodir seluruh penerbangan internasional Lion Air Group.

“Koordinasi erat telah dilakukan antara AP II selaku operator bandara, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, Balai Karantina, Lion Air Group, AirNav Indonesia selaku penyedia jasa navigasi penerbangan, lalu ground handling serta stakeholder lainnya untuk memastikan perpindahan seluruh operasional penerbangan internasional Lion Air ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022,” katanya.

Dia menghimbau pelancong untuk memperhatikan informasi dari perusahaan sebagai operator bandara dan juga maskapai mengenai perpindahan operasional penerbangan internasional ini. Perusahaan sedang melakukan revitalisasi Terminal 2F secara berkala untuk meningkatkan kenyamanan bagi para pelancong.

Menurutnya, Terminal 2F siap mengakomodir penerbangan internasional Lion Air Group. Jumlah total penerbangan internasional Lion Air Group di Terminal 2F diperkirakan sekitar 32 penerbangan setiap hari dengan 6.169 pelancong.

Perusahaan juga memastikan ketersediaan transportasi publik di Terminal 2F, dari bus, taksi, sampai dengan kereta layang untuk menuju Stasiun Kereta Bandara.

Selain itu, perpindahan ini juga merupakan langkah perusahaan menyeimbangkan lalu lintas penerbangan di setiap terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dengan kepindahan ini, maka pergerakan pesawat di Terminal 3 akan turun 19 persen dan penumpang pesawat turun 9,8 persen.

Adapun per 16 Desember 2022, berikut daftar lengkap maskapai di setiap terminal di Bandara Soekarno-Hatta:


Daftar maskapai per 16 Desember 2022


Terminal 1
Rute domestik:

- Indonesia AirAsia
- Super Air Jet
- Sriwijaya Air
- NAM Air
- Airfast


Terminal 2
Rute domestik:

- Batik Air

- Lion Air


Rute internasional di 2F:

- Lion Air
- Batik Air
- Thai Lion Air
- Batik Air Malaysia


Terminal 3
Rute domestik:

- Garuda
- Citilink
- Pelita Air
- Transnusa


Rute internasional:

- Indonesia AirAsia
- Garuda
- Citilink
- Seluruh maskapai asing

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Bangga, 3 Siswa SMP dari Indonesia Raih Total 48 Medali di World Scholar’s Cup 2022

BERIKUTNYA

Cek Daftar Barang Belanjaan Paling Laris di Harbolnas 12.12 Shopee

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: