Pembukaan gerai Antarasa (sumber gambar : Antarasa)

Antarasa Hadirkan Menu Selera Nusantara, Ada Masakan Chef Juna dan Chef Renatta Loh

08 December 2022   |   19:10 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang penasaran ingin mencicipi nikmatnya menu masakan dari juri Masterchef, yaitun Chef Juna Rorimpandey dan Chef Renata Moeloek, bisa berkunjung ke Restoran Antarasa yang berlokasi di kawasan Puri Indah Mall, Jakarta.

Di restoran ini, kedua chef tersebut akan menghadirkan menu selera Nusantara yang terinspirasi dari serial dokumenter youtube Kisarasa yang menceritakan perjalanan kedua chef ini dalam mengulik sisi lain kekayaan kuliner Nusantara.

Chef Juna hadir dengan menu Short Ribs Konro atau Iga Bakar Konro khas Makassar. Makanan ini disajikan dengan bumbu kacang khas Makassar dilengkapi kuas sop konro serta taburan bawang goreng yang menambah aroma rasa.

Chef Juna mengatakan bahwa Iga Bakar Konro ini cukup istimewa karena dibuat dengan bahan rempah-rempah tradisional sehingga menjadikan hidangan tersebut menjadi salah satu warisan kuliner Nusantara yang tidak kalah dengan sajian tradisional dari daerah lainnya.

Sementara itu, Chef Renatta menyajikan menu special Tongseng Kambing yang merupakan salah satu masakan khas Klego, Boyolali, Jawa Tengah. Pada awal mulanya, hidangan berkuah lezat ini terinspirasi dari pedagang asal Timur Tengah pada abad ke-18. Sejak saat itu, banyak masyarakat Jawa Tengah yang menyukai olahan daging salah satunya diolah menjadi gulai. Nah, kuah gulai ini kemudian dimasak kembali dengan cara ditumis sehingga jadilah menu tongseng.

 

Chef Renatta/Twitter

Chef Renatta/Twitter



Chef Renatta mengatakan bahwa kata ‘seng’ dari tongseng diambil dari kata oseng-oseng atau yang biasa disebut dengan tumis sehingga proses utama dalam masakan ini adalah saat dioseng. Ketika proses oseng-oseng tersebut maka harus dimasak pada wajan yang benar-benar panas sehingga menghasilkan sensasi rasa yang nikmat.

“Bagi saya yang paling penting dari tongseng ini ada rasa charred nya yang dihasilkan dari wajan yang panas sehingga kol dan daging saat diongseng benar-benar harus sampai kecoklatan dan terasa caramelize dari kecap dan lainnya,” ucap dia.

Masakan dengan kuah santan yang disajikan oleh Chef Renatta ini memiliki cita rasa yang khas dan menggiurkan karena memadukan antara rasa gurih, manis, dan pedas dalam satu mangkuk.

Selain menu special yang dihadirkan oleh Chef Juna dan Chef Renata, Antarasa juga memiliki beragam menu lainnya yang sudah dikurasi seperti Udang Bakar Jimbaran, Cumi Bakar Sambal Mbe, Mie Kari Atjeh Udang, hingga Andaliman Mie Gomak.

“Kami juga membawa menu special dari UMKM binaan kami yaitu Bebek Betutu Ibu Ray yang merupakan menu khas Nusantara yang otentik dari Bali. Kini hadir di Antarasa,” ujar Chef Juna.

Chef Juna mengatakan, Antarasa tidak hanya menyajikan makanan khas Nusantara tetapi menu makanan selera Nusantara yaitu menu makanan sesuai selerasa masyarakat Indonesia dengan menyajikan hidangan yang menggunakan rempah terbaik Nusantara dengan sentuhan modern.

“Dengan demikian, menu yang ada di Antarasa ini bukan cuma kuliner khas Nusantara saja tetapi ada juga beberapa hidangan yang dipadukan dengan menu bercita rasa internasional untuk mewujudkan modern Indonesia food yang sesuai selera masyarakat Nusantara,” tuturnya.

Untuk diketahui bahwa Antarasa merupakan brand baru yang berada di bawah naungan Dailybox Group, startup F&B multiplatform. Sebelum hadir di Jakarta, Antarasa sudah lebih dulu membuka gerai pertamanya di Pontianak. Ke depan, Antarasa juga akan hadir di Sumatra.

“Kami akan mengantarkan rasa selera Nusantara ke Sumatra. Kota mana? Tunggu tanggal mainnya,” ucap Chef Juna.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Petualangan Terbaru Alex Cross di Triple Cross Masuk Daftar Buku Terlaris

BERIKUTNYA

Trinity Optima Production Berinvestasi Menciptakan Artis Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: