Ilustrasi Buku (sumber gambar Unsplash/Thought Catalog)

Rekomendasi 5 Novel Terbaik Desember 2022, dari Genre Detektif hingga Realisme Magis

05 December 2022   |   19:36 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Jika Genhype sedang mencari novel untuk mengisi liburan di akhir tahun atau menemani di kala santai,di bulan Desember ini ada beberapa buku yang menarik untuk dibaca. Selain untuk mengisi waktu luang, dengan membaca tentunya bakal membuat hari-hari kalian jadi lebih bermanfaat.

Menikmati akhir tahun memang bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satu cara termudah tentunya adalah dengan membaca buku-buku di rumah. Tak hanya menambah wawasan, melalui kegiatan ini tentunya  juga bisa menghindari rasa bosan sekaligus merangsang kreativitas kalian.

Baca juga: 10 Novel Terlaris Sepanjang Masa, dari Don Quixote hingga The Da Vinci Code

Nah, untuk yang sedang mencari bahan bacaan novel, berikut adalah lima rekomendasi buku dengan berbagai genre termasuk cerita detektif, sejarah, realisme magis, dan fiksi ilmiah yang pantang untuk dilewatkan.
 

1. Laut Bercerita

 

Ilustrasi buku Laut Bercerita (sumber gambar: goodreads)

Ilustrasi buku Laut Bercerita (sumber gambar: Penerbit KPG)


Ditulis oleh Leila S. Chudori, novel ini berkisah tentang kisah persahabatan dan cinta yang diceritakan dari sudut pandang dua tokoh, yakni Biru Laut, dan Asmara Jati. Kedua karakter tesebt adalah kakak beradik yang melalui narasi mereka akan membawa pembaca memasuki sebelum reformasi 1998.

Dalam buku setebal 400 halaman ini Genhype akan diajak menyelami sejarah Indonesia termasuk hilangnya para aktivis di era Orde Baru, serta pencarian mereka yang hingga saat  ini belum ditemukan secara jelas di mana rimbanya. 
 

2. Brianna dan Bottomwise

 

Ilustrasi novel Brianna and Bottomwise (sumber  gambar Bentang Pustaka)

Ilustrasi novel Brianna and Bottomwise. (Sumber gambar: Bentang Pustaka)

 Novel ke-14 karya Andrea Hirata ini mengisahkan tentang petualangan detektif cerdik bernama Bottomwise yang terlibat dalam arus pencarian gitar legendaris milik John Musiciante setelah dicuri kriminal amatir. Kendati begitu gitar tersebut ternyata nyasar ke sebuah grup orkes melayu pimpinan Sadman si musisi telinga kuali.

Mengangkat tema detektif, seni, dan pencurian, lewat buku setebal 380 halaman ini kalian akan disuguhi cara bertutur penulis asal Belitung itu  dengan kisah-kisah jenaka yang menyegarkan. Lewat karakter humoris di dalamnya Genhype juga akan dipancing dengan cerita konyol yang pastinya mengundang gelak tawa.
 

3. Murder In The Crooked House

 

Iustrasi Buku  Murder in the Crooked House (sumber gambar:Goodreads)

Iustrasi Buku Murder in the Crooked House (sumber gambar: Steerforth Press)

Para penikmat cerita misteri dan detektif juga bisa membaca buku karya Shoji Shimada yang telah dikenal lewat novelnya The Tokyo Zodiac Murders. Dalam karya teranyarnya kali ini Shoji akan menghadirkan misteri pembunuhan berantai di sebuah ruangan tertutup dengan bangunan unik.

Dalam buku ini pembaca akan dibawa mengikuti kisah Kiyoshi dan Kazumi, seorang astrolog dan detektif eksentrik dalam membongkar kasus pembunuhan yang terjadi si sebuah rumah miring. Dengan detail ilustrasi yang baik, para pembaca juga dapat  dengan mudah membayangkan bagaimana cerita akan berkembang.


4. The Midnight Library

 

Ilustrasi Buku The Midnight Library (sumber gambar: Goodreads)

Ilustrasi Buku The Midnight Library (sumber gambar: Canongate Books)

Mengangkat isu kesehatan mental dengan balutan fiksi ilmiah, novel karya Matt Haig ini mengisahkan tentang sosok Nora yang mencoba mengakhiri hidupnya tapi malah berakhir di perpustakaan antara hidup dan mati yang berisi kisah hidupnya jika dia mampu membuat keputusan yang berbeda.

Buku setebal 368 halaman ini juga mengangkat tema persahabatan, kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam hidup manusia, serta tentang pentingnya menjalani hidup di masa sekarang dengan memanfaatkanya sebaik mungkin. Sebab, hidup seseorang di dunia hanya sekali dan tidak bisa diulang.


5. Cantik Itu Luka 

 

Ilustrasi Buku Cantik Itu Luka (sumber gambar: Goodreads)

Ilustrasi Buku Cantik Itu Luka (sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama)

Novel karya Eka Kurniawan ini juga bisa menjadi pilihan wajib bagi yang ingin menikmati liburan akhir tahun dengan membaca buku di rumah. Mengambil genre sejarah, romansa, hingga realisme magis, para pembaca melalui buku ini akan disuguhi cerita ala-ala Gabriel Garcia Marques peraih nobel sastra 1982.

Dikemas dengan narasi sejarah kolonial, Genhype juga akan diajak menyelami kehidupan Dewi Ayu yang bangkit dari kematian setelah 21 tahun dikuburkan. Dari sinilah kemudian konflik berkelindan lewat tokoh-tokoh lain, termasuk Kamerad Kliwon, Shodanco, Maman Gendeng, hingga Rengganis si Cantik.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Intip Spesifikasi Infinix Note 12 2023 yang Segera Rilis di Indonesia

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Carstensz Pyramid, Gunung Tertinggi di Indonesia yang Saljunya Terus Meleleh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: