Baby Monster. (Sumber Foto: X/YGBABYMONSTER_)

Kaleidoskop 2023: Ini Debut Grup Band yang Meramaikan Industri Musik K-Pop Sepanjang 2023

28 December 2023   |   20:12 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Industri musik Korea Selatan terus mempopulerkan gelombang hallyu atau Korean Wave lewat sejumlah boy dan girl group K-POP yang debut sepanjang 2023. Selain kualitas vokal yang stabil, koreografi yang enerjik, sejumlah grup ini memiliki para anggota yang multitalenta.

Beberapa agensi hiburan besar seperti SM Entertainment, YG Entertainment, dan HYBE Labels, melalui anak perusahaannya KOZ Entertainment juga mendebutkan grup terbaiknya. Sebut saja RIIZE dari SM Entertainment, BABYMONSTER dari YG Entertainment, dan BoyNextDoor, dari KOZ.

Selain itu yang tak kalah menariknya, ada juga grup bentukan acara suvival show di mana peserta yang menempati peringkat teratas akan bergabung dalam tim debut. Sebut saja Zerobaseone dari acara Mnet Boys Planet dan Hi-Fi Un!corn dari acara THE IDOL BAND: BOY'S BATTLE.

Hypeabis telah merangkum sejumlah boy dan girl group yang debut di industri musik Korea Selatan sepanjang 2023, simak beberapa di antaranya.
 

1. Januari 

Mengawali 2023, sejumlah boy group dan girl group K-Pop memulai debutnya dengan merilis lagu-lagu menyegarkan. Di antaranya ada Primrose, grup wanita besutan A.O Entertainment yang terdiri dari empat anggota yakni Ruby, Nahyun, Rainie, dan Hayun. Primrose debut pada 13 Januari dengan mini album berjudul Red Moon.

Selanjutnya ada boy group 8TURN yang sebelumnya dikenal dengan nama BOM (Boys of MNH) bentukan MNH Entertainment. Mereka debut pada 30 Januari dengan merilis mini album 8TURNRISE. 8TURN beranggotakan Jaeyun, Myungho, Minho, Yoonsung, Haemin, Kyungmin, Yungyu, dan Seungheon. 


2. Februari

Memasuki bulan kedua, industri K-POP kembali mendebutkan beberapa grup dengan konsep segar dan menarik. Ada Limelight, girl group di bawah naungan 143 Entertainment yang memiliki anggota tak terbatas. Saat ini anggotanya baru MiU, Suhye, dan Gaeun. Mereka resmi debut pada 17 Feb 2023. 

Selanjutnya ada boy group Ascension besutan Rainbow E&M yang debut pada 24 Februari dengan single Like A Star. Grup ini beranggotakan lima orang, yakni Chanhyeok, Juhun, Junjong, Minjae, Sangyun.
 

3. Maret 

Boy group WE:A resmi debut pada 29 Maret 2023 dengan single digital 24/7:Twenty-Four/Seven. Grup yang bernaung di bawah agensi Madewell Music dan KZ Entertainment tersebut beranggotakan empat orang, yakni Jeongkyun, Ron, Kichun, dan Z-uK.

Selanjutnya ada Xikers grup idola pria bentukan KQ Entertainment yang sukses mendebutkan ATEEZ pada 2018 lalu. Grup ini terdiri dari 10 anggota yaitu Minjae, Junmin, Sumin, Jinsik, Hyunwoo, Junghoon, Seeun, Yujun, Hunter dan Yechan. Xikers debut pada 30 Maret 2023 dengan merilis mini album House of Tricky: Doorbell Ringing.
 

4. April

April menjadi bulan yang ditunggu-tunggu para penggemar yang menantikan debutnya Xodiac, boy grup bentukan One Cool Jacso Entertainment tersebut memiliki salah satu anggota asal Indonesia, yakni Zayyan. Xodiac terdiri dari sembilan anggota, yakni Hyunsik, Zayyan, Lex, Beomsoo, Gyumin, Wain, Sing, Davin, dan Leo. Mereka resmi debut pada 25 April 2023 dengan merilis single digital bertajuk Throw A Dice. 

Selain Xodiac ada CMDM (Command The-M) boy group bersutan The-M Entertainment yang terdiri dari enam anggota yakni Choi Byunghoon, Kim Hyunhah, Oh Junhyoung, Chae Heeju, Lee Nohyul and Kim Seungho. CMDM debut pada 27 April dengan single album bertajuk Back to the Future.
 

5. Mei

Pada pertengahan bulan ke lima, With Us Entertainment mendebutkan boy group The Wind lewat single album bertajuk Beginning: The Wind Page. Grup ini terdiri dari tujuh anggota, yakni Shin Jae Woon, Kim Hee Soo, Thanatorn, Choi Han Bin, Park Hayu Chan, An Chan Won, dan Jang Hyoun Joon.

Tak ketinggalan ada BoyNextDoor, grup pendatang baru yang menorehkan banyak prestasi di ajang penghargaan musik. Grup besutan KOZ Entertainment anak perusahaan HYBE tersebut memulai debutnya pada 30 Mei 2023 dengan album single Who. Grup ini terdiri dari enam anggota yakni Sungho, Riwoo, Jaehyun, Taesan, Leehan, dan Woonhak.


Baca juga:  10 Video Klip K-Pop yang Paling Banyak Ditonton di YouTube 2023


6. Juni

Kali ini giliran grup band yang unjuk gigi di pertengahan tahun 2023. Ada Hi-Fi Un!corn grup bentukan CNBLUE dan FNC Entertainment melalui program audisi THE IDOL BAND: BOY'S BATTLE yang debut pada 26 Juni 2023. Anggotanya ada Hyunyul, Kiyoon, Taemin, Shuto, dan Min.

Selanjutnya Lun8 idol grup pria asal Korea Selatan yang debut pada 15 juni di bawah naungan Fantagio. Mereka melangsungkan debut pada 15 Juni 2023. Grup ini terdiri dari delapan anggota: Chael, Jin Su, Takuma, Jun Woo, Do Hyun, Ian, Ji Eun-ho, dan Eun Seop


7. Juli

Pada paruh kedua 2023, KISS OF LIFE atau KIOF debut pada 5 Juli 2023 di bawah naungan S2 Entertainment. Grup beranggotakan Julie, Natty, Belle, dan Haneul tersebut merilis single digital berjudul Shhh.

Selanjutnya ada Zerobaseone boy group yang dibentuk melalui acara survival show Mnet Boys Planet. Grup ini dikelola oleh Wake One Entertainment dan direncanakan untuk aktif selama 2,5 tahun. Zerobaseone resmi debut pada pada 10 Juli. Terdiri dari sembilan anggota yakni Kim Ji-woong, Zhang Hao, Sung Han-bin, Seok Matthew, Kim Tae-rae, Ricky, Kim Gyu-vin.
 

8. Agustus

Pada bulan ke delapan 2023, ada n.SSign, boy group besutan n.CH Entertainment yang debut pada 9 Agustus lewat album Birth of Cosmo. Grup ini juga dibentuk melalui acara survival Stars Awakening yang tayang di Channel A. n.SSign terdiri dari 10 anggota, yakni Huiwon, Laurence, Hanjun, Robin, Junhyeok, Sungyun, Doha, Eddie, Hyun, dan Kazuta.

Selanjutnya ada El7z Up, girl group yang debut pada 15 Agustus 2023. Para anggotanya bukanlah wajah-wajah baru di industri musik K-Pop. Mereka adalah para anggota girl group populer seperti Lovelyz, WJSN, G(I)DLE, dan lainnya yang ikut acara survival show  Mnet Queendom Puzzle.
 

9. September

SM Entertainment akhirnya mendebutkan boy group barunya, RIIZE pada 4 September 2023 lewat lagu Get a Guitar. RIIZE terdiri dari tujuh anggota, yakni Shotaro, Eunseok, Sungchan, Wonbin, Seunghan, Sohee, dan Anton.

Selanjutnya My Teenage Boy atau Fantasy Boys di bawah agensi PocketDol Studio. Grup idola pria ini beranggotakan 11 orang yakni Minseo, K-Soul, Hanbin, Hikari, Ling Qi, Hikaru, Wooseok, Sungmin, Hyeontae, Gyurae, and Kaedan. Fantasy Boy debut pada 21 September lewat mini album New Tomorrow.


10. Oktober

Persaingan di industri K-POP makin memanas. Kali ini ada 82MAJOR, boy group bentukan Great M Entertainment yang debut pada 11 Oktober 2023 dengan merilis single album berjudul ON. Grup ini terdiri dari 6 anggota yaitu Seongil, Yechan, Seongmo, Seongbin, Seokjoon dan Dogyun.

Selanjutnya ada Young Posse, grup idola wanita besutan DSP Media dan Beats Entertainment yang debutnya pada 18 Oktober 2023 dengan merilis single berjudul Macaroni Cheese. Grup ini terdiri dari lima anggota: Sunhye, Yeonjung, Jiana, Doeun, dan Jieun.
 

11. November

November sepertinya menjadi puncak persaingan di industri K-POP. Sejumlah grup debut secara bersamaan di bulan ini, mulai dari eite, girl group bentukan EVA Entertainment yang merilis album berjudul Independent Woman pada 3 November 2023.

Selanjutnya ada WHIB, boy group bentukan CJeS Entertainment yang debut dengan merilis single album Cut-Out. Ada juga AMPERS&ONE yang bernaung di bawah FNC Entertainment dengan merilis single album, AMPERSAND ONE. Tak ketinggalan YG Entertainment akhirnya mendebutkan girl group barunya, yakni BABYMONSTER pada 27 November 2023 lewat lagu Batter Up. 
 

12. Desember

Di penghujung tahun, tak banyak grup baru yang debut. Beberapa agensi sibuk mempersiapkan grup barunya yang akan didebutkan pada 2024 mendatang. Pada awal Deseber, RISEUP Label merilis lagu pradebut girl group barunya GIRLZONE. Sementara profil para anggotanya baru akan dirilis saat debut resminya tahun depan.

Selain itu, agensi hiburan Korea Selatan juga mendebutkan sub unit dari grup lama. Ada tripleS NXT, sub unit dari girl group tripleS yang debut pada 2022 lalu. Grup sub unit ini merilis single digital bertajuk Just Do It pada 23 Desember.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Kaleidoskop 2023: Berbagai Event Internasional Meramaikan Pariwisata 2023

BERIKUTNYA

Obituari Pelukis Hardi, Seniman Progresif dengan Karya Fenomenal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: