James Patterson penulis novel serial Alex Cross (sumber gambar: tangkapan Youtube)

Petualangan Terbaru Alex Cross di Triple Cross Masuk Daftar Buku Terlaris

08 December 2022   |   20:44 WIB

Bagi penggemar bacaan petualangan detektif yang menghadapi masalah rumit dan mencekam, serial novel Alex Cross bisa menjadi pilihan. Serial misteri karya James Patterson itu sering menempati daftar buku terlaris di New York Times, termasuk karya terbarunya berjudul Triple Cross.

Triple Cross yang telah berada di daftar buku terlaris di pekan ketiga penerbitannya tersebut, saat ini menempati peringkat ke sembilan dalam daftar best seller New York Times untuk bacaan fiksi baik cetak maupun dalam bentuk digital (ebook).

Novelis James Patterson awalnya bekerja di bidang periklanan dan menjadi eksekutif periklanan di J. Walter Thompson. Setelah pensiun dari periklanan pada tahun 1996, dia mengabdikan waktunya untuk menulis.

Dia menerbitkan novel pertamanya pada 1976 dengan judul The Thomas Berryman Number. Novel tersebut menampilkan karakter tokoh utamanya Alex Cross, yang awalnya merupakan psikolog forensik dari Washington DC dan kemudian  bekerja sebagai psikolog swasta dan konsultan pemerintah.

Baca juga: Rekomendasi 5 Novel Terbaik Desember 2022, dari Genre Detektif hingga Realisme Magis

Alex Cross menjadi serial detektif AS paling populer dan terlaris dalam sepuluh tahun terakhir. Patterson telah menulis lebih dari 200 novel sejak 1976 dan telah memiliki lebih dari 114 novel terlaris New York Times, dan memegang rekor The New York Times untuk buku terlaris peringkat pertama New York Times, yaitu sebanyak 67 judul novel, yang juga masuk dalam Rekor Dunia Guinness.

Adapun Alex Cross merupakan serial novel kriminal, misteri, dan thriller yang berfokus pada detektif Departemen Kepolisian Metropolitan dan seorang ayah dari dua anak bernama Damon dan Janelle. Alex Cross yang sering berhadapan  dengan ancaman terhadap keluarganya dan kota Washington, DC.
 
Triple Cross/Little, Brown
Tokoh utama ini selalu mencoba menyelesaikan kasus yang sangat sulit sambil berusaha mempertahankan hubungan dengan keluarganya dan sering berjuang menghadapi ancaman pembunuhan dari penjahat.

Alex kecil digambarkan seorang yatim piatu, setelah ayahnya seorang alkoholik, meninggal kala Alex berusia 9 tahun dan ibunya juga meninggal setahun kemudian. Dia akhirnya pindah ke Washington, DC, untuk tinggal bersama neneknya yang bernama Nana Mama.

Alex menikah dengan Maria dan memiliki dua anak Damon and Janelle. Maria kemudian terbunuh, dan Alex berikutnya bertemu dengan seorang wanita bernama Christine, yang sedang hamil, dan  melahirkan anak ketiga tambahan untuk keluarga Cross, bernama Ali. Cross juga memiliki sahabat sejak kecil bernama John Sampson.




Dalam petualangannya terbaru di novel Triple Cross yang merupakan novel ke-30 dalam serial Alex Cross, dia mengejar seorang pembunuh yang sulit ditangkap yang dijuluki sebagai 'The Family Man', seorang pembunuh yang menargetkan keluarga di sekitar Washington, DC.

Tokoh jahat ini diibaratkan mampu menyerang dalam kegelapan, tidak memicu alarm, dan tidak meninggalkan bukti. Namun, ada tokoh lain, seorang penulis yang sering mengulas tindak kejahatan, telah membuat pola dalam tindakan 'The Family Man' yang tidak diketahui orang lain.

Serial Alex Cross telah diterbitkan di seluruh dunia, dengan hak publikasi di Amerika Serikat dipegang oleh Little, Brown and Company untuk  edisi paperback, hardcover, dan buku audio.

Baca juga: Dibintangi Robert Pattinson, Film Mickey 17 karya Bong Joon-ho Tayang 2024

Buku pertama dalam serial ini, Along Came a Spider, dirilis pada tahun 1993 dengan banyak ulasan positif dari pembaca dan kritikus, dan kemudian menjadi serangkaian serial yang berjumlah lebih dari 20 novel.

Kesuksesan serial Alex Cross ini juga ditunjukkan dengan diadaptasinya sejumlah novel ini ke layar lebar, di antaranya, Kiss the Girls (1997), Along Came a Spider (2001), dan Alex Cross (2012).


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Dyson Zone, Headphone dan Penjernih Udara dalam Satu Perangkat Unik

BERIKUTNYA

Antarasa Hadirkan Menu Selera Nusantara, Ada Masakan Chef Juna dan Chef Renatta Loh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: