sumber gambar (tangkapan layar laman FIFA)

Cukur Kroasia, Argentina Melenggang Mulus ke Final Piala Dunia 2022

14 December 2022   |   08:33 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Laga semifinal Piala Dunia 2022 antara Kroasia vs Argentina berhasil dimenangkan La Albiceleste dengan skor telak 3-0. Tak ayal  langkah tersebut berhasil  membuat Argentina melenggang mulus karena sudah dipastikan memegang tiket  ke babak final ajang olahraga empat tahuan itu.

Selama pertandingan berlangsung, kedua tim memang tampil saling menekan saat merumput di Lusail Iconic Stadium, Qatar, Rabu (14/12/2022) dini hari. Secara statistik penguasaan bola Kroasia sebenarnya lebih unggul dari Argentina dengan total 12 tembakan ke gawang tim Tango. 

Baca juga: Teknologi Canggih Al Hilm, Bola Khusus Semifinal & Final Piala Dunia 2022
 
 

Dikutip dari FIFA, statistik  penguasaan bola runner-up Piala Dunia 2018 itu bahkan mencapai 68 persen, sementara Argentina hanya 39 persen. Kendati begitu bukan perkara mudah bagi mereka untuk membobol pertahanan Messi cs. Sebab, setelah serangan bertubi-tubi Albiceleste mulai membalas serangan.

Hal itu terbukti lewat gol yang dilesatkan Lionel Messi melalui tendangan penalti pada menit ke-34 yang berhasil membobol gawang D.Livakovic. Tak butuh waktu lama, hanya berselang lima menit, aksi dari Julian Alvarez juga berhasil mengubah papan skor menjadi 0-2 bagi Argentina hingga babak pertama berakhir.

Sementara itu, di babak kedua pertandingan semakin memanas setelah Kroasia melakukan rotasi pemain. Strategi itu diuat untuk memperkecil ketertinggalan mereka. Pada menit 63, mereka pun hampir membobol gawang Argentina lewat tendangan bebas, tapi bola masih bisa ditepis kiper Emiliano Martinez.

Petaka bagi Kroasia berlanjut, sang bintang lapangan hijau, Messi lepas dari kawalan. Gocekan mautnya berhasil merongrong pertahanan tim asuhan Zlatko Dali?. Umpan  dari Messi pun berhasil diselesaikan  oleh Alvarez sekaligus mengunci kemenangan Argentina atas Kroasia.

Hasil pertandingan memastikan tiket bagi Argentina untuk lolos kembali menuju babak ke final untuk yang pertama sejak Piala Dunia 2014. Di mana pada waktu itu Albiceleste berhasil ditaklukan oleh Jerman di final.

Pada ajang final nanti Argentina akan bertemu pemenang antara Maroko atau Prancis yang berlaga nanti malam.  Adapun, bagi Kroasia yang harus tertunduk lesu, mereka  masih memiliki kesempatan untuk memperebutkan juara ketiga di ajag Piala Dunia 2022.

Laga final sendiri akan berlangsung pada Minggu, 18 Desember 2022 di Lusail Iconic Stadium, Qatar. Momen yang ditunggu-tunggu itu pun akan membuat Argentina menyelesaikan misinya yang sempat kandas di 2014 untuk meraih gelar juara dunia  ketiga kalinya.

Dalam sejarahnya, timnas Albiceleste telah berhasil mengangkat trofi Piala Dunia sebanyak dua kali. Tim ini pertama kali menjadi juara dunia pada 1978. Kemudian, Argentina kembali menjadi juara di ajang empat tahunan ini pada 1986.

Baca juga: Ini Curahan Hati Cristiano Ronaldo Setelah Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Balik ke Layar Kaca, Lee Seung-gi Jadi Pembawa Acara Program Pencarian Grup Idola K-Pop Global

BERIKUTNYA

Kuy! Synchronize Radio Bikin Konser Mini Mingguan bertajuk Gigs Stage di M Bloc Space

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: