Ilustrasi morning smoothie (Photo by Jan Sedivy on Unsplash)

10 Minuman Sehat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Saat Sakit

06 July 2021   |   14:44 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sistem kekebalan kita terus aktif mencari sel mana yang seharusnya ada di dalam tubuh dan mana yang tidak. Ini berarti sisistem kekebalan membutuhkan dosis vitamin dan mineral yang cukup untuk menjaga energinya tetap aktif.

Dilansir melalui Healthline, berikut adalah beberapa minuman sehat yang penuh dengan nutrisi penting untuk kesehatan sehari-hari atau untuk melawan virus seperti pilek atau flu.

Genhype, jangan lupa pelajari nutrisi dan manfaat peningkat kekebalan yang dimiliki setiap jus, smoothie, atau susu dari biji-bijian sehingga kamu dapat memulai hari dengan booster menyegarkan untuk pertahanan alami tubuh.

1. Jeruk, jeruk bali, dan jeruk lainnya
Jeruk mengandung lebih dari cukup asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang melindungi sel-sel dari zat-zat yang merusak tubuh.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyembuhan luka yang tertunda, respon imun yang terganggu, dan ketidakmampuan untuk melawan infeksi dengan benar.

Saat ini tidak ada bukti bahwa vitamin C oral efektif dalam mencegah penularan virus corona baru (SARS-CoV-2) atau mengobati penyakit yang disebabkannya, Covid-19.

Namun, penelitian telah menunjukkan harapan untuk infus vitamin C intravena (IV) sebagai pengobatan Covid-19.

Lebih banyak uji klinis sedang dilakukan untuk pengobatan, bukan pencegahan, menggunakan infus IV, bukan terapi oral.

Namun, jika sedang pilek, vitamin C dosis tinggi dapat menyebabkan gejala yang tidak terlalu parah dan pemulihan yang lebih cepat. Untuk orang dewasa, batas atas yang dapat ditoleransi adalah 2.000 miligram (mg) sehari.

2. Apel hijau, wortel, dan jeruk
Wortel, apel, dan jeruk adalah kombinasi yang unggul untuk membantu tubuh kita melindungi dirinya sendiri dan melawan infeksi.

Apel dan jeruk adalah sumber vitamin C. Sementara vitamin A, yang juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, hadir dalam wortel dalam bentuk antioksidan beta karoten.

Wortel juga mengandung vitamin B-6, yang berperan penting dalam proliferasi sel imun dan produksi antibodi.

3. Bit, wortel, jahe, dan apel
Jus dari tiga sayuran akar ini akan membantu menguatkan sistem kekebalanmu dan mengurangi gejala peradangan.

Peradangan seringkali merupakan respon imun terhadap infeksi yang berasal dari virus atau bakteri. Gejala pilek atau flu termasuk pilek, batuk, dan nyeri tubuh.

Orang yang menderita rheumatoid arthritis mungkin menemukan jus ini sangat bermanfaat, karena jahe memiliki efek anti-inflamasi.

4. Tomat
Cara terbaik untuk memastikan jus tomat segar dan tidak mengandung banyak bahan tambahan adalah dengan membuatnya sendiri. 

Tomat kaya akan vitamin B-9, umumnya dikenal sebagai folat. Ini membantu menurunkan risiko infeksi. Tomat juga menyediakan magnesium dalam jumlah sedang, anti-inflamasi.

5. Kale, tomat, dan seledri
Kale adalah bahan pokok dalam banyak jus hijau dan sumber utama untuk vitamin C, vitamin K, zat besi dan kalsium.

Kamu bisa menambahkan potongan tomat untuk tambahan vitamin A serta beberapa lobak pedas ke resep ini juga dapat memberikan manfaat anti-inflamasi, menurut beberapa penelitian. 

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan seledri ke dalam jus untuk membantu melawan infeksi karena seledri memiliki sifat antimikroba, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 
1
2


SEBELUMNYA

Sutradara Film Superman Pertama, Richard Donner Meninggal Dunia

BERIKUTNYA

Bergaya Retro, Band Rock Korea DAY6 Even of Day Rilis Mini Album Right Through Me

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: