Ilustrasi pembagian lokasi melalui gawai. (Sumber gambar: Unsplash)

Begini Cara Berbagi Lokasi Melalui WhatsApp yang Akurat, Mudah Lho!

05 December 2022   |   17:17 WIB

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk membagikan lokasi, di mana salah satu cara yang paling cepat adalah melalui platform aplikasi chat seperti WhatsApp. Biasanya, opsi berbagi lokasi mudah ditemukan di halaman Attachment dengan mengeklik tombol Location.

Namun, salah satu tantangan yang sering dialami oleh pengguna WhatsApp dalam mengirimkan lokasi adalah akurasi yang kurang tepat. Hal ini disebabkan karena akurasi pada aplikasi atau fitur Lokasi pada bawaan ponsel yang kurang tepat dalam memetakan lokasi gawai dan/atau pemilik gawai sebenarnya.

Baca juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Message Yourself, Lebih Mudah Kirim Pesan ke Diri Sendiri

Untuk itu, yuk simak beberapa langkah untuk berbagi lokasi melalui WhatsApp yang akurat.
 

Fitur Live Location

Untuk berbagi lokasi secara langsung, Genhype bisa menggunakan pilihan Share Live Location jika ingin berbagi dalam durasi waktu tertentu. Opsi ini bisa dilakukan dalam ruang obrolan individu maupun grup serata bisa dihentikan kapan saja setelah opsi ini diaktifkan, sehingga lokasi ini tidak bisa dibagikan.
  1. Aktifkan perizinan WhatsApp di ponsel melalui menu Pengaturan, lalu ke halaman Aplikasi & Notifikasi, pilih opsi Advanced, pilih Perizinan Aplikasi, dan nyalakan pilihan Lokasi. Setelah menyala, buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka ruang obrolan individu atau grup.
  3. Tekan tombol Attach, pilih Lokasi, dan pilih Share Live Location
  4. Tentukan durasi pembagian lokasi. Nantinya, lokasi akan dihentikan dalam jangka waktu tertentu. Tambahkan komentar jika diperlukan.
  5. Setelah itu, tekan Send dan lokasi akan terbagi secara langsung.
  6. Jika ingin menghentikan kurang dari durasi yang diinginkan, buka ruang obrolan dan tekan Stop Sharing. Lokasi akan berhenti dibagikan saat tombol Stop selesai ditekan.
 

Fitur Current Location

Berbeda dengan Live Location, fitur Current Location biasanya dilakukan hanya dengan mengirimkan lokasi tempat gawai tersebut berada. Namun, fitur ini tidak melacak secara langsung lokasi dari gawai tersebut sehingga mempermudah pembagian lokasi kepada orang lain dan membuka lokasi di aplikasi lain, misalnya kendaraan online dan pelacakan peta.

Berikut langkah mengaktifkan Current Location:
  1. Aktifkan perizinan WhatsApp di ponsel melalui menu Pengaturan, lalu ke halaman Aplikasi & Notifikasi, pilih opsi Advanced, pilih Perizinan Aplikasi, dan nyalakan pilihan Lokasi. Setelah menyala, buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka ruang obrolan individu atau grup.
  3. Tekan tombol Attach dan pilih Lokasi. Halaman Send Location akan terbuka dengan menampilkan opsi lokasi yang akan dikirimkan, peta, dan pilihan titik yang akan diambil.
  4. Pilih lokasi yang tertera di bawah tombol atau cari lokasi melalui tanda kaca pembesar di pojok kanan atas.
  5. Jika lokasi tempat ponsel berada sudah sesuai dengan titik biru di dalam Location, klik Send Your Current Location.
  6. Apabila lokasi kurang sesuai, ketik nama lokasi tempat gawai berada. Klik lokasi yang sedang ditempati.
  7. Lokasi akan terkirim ke ruangan obrolan.

Menariknya, fitur Current Location bisa mengirimkan lokasi tempat Genhype tidak berada atau lokasi yang akan dituju. Nantinya, lokasi ini bisa dibuka melalui beberapa aplikasi pendukung, misalnya aplikasi kendaraan online, pelacakan trafik jalanan, dan aplikasi pencari lokasi atau peta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Refleksi Sosial Seniman Naufal Abshar dalam Pameran Flash, Pow, Bham!

BERIKUTNYA

Intip Spesifikasi Infinix Note 12 2023 yang Segera Rilis di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: