Ilustrasi belanja online. (Sumber gambar: Pexels/Andrea Piacquadio)

Cara Anti Ribet Belanja Hadiah pada Akhir Tahun

10 December 2022   |   15:57 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Saat ini kita sudah memasuki musim di mana semangat menyebarkan keceriaan liburan kepada teman dan orang yang kita cintai makin menggebu. Bicara tentang belanja hadiah, tentu saja, kita ingin memanjakan semua orangdengan hadiah sempurna yang akan mereka gunakan dan sukai.

Tetapi mengetahui dengan tepat apa yang harus dibeli keluarga, sahabat, dan rekan kerja bukan hal yang gampang kecuali jika kalian seorang pembaca pikiran, dan pada akhirnya kita justru menghabiskan banyak sekali waktu hanya memikirkan apa yang harus dibeli.

Baca juga: Banyak Diskon Akhir Tahun, Cek Karakter Belanja Sesuai Zodiak

Namun, jangan khawatir. Saran berikut dapat membantu Genhype menyelesaikan proses belanja hadiah dengan tepat sambil menggunakan waktu secara efektif.


1. Hadiah Sederhana Tapi Berguna

Meskipun mungkin tampak seperti banyak tekanan untuk memberikan seseorang atau diri sendiri sebuah hadiah, belanja di musim liburan tidak harus rumit. Faktanya, memilih untuk memberikan hadiah yang paling nyaman, seperti voucer belanja, dapat menunjukkan betapa istimewa dan berartinya seseorang bagi kita—dan memberikan pilihan kepada orang tersayang untuk memilih barang yang mereka sukai. Voucer atau gift card seringkali lebih dihargai daripada hadiah yang dipilih asal-asalan karena kita dapat menyenangkan seseorang dengan sesuatu yang benar-benar dapat mereka gunakan.


2. Hadiah yang Memecahkan Masalah

Salah satu kesalahan terbesar yang kita buat saat membelikan hadiah untuk orang lain (dan untuk diri kita sendiri) adalah berpikir bahwa memberi lebih banyak barang membuat orang lebih bahagia. Cara ini ternyata tidak selalu tepat.

Kebahagiaan tidak hanya datang dengan menambahkan hal-hal positif tapi juga dengan menghilangkan hal-hal negatif. Jadi dalam hal cara memilih hadiah, temukan masalah dalam kehidupan penerima hadiah dan selesaikan dengan kemurahan hati kalian.

Misalnya, jika orang yang kita cintai memiliki masalah dengan limbah lingkungan, belikan mereka lap piring alami sebagai pengganti tisu, alas kue silpat untuk digunakan sebagai pengganti kertas perkamen, beeswax wrap untuk menggantikan bungkus saran, atau penyaring air untuk digunakan sebagai pengganti botol sekali pakai.


3. Malu Bertanya Sesat di Jalan

Sebagai pemberi hadiah, kita tentu ingin menunjukkan seberapa baik kita mengenal seseorang. Tapi tahukah kalian siapa yang mengenal penerima lebih baik dari kita? Sang penerima hadiah itu sendiri.

Jadi, ketika mereka memberi tahu apa yang mereka inginkan, jangan mencoba mengakali mereka dengan memberi barang lain yang menurut kita lebih cocok. Ini mungkin terasa tidak masuk akal bagi pemberi hadiah, tetapi tidak demikian bagi penerima. Menurut penelitian, penerima hadiah mengatakan bahwa hadiah yang paling berkesan adalah yang apa yang mereka minta secara langsung karena sering kali itu adalah hal yang sangat mereka butuhkan.


4. Belanja Online

Belanja online memungkinkan kita untuk memeriksa harga kapan saja dan dari mana saja. Karena itu, perhatikan tanggal-tanggal khusus seperti musim liburan akhir tahun seperti sekarang. Selama tanggal-tanggal ini, beberapa item mungkin dijual dengan harga miring. 

Lakukan belanja hadiah jauh-jauh hari untuk memastikan pengiriman tidak terlambat. Apalagi di musim libur akhir tahun, permintaan pengiriman akan menjadi lebih tinggi. Periksa juga opsi pengiriman apa saja yang pas untuk kalian.

Selain itu, periksa juga kebijakan pengembalian tiap situs dan toko. Jika hadiah tidak sesuai dengan yang kita inginkan, dapatkah kalian mendapatkan penggantinya dengan cepat? Selalu pastikan untuk tetap waspada saat memesan agar tidak ada kesalahan pengiriman barang.

 

Hypeabis.id berkesempatan untuk mencoba langsung pengalaman belanja dari situs ruparupa.com. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Nirmala Aninda)

Hypeabis.id berkesempatan untuk mencoba langsung pengalaman belanja dari situs ruparupa.com. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Nirmala Aninda)


Hypeabis.id pekan ini berkesempatan untuk mencoba langsung pengalaman belanja dari situs ruparupa.com yang menyediakan beragam variasi perabot, dekorasi dari ACE, Informa, Informa Electronics dan lain lain, hingga pilihan makanan dan minuman yang berada di bawah payung anak usaha Kawan Lama Group, F&B Indonesia.

Menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pilihan belanja Hypeabis.id jatuh kepada satu set seprai berbahan microtex dengan warna butter cream yang hangat, handuk mandi berdaya serap tinggi dengan warna biru muda, serta satu set apron hijau matcha lengkap dengan oven mitt dan pot holder.

Proses pemesanan cukup mudah dengan user interface situs belanja ruparupa.com yang dapat dinavigasi baik melalui komputer maupun smartphone. Setiap barang yang Genhype cari akan mudah ditemui dengan sistem kategori yang rapi dan dapat disesuaikan dari segi harga, warna hingga ukuran.

Kali ini, Hypeabis.id mencoba metode pengiriman same day. Ketiga barang yang tim pesan kebetulan datang dari dua toko ACE dan Informa yang berbeda karena ketersediaan stok. 

Namun, sistem secara otomatis memilih lokasi toko terdekat dari alamat tujuan sehingga ongkos kirim masih cukup terjangkau. Adapun, proses pengiriman membutuhkan waktu 6-8 jam sejak pesanan dibuat.

Secara keseluruhan, pengalaman belanja Hypeabis.id melalui ruparupa.com cukup memuaskan. Dari segi pengemasan, toko mungkin dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan yang lebih ekonomis untuk pengiriman, selain dari plastik atau kardus besar, untuk barang yang bukan pecah belah karena cenderung memakan tempat dan agak sulit untuk didaur ulang.

Baca juga: Rekomendasi Belanja Produk Gawai dan Elektronik Saat Harbolnas

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Lebarkan Sayap, Taylor Swift Siap Debut Jadi Sutradara Film Fitur

BERIKUTNYA

Momen Bangkit dari Covid-19, Simak Peristiwa Penting Pariwisata Indonesia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: