Lautaro Martinez saat merayakan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Sumber gambar: tangkapan layar laman IG Lautaro Martinez)

Cek Profil Lautaro Martinez Pemain Argentina yang Belum Mencetak Gol di Piala Dunia Qatar

05 December 2022   |   15:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan antara tim naisonal Argentina melawan Australia berhasil dimenangkan oleh tim Tango Argentina dengan skor 2–1. Di antara berbagai nama besar pemain tim nasional Argentina seperti Lionel Messi dan Angel Di Maria, terdapat juga nama Lautaro Martinez.

Lautaro Martinez selalu menjadi pilihan bagi Lionel Scaloni dalam ajang Piala Dunia 2022 Qatar, baik sebagai seorang starter maupun pengganti. Tercatat, sang pemain sudah melakoni empat laga di ajang empat tahunan ini.

Baca juga: 5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Saat melawan Australia di babak 16 besar, Martinez masuk menjadi pemain pengganti Julian Alvarez pada menit ke-71. Sang pemain juga masuk menjadi pemain pengganti Julian Alvarez saat melawan Polandia di partai terakhir babak kualifikasi grup.

Lautaro menjadi starter pada saat tim nasional Argentina bertemu dengan Meksiko dan Arab Saudi. Meskipun begitu, sang pemain hingga pertandingan melawan Australia belum satupun mencetak gol ke gawang lawan.

Kondisi ini berbeda dengan Julian Alvarez yang sudah mengantongi dua gol di ajang Piala Dunia 2022 sepanjang bermain untuk Argentina. Kedua gol Alvarez ini dicetak saat Argentina melawan Australia dan Polandia.

Performa pemilik nomor punggung 22 itu pun tidak lepas dari kritik tajam para penggemar Argentina. Meskipun begitu, sang pelatih tetap membelanya. Sang pemain bahkan memiliki andil besar dalam perjalanan Argentina mencapai babak kualifikasi Grup Piala Dunia 2022.

Pemain sepak bola kelahiran 1997 tersebut merupakan pemain klub Inter Milan, Italia. Martinez sudah memiliki lebih dari 30 laga tingkat internasional (caps) dengan 20 gol untuk tim nasional Argentina di usianya yang ke-24.

Pemain yang memiliki juluskan El Toro ini bahkan masuk dalam skuat awal Jorge Sampaoli untuk Piala Dunia 2018. Namun, sang pemain tidak menjadi pilihan saat sang manajer mengumumkan nama terakhir tim yang akan bertanding di Rusia karena kalah dengan Sergio Aguero, Paulo Dybala, dan Gonzalo Higuain.

Martinez juga tercatat mencetak sembilan gol dalam total 13 pertandingan di Copa America, dan membuat La Albiceleste menjadi juara untuk yang pertama kalinya dalam 28 tahun. Di Copa Amerika 2021, sang pemain bermain sebanyak enam kali dengan tiga gol.  

Di ajang kualifikasi Piala Dunia, sang pemain selalu menjadi pilihan Scaloni dalam menghadapi sejumlah lawan Argentina seperti Venezeula, Bolivia, Urugay, Peru, dan sebagainya. Dari 14 kali bermain di babak kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung pada 2020-2022, sang pemain berhasil menyarangkan tujuh gol dengan 3 umpan.

Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar merupakan ajang yang diikuti oleh sang pemain untuk yang pertama kalinya. Martinez menjadi salah satu dari sejumlah pemain debutan yang digadang-gadang menjadi penyerang luar biasa.

Sang pemain memulai karir sepak bola seniornya di klub asal Argentina, yakni Racing Club selama tiga tahun, dari 2015 sampai dengan 2018. Kemudian, dari Racing Club, sang pemain bergabung dengan Inter Milan sampai dengan saat ini.

Baca jugaCek Profil 5 Pemain Kunci Argentina yang Siap Tempur di Piala Dunia Qatar 2022

Bakat bermain bola Martinez berasal dari sang ayah, yakni Mario yang juga merupakan pemain sepak bola selama 21 tahun. Selain piawai mencetak gol, sang pemain juga disebut menjadi seorang penyerang yang memilliki kemampuan mumpuni dalam menggiring bola.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hypereport: Cerita Cosplayer Tampil Totalitas: Bukan Sekadar Kostum, Tapi Pendalaman Karakter

BERIKUTNYA

Daftar 7 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Semeru & Carstensz Pyramid

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: