The Boys From Biloxi Karya John Grisham (sumber gambar .jgrisham.com diolah)

John Grisham Tembus Best Seller Lewat The Boys From Biloxi

27 October 2022   |   16:00 WIB

Para penggemar novel berkisah thriller bidang hukum merapat! Novelis yang banyak karyanya sukses dan diadopsi di layar lebar di antaranya The Firm, John Grisham kembali masuk ke daftar buku terlaris melalui karyanya terbaru The Boys From Biloxi, kisah dua sahabat sejak kecil tetapi kemudian berhadapan secara hukum.  .
 
Novel terbaru Grisham dengan 464 halaman tersebut mampu menembus best seller di The New York Times pekan ini dengan posisi kedua di bawah It Starts With Us karya Colleen Hoover yang menempati peringkat pertama sebagai buku terlaris.

The Boys From Biloxi mengisahkan kisah perkawanan Keith Rudy dan Hugh Malco yang berusia 12 tahun dan diibesarkan bersama di kota Teluk Biloxi, Mississippi. Kedua bintang bisbol di liga kecil di daerahnya itu memiliki mimpi yang sama, yaitu bermain di Liga Utama. Namun, mimpi tersebut tidak pernah terjadi, dan mereka akhirnya malah berhadapan di ruang sidang.

Ayah Hugh Malco merupakan bos kriminal di Biloxi, yang membuat Hugh kala remaja terbiasa dengan kehidupan malam. Di sisi lain, Keith Rudy menghabiskan hidupnya mengikuti jejak ayahnya dan pergi ke sekolah hukum.

Hugh, setelah belajar dari ayahnya, saat dewasa mendapat untung dari perjudian, prostitusi, dan penggunaan narkoba yang merajalela. Adapun Keith, di sisi lain, sangat ingin menyelesaikan apa yang dimulai ayahnya dengan membersihkan jalanan untuk selamanya. Hal ini membuat kedua sahabat kala kecil itu akhirnya berhadapan secara hukum.

Baca juga: Detektif John Corey Karya Nelson DeMille Kembali Jadi Best Seller Lewat The Maze

Memang novel ini seperti berkisah soal hitam dan putih. Namun Grisham dinilai mampu menyusun apa saja yang diperlukan untuk membingkai pengaturan kisah, konflik, dan pemerannya dengan sempurna, dan semuanya diarahkan menuju adegan di ruang sidang yang memukau. Pantas saja novel ini mendapat penilaian dari Real Book Spy Rating, yaitu 8,75/10.
 

John Grisham, yang bernama lengkap John Ray Grisham Jr. Ini merupakan seorang novelis Amerika, yang juga berprofesi sebagai pengacara dan mantan anggota distrik ke-7 Dewan Perwakilan Mississippi.

Menurut American Academy of Achievement, Grisham telah menulis 28 buku terlaris fiksi nomor satu berturut-turut, dan buku-bukunya telah terjual 300 juta kopi di seluruh dunia. Bersama dengan Tom Clancy dan J. K. Rowling, Grisham merupakan satu dari hanya tiga penulis yang telah menjual dua juta kopi pada cetakan pertama.

Baca juga: Novel Sekolah Sihir 'The Golden Enclaves: The Scholomance 3' Tembus Best Seller

Novel pertama Grisham, A Time to Kill, diterbitkan pada Juni 1989, empat tahun setelah ia mulai menulisnya. Sehari setelah Grisham menyelesaikan A Time to Kill, dia mulai mengerjakan novel keduanya, The Firm, yang menjadi buku terlaris pertama Grisham, yang terjual lebih dari 7 juta kopi. Novel ini juga berada di daftar Best Seller di The New York Times selama 47 minggu, dan menjadi novel terlaris ketujuh pada 1991.

The Firm juga diadaptasi menjadi film pada 1993 yang dibintangi oleh Tom Cruise, dan menjadi serial TV pada 2012 yang melanjutkan cerita 10 tahun setelah peristiwa yang terjadi di film dan novel.

Pada tahun 1992 dan 1993 Grisham memiliki buku terlaris kedua melalui The Pelican Brief dan The Client dan dari tahun 1994 hingga 2000 dia juga mampu mencatatkan novel terlaris nomor satu setiap tahun.

Tujuh dari novelnya yang lain juga telah diadaptasi menjadi film: The Chamber, The Client, A Painted House, The Pelican Brief, The Rainmaker, The Runaway Jury, dan Skipping Christmas''.

Grisham juga beberapa kali meraih penghargaan, di antaranya Golden Plate Award of the American Academy of Achievement pada 1993, Peggy V. Helmerich Distinguished Author Award pada 2005, Galaxy British Lifetime Achievement Award pada 2007, Library of Congress Creative Achievement Award for Fiction, pada 2009, The inaugural Harper Lee Prize for Legal Fiction for The Confession pada 2011, dan pada 2014 mendapat Harper Lee Prize for Legal Fiction for Sycamore Row.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Film Qodrat yang Mulai Tayang Hari Ini

BERIKUTNYA

Profesi Konten Kreator Makin Diminati, Ini Harapan Arief Muhammad

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: