Lee Seung-gi yang menjadi MC Peak Time. (Sumber gambar : Instagram/@byhumanmade)

Balik ke Layar Kaca, Lee Seung-gi Jadi Pembawa Acara Program Pencarian Grup Idola K-Pop Global

14 December 2022   |   08:11 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah polemik honor sebagai penyanyi yang tidak dibayarkan agensinya selama 18 tahun, Lee Seung-gi akhirnya kembali ke layar kaca. Kali ini bukan datang dengan drama terbaru, melainkan variety show. Artis kelahiran 1987 itu akan menjadi pembawa acara dari acara audisi idola baru.

JTBC pada 12 Desember 2022 resmi mengumumkan bahwa Lee Seung-gi akan menjadi tuan rumah program baru berjudul Peak Time. Tayang perdana pada paruh pertama 2023, acara ini akan diproduksi oleh tim yang sama yang menciptakan kompetisi menyanyi hit Sing Again, yang juga diselenggarakan oleh Lee Seung-gi untuk kedua musimnya.

Baca juga: Kisah Lee Seung Gi yang Terganggu Akibat Gangguan Kesehatan Mental

Tidak seperti pertunjukan audisi idola masa lalu, Peak Time akan menjadi kompetisi tim. Nantinya, para calon idola ini akan berjuang untuk berkesempatan menjadi grup idola dunia berikutnya. 

Dalam acara ini, para kontestan terdiri atas idola laki-laki yang telah memulai debutnya. Mereka yang masih aktif atau anggota dari grup yang sudah bubar bisa berpartisipasi.

Produser dari Peak Time mengatakan Lee Seung-gi sangat cocok membawakan acara ini. Dia dianggap tidak hanya memiliki kemampuan yang kuat untuk berempati dan keterampilan hosting yang cerdas, tetapi juga musikalitas yang luar biasa. 

Menurut produser itu, Lee Seung-gi akan dapat mengekspresikan perasaan para kontestan. “Kamu bisa dengan aman menantikan chemistry dengan para kontestan,” ujar produser Peak Time dikutip dari Soompi, Rabu (14/12/2022). 

Peak Time akan menandai pertunjukan pertama Lee Seung-gi sejak perselisihan dengan agensi lamanya Hook Entertainment, yang menggemparkan publik. Dari laporan Dispatch, Seung-gi bercerita bahwa sejak debut pada 2004, dia tidak pernah mendapatkan honor atas karya-karya lagunya.

Padahal, Seung-gi diketahui memiliki capaian yang cukup cemerlang saat kurang lebih tiga tahun pertama setelah debut. Hal ini dibuktikan dengan total penjualan album pada 2004, 2006, dan 2007 yang tercatat sebanyak 100.000 kopi album fisik dan memiliki jumlah unduhan lagu sebagai nada dering yang cukup tinggi.

Bahkan salah satu lagunya, Because You're My Girl yang rilis pada 2004, diketahui juga telah menarik perhatian publik. Dia juga menetapkan dirinya sebagai solois populer melalui lagu Delete, membuatnya memenangkan sejumlah penghargaan untuk pendatang baru di Seoul Music Awards, SBS Gayo Daejun, dan MBC Gayo Daejejeon pada era 2000an.

Baca juga: Rumor Pernikahan, Agensi Lee Seung Gi Angkat Bicara

Sejak 2004 hingga 2020, Seung-gi diketahui telah merilis 27 album yang terdiri atas album full-length, album mini, dan album single. Dari hampir 30 album tersebut, ada 137 lagu yang sudah dirilis dan beberapa di antaranya merupakan lagu yang populer di kalangan publik. 

Solois PSY yang kala itu menjadi produser lagu Because You're My Girl mengindikasikan bahwa sang aktor bisa mendapatkan honor yang besar. Hal ini disebabkan karena kepopuleran lagu tersebut secara penjualan dan album fisik, ini membuat sang penyanyi beserta dengan tim produksi lagu (termasuk produser) mendapatkan royalti dalam jumlah yang banyak.

Lebih rinci, data yang didapatkan oleh pembawa acara yang dikenal lewat program Master in the House itu menunjukkan bahwa ada perkiraan pendapatan sekitar 9,60 miliar won (sekitar Rp111 miliar) untuk periode 2006 sampai 2022. Namun, data yang dikumpulkan ini tidak lengkap karena data pada 2004-2009 telah hilang. 

Jika data dari 2004-2009 telah hadir, maka perkiraan pendapatannya sebagai penyanyi adalah lebih dari 10 miliar won (sekitar Rp115,6 miliar). Sayangnya, sebagian pendapatan ini tidak masuk ke dalam keuangan dari Seung-gi karena dugaan eksploitasi dari petinggi di dalam agensi terhadap penghasilan dari sejumlah proyek musiknya. Fakta ini sendiri terlihat dari kontrak eksklusif yang ditandatanganinya dengan pihak agensi.

CEO HOOK Entertainment Kwon Jin-young pun baru-baru ini meminta maaf dan mengakui bahwa bintang itu tidak pernah dibayar keuntungan dari pendapatan musik digital dan akan bertanggung jawab. Sementara itu, Seung-gi pun sudah memutuskan keluar dari agensi tersebut.

Baca juga: Terbaru, Lee Seung Gi dan Lee Da In Pacaran Diam-diam Sejak Akhir 2020

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Membanggakan, Lyodra Ginting Berhasil Sabet Penghargaan Asia Artist Award 2022

BERIKUTNYA

Cukur Kroasia, Argentina Melenggang Mulus ke Final Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: