Tampilan WhatsApp Communities. (Sumber gambar: WhatsApp/Meta)

Begini Perbedaan Group dan Communities, Fitur Kelompok dalam WhatsApp yang Mirip

06 December 2022   |   22:30 WIB

Sejak peluncurannya pada November 2022, fitur WhatsApp Communities sering kali disamakan dengan Groups yang hadir sejak lama sebagai metode komunikasi di dalam kelompok. Namun, kedua fitur ini memiliki beberapa perbedaan dari segi cara kerja hingga sistem keanggotaannya.

Group sendiri merupakan fitur yang mengumpulkan beberapa pengguna ke dalam satu ruangan obrolan. Biasanya, fitur ini membantu keterhubungan antar pengguna dengan berbagai macam percakapan. Melansir video resmi WhatsApp di media sosialnya, Groups biasanya menggabungkan beberapa orang dalam satu percakapan.

Baca juga: Begini Cara Berbagi Lokasi Melalui WhatsApp yang Akurat, Mudah Lho!

Untuk kapasitasnya, Groups bisa memuat hingga 1.024 orang di dalam satu ruangan obrolan per Oktober 2022. Melansir 9t05Google, jumlah ini merupakan perkembangan terbaru setelah sebelumnya WhatsApp hanya membatasi kapasitas Group hingga 512 orang dan setelah melihat kapasitas aplikasi kompetitor hingga 200.000 orang.

Secara cara kerja, Groups biasanya bisa menentukan administrator grup yang bisa diubah atau disesuaikan serta bisa mengubah grup dari beberapa aspek pengaturan, baik pada deskripsi hingga ikon grup. Lalu, keanggotaan dari Groups biasanya akan sepenuhnya hilang saat pengguna mengeluarkan dirinya dari grup atau administrator mengeluarkan pengguna tersebut.
 
Berbeda dengan Groups, Communities merupakan fitur yang dibuat sebagai platform manajemen beberapa grup untuk digabung menjadi satu induk grup. Serupa dengan konsep kompleks rukun tetangga atau RT dan komunitas yang dibangun berdasarkan lingkungan kerja, fitur ini bisa mempermudah keterhubungan antar kelompok.

Fitur ini memiliki kelebihan pada pembagian pesan yang bisa dilakukan dalam skala besar, mengorganisir kelompok diskusi dalam skala yang lebih kecil, serta mendukung beberapa fitur yang lebih besar seperti sambungan telepon dengan kapasitas yang diperluas hingga pembagian dokumen.

Tidak hanya itu, Communities juga mendukung penyebaran informasi atau pengumuman yang lebih besar dibandingkan Groups. Hal ini disebabkan karena Communities dibuat sebagai pusat dari beberapa Groups dan kehadiran fitur Announcement Group yang mempermudah keterhubungan.

Untuk kapasitasnya, Communities saat ini bisa memuat hingga 5.000 pengguna. Ada juga perbedaan lainnya pada keterhubungan dalam kelompok, di mana seorang pengguna bisa meninggalkan Announcement Group tanpa meninggalkan grup Communities. Bahkan, fitur ini juga mempermudah tampilan pada jumlah keseluruhan anggota yang bergabung, meski fitur ini tetap mempermudah administrator dalam melihat orang-orang yang ada di dalamnya.

Secara keanggotaan, orang-orang yang sudah memiliki pengaturan privasi untuk bisa bergabung ke dalam Groups biasanya bisa masuk ke Communities dan berpotensi otomatis bergabung ke Announcement Group. Dari sisi anggota, mereka juga memiliki kelebihan untuk bisa memilih menonaktifkan notifikasi dari grup tersebut selayaknya saat bergabung ke Groups.

Meski memiliki perbedaan dari beberapa hal, baik Groups maupun Communities sama-sama memasukkan elemen pesan terenkripsi end-to-end di dalamnya. Hal inilah yang membuat tingkat keamanan dari kedua kelompok tersebut tetap aman sebagaimana keamanan pesan obrolan antar individu.

Baca juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Message Yourself, Lebih Mudah Kirim Pesan ke Diri Sendiri
 

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Kiprah Kirstie Alley, Bintang Sitkom Cheers yang Meninggal Akibat Kanker

BERIKUTNYA

Merefleksikan Semangat Pemikiran Sutan Takdir Alisjahbana dalam Memorial Lecture

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: