Lukisan Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci yang menjadi lukisan termahal denan harga mencapai US$450 juta Rp6,4 triliun. (Sumber gambar: Christies.com)

Daftar Lukisan Termahal yang Terjual Sepanjang 2022

13 December 2022   |   12:23 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Sandro Botticelli, The Man of Sorrows (Tahun Tidak Diketahui)

 

Sandro Botticelli, The Man of Sorrows (sumber gambar:Sotheby's )

Sandro Botticelli, The Man of Sorrows (Sumber gambar: Sotheby's )

Dalam waktu tidak kurang dari 12 bulan, balai lelang Sotheby's akhirnya mencapai hal yang mustahil dengan menawarkan pasar dua mahakarya luar biasa karya Sandro Botticelli, seorang master Renaisans yang karya-karyanya sangat langka, salah satunya The Man of Sorrows.

Karya yang menggambarkan sosok dengan baju merah itu berhasil terjual dengan harga US$45,4 atau setara Rp703 miliar pada periode 27 Januari 2022. Kendati harganya selangit, Artprice menulis penjualan tersebut dibilang mengecewakan. Pasalnya, tahun lalu balai lelang berhasil menjual karya Botticelli berjudul Portrait of a Young Man Holding a Roundel dengan harga US$92,2 juta. 
 

5. Claude Monet, Water Lilies (1914/17)

 

Claude Monet, Water Lilies (sumber gambar:Sotheby’s)

Claude Monet, Water Lilies (Sumber gambar: Sotheby’s)

Lukisan seri Water Lilies dari pelopor impresionisme Claude Monet sebelum dia memulai gaya lukis abstrak - akibat katarak yang menyerang kedua matanya - juga berhasil laku dengan harga fantastis. Dalam lelang di periode 3 februari 2022 di balai lelang Sotheby’s London, lukisan itu laku terjual US$31 juta atau setara Rp480 miliar.

Lukisan Water Lilies merupakan salah satu karya Monet yang paling banyak dicari kolektor. Setiap kemunculan kanvas dari seri Water Lilies di pasar seni selalu menjadi peristiwa tersendiri di balai lelang. Namun, rekor tertinggi serial lukisan itu berhasil diketok pada 2018 dengan harga US$84,7 juta. 

Baca juga8 Lukisan Maestro Indonesia Ini Hadirkan Karya Seni yang Menakjubkan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

Catatan redaksi: Beberapa materi dalam artikel ini telah diubah untuk menyesuaikan nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap Rupiah. 
1
2


SEBELUMNYA

Grup Musik UN1TY bakal Gelar Konser Live Perdana Akhir Pekan Ini

BERIKUTNYA

Kemenparekraf Dorong Kabupaten Bantul Jadi Kota Kreatif UNESCO, Ini Alasannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: