Cover Portrait Of An Unknown Woman dan Daniel Silva (sumber gambar: Amazon)

Novel Kisah Spionase Gabriel Allon Masuk Daftar Best Seller

28 July 2022   |   17:30 WIB

Novel serial tokoh mata-mata Gabriel Allon karya penulis terkenal Daniel Silva berjudul Portrait Of An Unknown Woman, menembus buku terlaris untuk cerita fiksi, baik cetak maupun digital berdasar versi New York Times saat peredaran pekan pertamanya dan menduduki posisi ketiga.

Gabriel Allon merupakan tokoh utama dalam serial thriller dan spionase Daniel Silva yang berfokus pada intelijen Israel. Karakter utama itu selalu menyebut atasannya sebagai 'Office', meskipun tidak disebutkan jelas bahwa itu maksudnya adalah badan intelijen Israel, Mossad, yang di internal disebut sebagai HaMisrad atau berarti kantor.

Serial spionase ini telah menjadi buku terlaris The New York Times sejak terbitan edisi pertamanya pada tahun 2001. Setidaknya 13 dari judul serial itu mampu berada di peringkat satu di daftar best seller The New York Times.
Novelnya tersebut di antaranya menceritakan soal terorisme, penjahat Rusia, dan peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan Perang Dunia II dan Holocaust.

Karir tokoh buku itu, Gabriel Allon dimulai pada 1972 ketika dia, Eli Lavon dan beberapa orang lainnya diambil dari kehidupan sipilnya oleh Ari Shamron untuk berpartisipasi dalam Operasi Wrath of God, sebuah tindakan balas dendam untuk memburu dan melenyapkan mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan atlet Israel di Munich.

Baca juga: Rekomendasi 5 Platform Buku Digital Buat Para Penggemar Baca

Adapun Daniel Silva adalah seorang jurnalis Amerika dan penulis novel thriller dan mata-mata kelahiran 1960. Pada 1994 dia mulai mengerjakan novel pertamanya, The Unlikely Spy yang menjadi debutnya di daftar buku terlaris The New York Times pada 26 Januari 1997 dan bertahan di daftar tersebut selama lima minggu. Pada 1997, Silva meninggalkan kantor tempat dia bekerja, CNN, untuk menjadi penulis penuh waktu.

Sejak itu Silva telah menulis 23 novel spionase, semuanya masuk dalam daftar buku bestseller The New York Times.

Dalam karya terbarunya, Portrait Of An Unknown Woman, menceritakan Gabriel Allon yang melakukan pencarian berisiko tinggi untuk pemalsu seni terbesar yang pernah ada. Di serial ini, Allon akhirnya memutuskan hubungan dengan intelijen Israel dan menetap dengan tenang di Venesia, satu-satunya tempat di mana dia pernah benar-benar mengenal perdamaian.

Tetapi ketika pedagang seni London yang eksentrik Julian Isherwood meminta Gabriel untuk menyelidiki keadaan seputar penemuan kembali dan penjualan lukisan yang berusia berabad-abad, dia kembali ditarik ke dalam permainan perburuan yang mematikan, di mana tidak ada yang terlihat seperti yang terlihat.

Adapun posisi pertama buku terlaris pekan ini masih diduduki oleh novel laris Where the Crawdads Sing karya Delia Owens. Novel ini sudah beredar di New York Times selama 170  minggu dan telah terjual lebih dari 15 juta kopi secara global.

Novel ini bercerita mengikuti dua garis waktu yang perlahan terjalin. Garis waktu pertama menggambarkan kehidupan dan petualangan seorang gadis muda bernama Kya saat dia tumbuh terisolasi di rawa-rawa Carolina Utara antara  1952 dan 1969. Garis waktu kedua mengikuti penyelidikan pembunuhan Chase Andrews, seorang selebritas lokal Barkley Cove, sebuah kota pesisir fiksi di Carolina Utara.

Posisi buku terlaris pekan ini masih diduduki It Ends With Us karya Colleen Hoover yang sudah beredar selama 58 pekan di dalam daftar tersebut. Buku ini menceritakan soal seorang istri yang kerap terluka dan dibesarkan di rumah yang penuh kekerasan, dan dia berusaha menghentikan siklus pelecehan tersebut.

Buku yang edisi Bahasa Indonesia juga sudah tersedia di Gramedia ini telah disiapkan sekuelnya yang akan berjudul It Starts with Us dijadwalkan terbit pada Oktober 2022.

Novel terlaris keempat adalah novel karya Colleen Hoover, berjudul Verity yang sudah memasuki pekan ke-33 di New York Times.

Baca juga: Where the Crawdads Sing Kembali Jadi Novel Terlaris

Buku khusus pembaca dewasa ini bercerita mengenai Lowen Ashleigh yang disewa oleh suami seorang penulis yang terluka untuk menyelesaikan serial populernya dan mengungkap kebenaran yang mengerikan.

Adapun buku terlaris kelima di daftar bestseller versi New York Times adalah Ugly Love karya Colleen Hoover dan telah memasuki minggu ke-28 sejak penerbitan perdananya. Buku ini berkisah mengenai Tate Collins dan Miles Archer, pilot maskapai penerbangan, yang berpikir mereka dapat menangani pengaturan tanpa ikatan. Tetapi pada kenyataannya mereka tidak bisa.

Sebagai catatan, buku yang masuk daftar buku terlaris ini mencerminkan penjualan untuk pekan yang berakhir pada 23 Juli dan muncul pada The New York Times Book Review edisi 7 Agustus 2022.

Peringkat ini mencerminkan penjualan unit yang dilaporkan secara tertutup oleh vendor yang menawarkan berbagai judul yang diterbitkan di Amerika Serikat. Setiap minggu, ribuan lokasi penjualan yang beragam melaporkan penjualan ratusan ribu judul buku secara aktual di Amerika Serikat.

Tempat penjualan buku cetak meliputi jaringan nasional, regional, dan lokal yang mewakili puluhan ribu etalase; ratusan pengecer buku independen; sejumlah pengecer hiburan online dan multimedia; supermarket, universitas, toko serba ada; dan kios koran.

Adapun peringkat e-book mencerminkan penjualan dari vendor online terkemuka dalam berbagai format e-reader yang populer.


Editor: Indyah Sutriningrum

 
SEBELUMNYA

Sukses Bikin Baper, Intip Makna Lagu Dunia Tipu-Tipu dari Yura Yunita

BERIKUTNYA

Tips Membangun Impresi Kuat pada Hari Pertama Kerja 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: