Lionel Messi (Sumber gambar: Instagram.com/afaseleccion)

Persaingan Top Skor Piala Dunia 2022, Siapa Paling Berpeluang Bawa Sepatu Emas?

12 December 2022   |   13:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Persaingan dalam perebutan pencetak gol terbanyak atau top skor Piala Dunia 2022 makin ketat. Memasuki babak semifinal, persaingan antarpemain membawa pulang trofi Sepatu Emas makin mengerucut. Sebab, saat ini hanya pemain dari empat tim yang lolos ke babak semifinal.

Sejauh ini sudah ada empat tim yang memastikan lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022. Keempat tim tersebut adalah Prancis, Argentina, Kroasia, dan Maroko. Mereka akan bertarung satu sama lain untuk memastikan tiket ke final.

Baca juga: Daftar Top Assist Piala Dunia 2022 Qatar, Antoine Griezmann Masih Memimpin

Namun, selain perebutan tiket ke final Piala Dunia, perburuan gelar top skor juga jadi hal yang sangat menarik di pesta olahraga sepak bola terbesar di planet ini. Sebab, perebutan trofi Sepatu Emas juga sangat bergengsi bagi para pemain karena menandakan siapa pemain tersubur di ajang 4 tahunan ini.

Sampai saat ini, setidaknya hanya ada 5 pemain saja yang masih berpeluang menjadi top skor Piala Dunia 2022. Kelima kandidat tersebut ialah Kylian Mbappe (Prancis), Lionel Messi (Argentina), Olivier Giroud (Prancis), Andrej Kramaric (Kroasia), dan Youssef En-Nesyri (Maroko).


Persaingan Ketat Mbappe vs Messi

Kylian Mbappe dan Lionel Messi bersaing ketat memperebutkan trofi sepatu emas. Keduanya juga masih sama-sama berpeluang karena timnas negaranya masih berlaga di babak semifinal.

Mbappe kini unggul dengan perolehan lima golnya. Tak mau kalah, Messi kini menempel ketat dengan perolehan empat golnya. Di sisi lain, pemain Prancis lainnya, yakni Olivier Giroud, juga ikut membayangi keduanya dengan perolehan empat golnya.

Persaingan ketat ini bisa saja berlanjut hingga babak final, terutama jika kedua tim sama-sama memenangkan laga semifinal. Jika skenario ini terwujud, persaingan trofi Sepatu Emas akan memanas karena bakal berlanjut hingga di pertandingan penentu.

Namun, jika keduanya atau salah satunya kalah, persaingan trofi Sepatu Emas juga sebenarnya masih berlanjut. Bagi tim yang menang, para pemain masih bisa menambah pundi-pundi golnya di babak final. Namun, bagi yang kalah, pemainnya masih berpeluang menambah jumlah gol di pertandingan perebutan tempat ketiga.

Persaingan top skor memang didominasi oleh tiga pemain, yakni Mbappe, Giroud, dan Messi. Sayang, ketiga pemain tersebut juga masih dibayangi oleh Andrej Kramaric dari Kroasia dan Youssef En-Nesyri dari Maroko.

Dua nama ini termasuk masih potensial menjadi top skor kendati jarak perolehan golnya cukup jauh. Kramaric dan Youssef kini baru mengoleksi 2 gol. Namun, mengingat tim mereka lolos ke semifinal, peluang untuk menambah jumlah gol masih sangat terbuka.

Jika menginginkan trofi Sepatu Emas, Kramaric dan Youssef setidaknya harus mencetak 4 gol di pertandingan sisa. Dengan demikian, mereka akan memeroleh 6 gol. Jumlah tersebut akan mengungguli Mbappe yang kini meraih 5 gol dengan catatan pemain Prancis tersebut tak menambah jumlah golnya lagi.
 

Kriteria Peraih Sepatu Emas

Sepatu Emas akan diberikan kepada pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak di Qatar 2022. Namun, jika ada dua pemain yang memiliki jumlah gol yang sama, pemain dengan assist terbanyak yang akan mendapatkan trofi Sepatu Emas.

Jika dua pemain atau lebih memiliki jumlah gol dan assist yang sama, pemain yang memiliki waktu bermain lebih sedikit yang akan menang.
 

Berikut Daftar Pemenang Trofi Sepatu Emas Dalam 10 Edisi Terakhir

  1. Piala Dunia 2018: Harry Kane (6)
  2. Piala Dunia 2014: James Rodriguez (6)
  3. Piala Dunia 2010: Thomas Muller (5)
  4. Piala Dunia 2006: Miroslav Klose (5)
  5. Piala Dunia 2002: Ronaldo (8)
  6. Piala Dunia 1998: Davor Suker (6)
  7. Piala Dunia 1994: Oleg Salenko & Hristo Stoichkov (6)
  8. Piala Dunia 1990: Toto Schillaci (6)
  9. Piala Dunia 1986: Gary Lineker (6)
  10. Piala Dunia 1982: Paolo Rossi (6)

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Maroko & Fenomena Tim Penguasaan Bola Rendah di Piala Dunia 2022

BERIKUTNYA

5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Indonesia, Wajib Masuk Bucketlist Libur Akhir Tahun!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: