Ilustrasi liburan. (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

5 Tips Mempersiapkan Bujet Liburan Tahun Baru Biar Enggak Boncos

12 December 2022   |   20:03 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau orang tercinta. Banyak orang yang sudah merencanakan perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini, seiring bergeliatnya sektor pariwisata. 

Namun selain menentukan tujuan kota atau negara yang ingin disambangi, penting untuk membuat perencanaan keuangan dengan matang. Tanpa perencanaan anggaran untuk berlibur, bisa-bisa mengganggu pos anggaran rutin rumah tangga yang wajib atau tabungan kalian. 

Baca juga: Tips Penting Mempersiapkan Liburan Keluarga Saat Libur Nataru

Menurut CEO Finansialku Melvin Mumpuni, sebelum memutuskan pergi berlibur, sebaiknya mencari info terperinci biaya akomodasi, transportasi, makan, hingga tempat wisata yang nantinya akan disambangi. “Kalau ke luar negeri biasanya ada tambahan paspor atau visa,” ujarnya kepada Hypeabi.id, Senin (12/12/2022).

Setelah itu, sesuaikan dengan bujet liburan yang dimiliki. Usahakan liburan dengan uang sendiri, jangan sampai berutang hanya untuk kebutuhan liburan.

“Saranku seandainya biaya liburan terlalu besar (belum sesuai) dengan bujet, bisa tunda liburannya atau ganti tempat liburan,” saran Melvin. 

Lalu, pastikan dana darurat, cicilan, pengeluaran rutin masih aman agar tidak terganggu biaya untuk liburan. Melvin juga menyarankan agar bisa memanfaatkan promo-promo seperti dari miles, poin kartu kredit, kupon di website, atau promo-promo di media sosial untuk menghemat pengeluaran.

Jika sudah mantap, jangan lupa untuk mendapatkan atau membeli asuransi perjalanan. Asuransi ini penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan bagasi, sakit, ketinggalan pesawat karena penyebab yang tertulis di polis, atau kemalingan selama liburan. 

Sebagai rangkuman, berikut ini lima tip mempersiapkan dana liburan dari Finansialku. 

1. Buat anggaran

Pastikan kamu memiliki perhitungan biaya yang dibutuhkan selama liburan seperti transportasi, konsumsi, akomodasi, tempat wisata, hingga oleh-oleh. Jika kamu tidak mau repot, bisa memanfaatkan jasa travel agent untuk mempersiapkan liburan kamu. 


2. Hindari kartu kredit

Kecuali untuk memanfaatkan diskon, promo, atau penawaran khusus. Sebaiknya jangan pakai kartu kredit untuk membayar akomodasi atau belanja selama liburan agar tagihannya tidak bengkak dan akhirnya keuangan kamu malah jadi boncos. 

“Tetapi jika menggunakan kartu kredit selama liburan, usahakan bayar penuh tagihannya dan tepat waktu,” imbau Melvin. 


3. Jangan konsumtif

Jangan sampai kalap berbelanja ketika kamu berada di tempat wisata atau pusat oleh-oleh. Tetap berpegang teguh pada anggaran yang sudah dibuat. Ingat, kamu berlibur untuk bersenang-senang atau menghabiskan waktu bersama keluarga, bukan untuk belanja ya.


4. Sesuaikan kemampuan

Tidak perlu fomo atau gengsi harus berlibur ke tempat yang mewah atau wajib ke luar negeri selama Nataru. Tidak ada salahnya menunda liburan yang mahal agar keuangan tidak berantakan. Jangan terlalu memaksakan. Ingat berlibur bukan ajang perlombaan mendapat eksistensi di media sosial.


5. Persiapkan anggaran jauh-jauh hari

Jika kamu ingin ke tempat yang jauh atau ke luar negeri, sebaiknya persiapkan dana tersebut dari jauh hari. Kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatan setiap bulannya mulai dari awal tahun agar bisa mendapat liburan yang diinginkan pada saat libur Nataru. Jangan mengacaukan keuangan hanya karena keinginan sesaat. 

Baca juga: Lagi Tren, Yuk Cobain Sensasi Wisata Budaya saat Liburan Nataru

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Curahan Hati Cristiano Ronaldo Setelah Tersingkir dari Piala Dunia 2022

BERIKUTNYA

NewJeans hingga TXT, Ini 7 Artis K-Pop yang Akan Comeback pada Januari 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: