Anak ketiga Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan melepas masa lajangnya pada Sabtu (10/12/2022). (Sumber gambar : Instagram Kaesang)

Menikah Besok, Intip Profil & Gurita Bisnis Kaesang

10 December 2022   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Anak ketiga Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan melepas masa lajangnya pada Sabtu (10/12/2022). Besok, dia menikahi finalis Putri Indonesia 2022 Erina Gudono. Keduanya pun telah menjalani prosesi siraman hari ini sebagai kesiapan menuju ijab kabul. 

Rangkaian upacara pernikahan ini mungkin menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali calon mempelai pria, Kaesang yang membuat gemas warganet karena tingkah nyeleneh di media sosial. 

Bahkan tidak jarang Kaesang menjawab komentar julid pengguna medsos terhadap dirinya dan keluarganya, yang justru menjadi guyonan. Belakangan dia aktif membagikan meme lucu yang membuat warganet terpingkal ketika melihatnya. Tidak sedikit netizen yang menjulukinya sebagai ‘Lord Meme’.

Baca juga3 Sumber Penghasilan Terbesar Jess No Limit, Capai Miliaran Rupiah Per Bulan

“Tolong stok meme saya habis,” tulis Kaesang yang masih sempat memosting cuitan di Twitter saat menjalani prosesi siramaannya hari ini.

Kaesang diketahui merupakan bungsu dari pasangan Presiden Jokowi dan Iriana. Dia lahir di Solo 25 Desember 1994. Ya, dia akan genap berusia 28 tahun dalam dua minggu ke depan. Kakaknya, Gibran Rakabuming Raka saat ini berprofesi sebagai Walikota Surakarta atau Solo. Sementara itu, kakak perempuannya, Kahiyang Ayu, merupakan istri dari Walikota Medan Bobby Nasution. 

Bicara soal pendidikan, Kaesang menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Selanjutnya dia bersekolah di SMPR 1 Surakarta. Kaesang kemudian melanjutkan sekolahnya di Anglo-Chinese School International, Singapura. Dia juga berkuliah di negeri tersebut, tepatnya di Singapore Institute of Management University. 


Lebih Suka Bisnis

Berbeda dari ayah, kakak, dan iparnya yang terjun ke dunia politik, si bungsu tampaknya lebih tertarik berbisnis. Dalam sebuah podcast bersama Deddy Crorbuzier beberapa waktu lalu, Kaesang menyebut gaji pejabat lebih sedikit ketimbang penghasilan yang didapatkannya dari berbisnis. 

“Saya tahu lah Mas Gibran, saya tahu gaji wali kota berapa. [Dibandingkan] sama saya, kasihan. Gajinya segitu, kena Covid pula. Harus bertanggungjawab sama ratusan ribu warga, ribet,” ungkapnya.


Gurita Bisnis Kaesang

Kaesang memang diketahui mendirikan sejumlah jenama, khususnya di bidang kuliner. Beberapa diantaranya berkolaborasi dengan pebisnis hingga chef ternama Indonesia. 

Usaha pertama yakni Sang Pisang yang dirintis bersama pebisnis muda asal Makassar, Ansari Kadir dan didirikan pada 2017. Sang Pisang merupakan bisnis kuliner yang menyajikan panganan berbahan dasar pisang seperti nugget pisang, pisang roll, ice banana, dan minuman dengan topping pisang. Saat ini, Kaesang sudah memiliki lebih dari 50 gerai Sang Pisang di seluruh Indonesia. 

Kaesang cukup aktif mendirikan brand pada 2019. Dia bersama dengan Chef Arnold Poernomo dan Gibran mendirikan Mangkok Ku. Ketiganya membuka restoran Mangkok Ku yang belokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, sekitar Juni 2019.

Presiden Jokowi mengungkapkan pada tahun tersebut, anaknya itu menjajaki bisnis ternak lele. Kemudian, dia membuat brand Yang Ayam dengan gerai perdana di Tanjung Duren, Jakarta Barat pada 7 Desember 2019. 

Yang Ayam menyajikan menu nasi ayam sambal sereh api dan bara api, dengan kisaran harga Rp12.727 hingga Rp21.818, yang dapat dinikmati dengan minuman cincau soda serta sawadi cup (dalam bahasa Thai berarti teh susu). Yang Ayam sendiri menjadi salah satu portofolio venture capital-nya, yakni PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT).

Masih di bidang kuliner, Kaesang  merambah ke produk kopi kekinian dengan merilis produk bernama Ternakopi yang pada 2019. Kedai pertamanya dibangun di Cipayung, Jakarta Timur. 

Dia juga mendirikan brand Siapmas bersama Gibran pada Agustus 2019. Siapmas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, yakni Kemripik, Pik Kripik, dan Ngedrink. Produk-produk ini dipasarkan melalui minimarket ritel.

Ada pula Let’s Toast, brand ini menjual beragam menu pilihan la western seperti egg sandwich, french toast, dan minuman segar.

Selain bisnis kuliner, Kaesang Pangarep membangun bisnis Sang Javas pada Agustus 2017. Usaha ini menghasilkan produk kaos dengan gambar karikatur. Di awal bisnis, Kaesang berhasil menjual 2.000 potong kaos. 

Kaesang kembali merilis brand baru di bisnis pakaian dengan nama Sang Javaz-Truz. Usaha ini memiliki konsep pakaian untuk para skaters dengan sistem kerja sama dengan brand lokal Truz. Bisnis ini dirintis lewat pembukaan outlet di Solo pada Februari 2018.

Setelah clothing line, Kaesang Pangarep juga mendirikan bisnis lain dengan merek Madhang Indonesia. Bisnisnya kali ini merupakan aplikasi jual beli makanan khas rumahan, sehingga para penjual makanan tak perlu membuka restoran. 

Bisnis berikutnya yakni Enigma Camp, yakni wadah pelatihan programmer yang didirikan pada Kaesang pada 2017 lalu. Enigma fokus pada bisnis yang menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent management untuk menyiapkan programmer siap kerja.

Dia juga mendirikan Hompimpa Games, produk board gim untuk membawa pesan toleransi dan nilai budaya Indonesia dengan jenis permainan tradisional. Adapun produk andalannya adalah board game mulai Math Cat, The Art of Batik dan Acaraki. 

Selain itu, ada Medhang, aplikasi smartphone besutan Kaesang ini menjembatani ibu-ibu jago masak dengan pembeli. Madhang diluncurkan pada 11 Desember 2017 lalu yang berbasis android atas kerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.


Beli Club Kota Kelahiran 

Pada Juli 2022 lalu, Kaesang didapuk sebagai pemilik sekaligus Direktur Utama Persis Solo. Dia menggandeng Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan pengusaha Kevin Nugroho, untuk mengakuisisi klub Liga 2 tersebut, pada 20 Maret 2021.

Kaesang tercatat memiliki saham terbesar di Persis Solo. Dia memiliki setidaknya 40 persen saham, sementara Kevin 30 persen saham, Erick 20 persen saham, dan 10 persen sisanya dipegang 26 klub internal Persis. 


Jadi Komisaris Rans

Pada Oktober 2021, Kaesang menjabat sebagai komisaris RANS Entertainment yang didirikan sultan Andara, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Dia bertugas memantau perusahaan tersebut agar bisnis yang didirikan berjalan lancar. 

Baca jugaSejarah Pura Mangkunegaran, Tempat Digelarnya Pesta Pernikahan Kaesang Pangarep & Erina Gudono

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Minat Nonton Konser Arctic Monkeys di Jakarta? Cek Harga & Cara Beli Tiketnya

BERIKUTNYA

Set Properti Jatuh, 3 Personel NCT Terluka saat Syuting Iklan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: