Menabung saat Ramadan tetap diperlukan. (Sumber gambar : Pexels/Bich Tran)

7 Cara Atur Duit Buat Mencukupi Kebutuhan Bulan Puasa & Lebaran

04 April 2022   |   20:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tingkat konsumsi dan pengeluaran masyarakat terbilang meningkat saat Ramadan. Acara buka puasa bersama alias bukber dengan keluarga, kerabat, sahabat, teman sekolah, teman kuliah, rekan kerja, hingga kolega pun seakan tidak bisa dihindari. Selain itu, belanja untuk kebutuhan Lebaran dan mudik pun tidak bisa ditunda.

Gaya hidup ini memang sudah menjadi tradisi. Agar kantong tidak jebol hingga pasak lebih besar daripada tiang, berikut tips keuangan agar tetap aman selama Ramadan.
 

1. Buat rencana keuangan

Buat rencana berupa daftar prioritas apa saja yang dibutuhkan selama Ramadan. Tentukan anggaran yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan tersebut seperti untuk makan sahur dan berbuka, cicilan, listrik, kebutuhan pokok lainnya, dana darurat, dan paling penting yaitu sedekah.
 

2. Pisahkan pengeluaran antara Ramadan dan Idulfitri

Pengeluaran selama Ramadan biasanya untuk kebutuhan pokok, sementara pengeluaran Idulfitri bersifat tambahan seperti dana untuk membeli baju baru, kue, dan makanan khas lebaran, tunjangan hari raya (THR) untuk orang tua hingga saudara terdekat. Kendati demikian, pengeluaran tersebut harus disesuaikan dan jangan berlebihan agar setelah Lebaran keuangan tetap terjaga.
 

3. Belanja lebih awal

Harga kebutuhan pokok selalu saja naik saat jelang Ramadan dan Idulfitri. Sebagai antisipasi, kebutuhan pokok seperti beras maupun minyak, bisa dibeli sebelum waktu tersebut. Namun demikian, beli sewajarnya dan hindari panic buying.
 

4. Utamakan kebutuhan, manfaatkan diskon

Selama Ramadan, pasar dibanjiri dengan hadiah dan diskon. Boleh saja manfaatkan diskon yang ada, namun utamakan kebutuhan bukan keinginan, dan jangan sampai kalap dalam berbelanja.
 

5. Tentukan menu sahur dan berbuka

Agar tetap hemat, usahakan sahur dan berbuka dengan memasak sendiri di rumah. Buat daftar menu yang disesuaikan dengan bujet. Saat ini banyak referensi menu makanan hemat namun nikmat di internet yang bisa diaplikasikan di rumah.
 

6. Catat pengeluaran harian

Ini penting untuk mengetahui berapa banyak uang yang telah dihabiskan. Dengan demikian bisa dievaluasi jika pengeluaran sebelumnya berlebihan dan pengeluaran bisa kembali dikontrol.
 

7. Buat rencana perjalanan

Rencanakan segala sesuatunya sebelum melakukan perjalanan saat Ramadan, terutama mudik Lebaran. Dengan demikian bisa diketahui berapa biaya yang akan dikeluarkan. Sebisa mungkin manfaatkan diskon dari travel agent agar lebih hemat.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Intip 4 Tren Fashion untuk Lebaran 2022

BERIKUTNYA

Mengatasi Obesitas Tidak Sekadar Kurangi Makan & Berolahraga, Tetapi Juga Perlu Lakukan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: