Ilustrasi ban mobil (Sumber gambar: Lifepal)

Enggak Bisa Sembarangan, Cek 5 Tip Ini untuk Memilih Ban Mobil yang Tepat

09 December 2022   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ban merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan mobil. Jika ban pada mobil tidak sesuai penggunaannya, kenyamanan dalam berkendara pun menjadi berkurang. Terlebih, faktor ban yang tidak ideal juga menjadi salah satu kontributor penyebab terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan ban mobil berada dalam kondisi yang fit guna meminimalisir risiko dari terjadinya kecelakaan. Apabila kondisi ban mengalami degradasi seperti ban yang botak, muncul benjolan atau muncul retakan pada ban, sebaiknya segera mengganti ban dengan yang baru. 

Saat ini terdapat berbagai jenis ban dijual di pasaran. Meskipun sekilas terlihat sama, ban mobil harus dipilih sesuai dengan medan serta sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Agar tidak salah pilih, berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan dalam memilih ban mobil menurut rilis dari Lifepal.

Baca juga: 6 Cara Merawat Ban Mobil Ini Wajib Dilakukan Berkala


1. Kenali Jenis-jenis Ban

Sebelum memilih, penting untuk mengetahui jenis-jenis ban yang dijual di pasaran. Ada 5 kategori ban yang memiliki karakteristiknya masing-masing yakni tubeless, bias, radial, run flat tyre (RFT), dan all terrain.
  • Ban tubeless merupakan ban yang memiliki cairan antibocor saat roda pertama kali disematkan. Kelebihannya lebih tahan udara, tidak mudah kempes sekalipun tidak memakai ban dalam. 
  • Ban bias adalah ban yang terbuat dari lembaran cord yang ditenun dengan pola zig-zag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban.  
  • Ban radial adalah ban yang terbuat dari lapisan serat dengan arah menyilang di bagian lingkar ban. Jenis ban ini cocok dipakai pada kendaraan yang membawa penumpang maupun pada truk bermuatan ringan. 
  • Ban RFT (Run Flat Tyre) adalah ban yang tetap bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun tanpa dalam keadaan kempes. Jenis ban ini diklaim mampu melaju dalam tekanan 0 hingga 80 km dengan kecepatan mencapai 80 km/jam.
  • All Terrain adalah ban yang didesain khusus agar tahan dalam melaju di medan yang dipenuhi kerikil, tanah, atau bahkan berair. Ban ini cocok untuk mobil jenis offroad.


2. Ketahui Kebutuhan dan Tipe kendaraan

Setelah mengetahui jenis-jenis ban, kalian bisa langsung menentukan mana yang paling tepat untuk kendaraan kalian. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kendaraan. Untuk mengetahuinya, ada simbol ban mobil yang bisa dijadikan acuan. Informasi seputar tipe ini tercantum dalam buku petunjuk penggunaan. 

Umumnya, masing-masing tipe ban terdiri dari kombinasi kode yang menunjukan penggunaannya. Misalnya kode ban mobil P 215/55 R17 93V yang mana P berarti Passenger. Kode P pada ban ini dibuat untuk mengangkut orang atau penumpang. 

Lalu ada juga kode ‘R’ untuk ban berjenis radial, kode LT yang artinya Light Truck untuk membawa barang muatan, 'ST’ yang artinya Spesial Trailer, dan juga kode ‘T’ alias Temporary yang menunjukan ban cadangan.


3. Perhatikan Ukuran Ban

Ukuran ban juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat membeli ban mobil. Pemilik kendaraan dapat melihat ukuran melalui ukiran angka di samping ban berupa susunan kode ukuran ban mobil.

Misalnya pada kode P 215/55 R17 93V. Angka 215 menunjukan lebar telapak ban dalam satuan milimeter yang berpengaruh pada peningkatan performa dan kecepatan. Lalu angka 55 menunjukan ketebalan dibandingkan lebar telapak ban berupa rasio ban dalam persentase. Artinya, tebal ban adalah 55 persen dari 215 milimeter.

Jika tebal semakin besar, maka keseimbangannya pun lebih terjaga. Sementara huruf R adalah kriteria ban radial, lalu angka 17 menyatakan diameter pelek dalam satuan inci. Selanjutnya 93V adalah kapasitas maksimum beban dan batas kecepatan yang aman untuk dioperasikan. Angka 93 memiliki indek kemampuan daya pikul (load index) untuk tiap ban. Kemudian huruf V melambangkan kecepatan maksimal sebesar 240 km/jam.


4. Pastikan Tahun Pembuatannya

Tahun pembuatan juga menjadi hal penting dalam memilih ban mobil terbaik karena ban memiliki masa kadaluarsa. Jika kalian membeli ban bekas, maka jangan memilih ban yang masa kadaluarsanya sudah dekat. 

Hal ini lantaran ban terbuat dari karet yang kualitas dengan tahun produksi baru akan lebih baik, daripada ban yang diproduksi sudah lama meskipun belum digunakan.

Tahun pembuatan ini dapat dilihat dari empat digit nomor yang tertera di sisi luar dinding ban. Contohnya 3519 yang berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-35 tahun tersebut, lalu dua angka di belakang yaitu 19 adalah tahun pembuatan, yakni 2019.


5. Pilih Merek yang Berkualitas

Kiat memilih ban mobil berikutnya adalah pilih ban dari merek yang terpercaya. Sebab, merek ban mobil terpercaya umumnya sudah terjamin kualitasnya. Saat ini ada berbagai merek ban mobil berkualitas yang ada di pasaran mulai dari harga terjangkau sampai yang mahal. Beberapa merek yang bisa menjadi pilihan antara lain Achilles, Bridgestone, Michelin, dan Pirelli.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Deretan Gim Terbaru yang diungkap di Ajang The Game Awards 2022 

BERIKUTNYA

10 Hal yang Bikin Wanita Insecure, Tertinggi Bukan Berat Badan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: