Ilustrasi masa menstruasi (dok. Freepik)

Penting! Begini Cara Menjaga Kebersihan saat Menstruasi

31 May 2021   |   09:11 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Ladies, menjaga kebersihan saat menstruasi sangat penting lho, guna menghindari risiko infeksi hingga penyakit lainnya seperti kanker serviks.

Mengapa demikian? Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dr. Dwiana Ocviyanti mengatakan itu karena darah menstruasi bisa menjadi tempat perkembangbiakan bakteri.

Jadi, untuk menjaga kebersihan saat menstruasi mulailah dengan menggunakan pembalut yang bersih dan menggantinya sesering mungkin, idealnya 4- 5 jam sekali. 

Saat mengganti, pembalut yang sudah terpakai diwajibkan untuk dicuci menggunakan air mengalir dan sabun, dimasukkan ke dalam kantung plastik, kemudian dibuang ke tempat sampah. Demikian halnya dengan pembalut cuci ulang atau kain, cukup cuci hingga bersih menggunakan sabun dan dikeringkan.

Kebersihan dan kesegaran tubuh dengan mandi 2 kali sehari juga wajib ya Genladies. Serta, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. 

"Saat ganti pembalut biasanya dikuti dengan mencuci organ intim. Kalau tangan tidak dicuci, sangat mungkin kita terinfeksi bakteri dari tangan," jelas Dwiana. 

Sementara itu, Dwiana mengimbau ketika membersihkan organ intim, dilakukan dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Hal ini karena anus merupakan daerah yang paling kotor dan mengandung bakteri.

Dikhawatirkan jika dari belakang, kotoran dari anus bisa masuk ke vagina dan bakteri akan berkembang biak kemudian menyebabkan infeksi vagina hingga saluran kemih.

Soal membersihkan vagina menggunakan cairan pembersih yang dijual di pasaran, Dwiana menganjurkan agar memilih cairan yang mengandung pH 3,5-4,5. 

Organ intim juga bisa dibersihkan dengan air saja. Jangan menggunakan sabun badan karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik di vagina dan justru bisa menyebabkan infeksi karena pH yang tinggi. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Game Seru Bikin Tambah Betah Main PS5

BERIKUTNYA

Cuma Jualan Es Teh, Pengusaha Muda Ini Bisa Raup Omzet Puluhan Miliar Rupiah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: