Ilustrasi (dok. Pexels)

Bunda, Ini 5 Tips Menangani Anak yang Insecure

27 October 2021   |   07:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Mom’s, tidak sedikit anak yang mengalami insecure di tengah lingkungan bermain hingga sekolahnya loh. Sebagai orang tua, bunda perlu membangkitkan kembali kepercayaan diri anak jika mereka mengalami kondisi mental yang membuatnya tidak aman dan tidak nyaman tersebut.

Insecure adalah sebuah kondisi mental yang menyebabkan seseorang merasa tidak aman. Mereka yang mengalaminya akan merasa cemas dan takut secara berlebihan, sehingga cenderung melakukan sesuatu dengan berhati-hati. Terkadang seseorang yang mengalami insecure sering menaruh curiga pada orang lain maupun lingkungan di sekitarnya. 

Melansir Times of India, Rabu (27/10/2021), berikut ini 5 tips yang bisa bunda ikuti untuk menangani anak yang insecure.


1. Temukan penyebab ketidakamanan mereka, tawarkan bantuan.

Orang tua harus bisa berkomunikasi dengan anak dengan segala cara. Dengan begitu, kamu bisa tau sumber ketidakamanan mereka. Jika sudah tau hal apa saja yang membuat anak insecure, tawarkan bantuan dan temukan cara untuk membuat mereka merasa lebih percaya diri, merasa aman dan nyaman pada lingkungannya. 
 

2. Ajari mereka untuk mencintai diri sendiri.

Tidak peduli berapa banyak kesalahan yang dibuat anak, bimbing mereka melalui proses dan beri tahu apa yang dapat mereka pelajari dari setiap kesalahan itu.  Jangan biarkan mereka terbiasa mengasihani diri sendiri dan merasa bersalah. Ajari mereka cara mencintai diri sendiri dan jangan biarkan kritik, emosi, dan komentar orang lain mempengaruhi mereka.
 

3. Pastikan kamu berlaku baik kepada mereka.

Orang tua yang baik tidak pernah menggunakan kata-kata kasar untuk meluruskan perbuatan anak yang salah. Bersikap baiklah dan tunjukkan cinta tanpa syarat agar anak selalu aman dan nyaman terhadap dirimu. Namun tetaplah dorong mereka untuk menjadi lebih baik. Bersikap kritis dan mengomeli anak yang insecure justru membuat lebih banyak beban di pikiran mereka.
 

4. Awasi aktivitas media sosial mereka.

Platform media sosial dapat menjadi faktor yang berkontribusi besar terhadap kondisi insecure anak. Baik dalam bentuk komentar kritis, penilaian negatif, hingga bullying, anak bisa terpengaruh hal-hal ini.  Oleh karena itu, pastikan bunda tahu apa yang terjadi dalam kehidupan pribadi dan sosial mereka ya. Namun, jangan mengganggu ruang mereka dan membuat mereka merasa tidak nyaman.
 

5. Bangun ruang yang aman dan penuh kasih sayang di rumah.

Cara terbaik untuk membantu anak mengatasi sifat insecure mereka adalah dengan menciptakan ruang yang aman dan penuh kasih sayang di rumah.

Jangan membebani mereka dengan tantangan yang kamu hadapi sebagai orang tua, melainkan lindungi mereka dari semua energi negatif. Sambil membuat mereka sadar akan realitas dunia dan mempersiapkan mereka untuk kompetisi di masa depan, juga berbelas kasihlah terhadap mereka.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penyintas Covid-19 yang Tidak Vaksin Rentan Terinfeksi Lagi, Ini Studinya!

BERIKUTNYA

Ada Jin BTS, Ini Deretan Penyanyi untuk Soundtrack Orisinal Drama Jirisan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: