Ilustrasi perempuan insecure (Sumber gambar: Freepik)

10 Hal yang Bikin Wanita Insecure, Tertinggi Bukan Berat Badan

09 December 2022   |   16:03 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Perkembangan zaman dan tren industri kecantikan sedikit banyak memengaruhi perubahan pada standar kecantikan wanita. Hal itu sering kali berdampak pada munculnya kekhawatiran wanita terhadap penampilannya sendiri, mulai dari bentuk tubuh, warna kulit, rambut, dan lainnya.

Ketidakpercayaan diri terhadap penampilan seolah jadi hal umum yang dirasakan wanita Indonesia. Rasa insecure tersebut muncul karena wanita biasanya memiliki ekspektasi berlebih terhadap dirinya sendiri.

Namun, mereka memiliki kendala tertentu sehingga goals-nya dalam hal penampilan belum terwujud. Hal inilah yang kemudian membuat banyak wanita merasa insecure terhadap penampilannya sendiri.

Baca jugaSurvei: Wanita Indonesia Lebih Mementingkan Wangi Daripada Wajah Pria

Lantas apa saja sih yang bikin wanita merasa insecure? Jika kamu berpikir berat badan jadi yang pertama, rasanya hal itu keliru. Berikut 10 hal yang sering bikin wanita insecure.

1. Kulit wajah: 50,10%
2. Ukuran atau berat badan: 44,90%
3. Perut: 39,70%
4. Bentuk Badan: 33.20%
5. Gigi: 27,60%
6. Dada atau Payudara: 22.10%
7. Rambut: 21,80%
8. Hidung: 20,90%
9. Tinggi Badan: 19,20%
10. Bentuk Wajah Keseluruhan: 15,80%

Separuh wanita Indonesia masih merasa insecure dengan kondisi kulit wajah mereka, sebagaimana dilaporkan survei ZAP Beuaty Index 2023. Dalam survei tersebut, kulit wajah jadi faktor terbesar yang kerap membuat wanita tidak percaya diri.

Setelah itu, ukuran atau berat badan jadi faktor kedua yang membuat wanita insecure. Sebanyak 44,90 persen wanita Indonesia mengaku sering tidak percaya diri dengan berat badannya.

Selain itu, temuan survei yang cukup berbeda ialah soal gigi. Gigi ternyata masuk ke dalam 5 besar hal yang kerap bikin wanita insecure.

Gigi kini jadi bagian yang cukup diperhatikan wanita. Sebab, bentuk gigi yang kurang baik akan memengaruhi pesona mereka, terutama saat sedang tersenyum.
 

Masalah Kulit Wajah Wanita


Tidak mengherankan jika wajah berada di urutan pertama yang sering membuat wanita insecure. Sebab, wajah merupakan bagian tubuh yang biasanya pertama kali dilihat orang lain. Hal itu dapat memengaruhi first impression orang lain terhadap seseorang.

Alhasil, kondisi kulit wajah wanita sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri mereka. Adanya permasalahan pada kulit wajah bakal membuat rasa tidak percaya diri muncul.

Dari berbagai macam permasalahan kulit, wajah yang kusam ternyata jadi yang paling banyak dialami wanita Indonesia.

Sebanyak 61 persen wanita Gen Z merasa memiliki masalah kulit wajah kusam. Sebanyak 56,70 persen wanita Gen Y juga berpikir demikian, tetapi hanya 50 persen wanita Gen X yang merasa punya masalah wajah kusam.

Setelah itu, komedo, pori-pori membesar, dan kerutan wajah, ternyata jadi maslaah terbesar setelah wajah kusam. Masalah kerutan atau garis-garis halus ini bahkan tidak hanya didominasi oleh wanita yang telah berumur.

Sebanyak 57,6 persen Gen Z, 37,2 persen Gen Y, dan 20,9 persen Gen Z mengaku memiliki kerutan atau garis halus di kulit wajahnya.

Selain itu, masalah jerawat dan bekas jerawat yang menghitam juga jadi masalah yang umum dimiliki wanita Indonesia. Banyak wanita Indonesia yang juga memiliki wajah berminyak dibanding kulit kering. Masalah-masalah kulit wajah tersebut jika tidak segera diatasi sering kali membuat wanita jadi tidak percaya diri dengan penampilannya.

Baca jugaBagi Gen Z, Keuangan Pria Lebih Menarik Dibanding Persoalan Wajah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Enggak Bisa Sembarangan, Cek 5 Tip Ini untuk Memilih Ban Mobil yang Tepat

BERIKUTNYA

Survei: Pria Tidak Berkumis Lebih disukai Wanita Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: