Kiper Brasil berusaha menghalau bola dari Korea Selatan (Sumber gambar: tangkapan layar laman FIFA)

Brasil Perpanjang Rekor Kemenangan atas Korea Selatan di Piala Dunia 2022

06 December 2022   |   07:47 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang mempertemukan antara tim nasional Korea Selatan melawan Brasil berakhir dengan kemenangan Brasil. Tim Samba berhasil menaklukan Taeguk Warrios dengan skor 4 -1, dan memperpanjang sejarah kemenangan Brasil saat kedua tim bertemu dalam berbagai ajang.

Tim nasional Korea Selatan dan Brasil bertemu bukan yang pertama kali. Tercatat, tim ini telah bertemu sebanyak delapan kali di berbagai ajang. Dari total pertemuan itu, Brasil mendominasi pertemuan dengan menang sebanyak tujuh kali. Sementara itu, Korea Selatan hanya mampu menang satu kali.

Baca jugaPemain Sepak Bola Korea Selatan Cho Gue-Sung Jadi Idola Baru

Pertemuan kedua tim didominasi oleh pertandingan persahabatan. Sementara pertemuan kompetitif terjadi di Piala Dunia.

Pertemuan pertama antara Korea Selatan terjadi pada laga persahabatan yang berlansung di Suwon, Korea Selatan, pada 1995 silam. Pada saat itu, Brasil menang melalui gol yang dibuat oleh Dunga atau Carlos Caetano Bledorn Verri.

Pertemuan selanjutnya terjadi pada 1997, dan masih berupa pertemuan persahabatan. Lagi, Brasil mencatatkan kemenangan dalam laga yang terselenggara di Seoul.

Berbeda dengan laga 1995, pada tahun ini, Korea mampu mencetak gol ke gawang Brasil. Pertandingan berakhir 2 – 1 untuk kemenangan tim Samba melalui Ronaldo dan Sonny Anderson.

Setelah melalui dua pertandingan persahabatan, dan selalu kalah. Korea Selatan berhasil mencatatkan kemenangan di laga persahabatan yang ketiga melawan Brasil pada 1999. Taeguk Warriors berhasil menumbangkan tim Samba dengan skor 1 – 0 melalui Kim Do Hoon.

Pertandingan persahabatan lainnya terjadi pada 2002, 2013, 2019, dan 2022. Di seluruh pertandingan persahabatan tersebut, Brasil selalu mencetak kemenangan. Di pertandingan persahabatan terakhir, Neymar Jr. dan kawan-kawan berhasil mencetak kemenangan besar, yakni 5 – 1.

Di pertandingan Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, Korea Selatan kembali takluk dari Brasil. Di pertandingan yang berlangsung di Stadion 974, Vinicius Junior menjadi pencetak gol pertama Brasil pada menit ke-7.

Brasil menambah gol kedua dalam lima menit melalui titik 12 pas yang dieksekusi oleh Neymar Jr. pada menit ke-13. Richarlison dan Lucas Paqueta kembali menambah pundi-pundi gol Brasil masing-masing pada menit ke-29 dan 36.

Korea Selatan berhasil mencetak gol balasan pada babak kedua. Paik Seung-ho mempu mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-76.

Statistik pertandingan antara Brasil melawan Korea Selatan mencatatkan bahwa tim Samba unggul penguasaan bola sebesar 54 persen. Dengan formasi 4-2-3-1, Brasil mampu melakukan 18 kali tembakan dan 9 kali tembakan mengarah ke gawang.

Sementara itu, Korea Selatan hanya memiliki penguasaan bola sebesar 46 persen. Negeri asal grup musik Blackpink itu bahkan hanya melakukan 8 tembakan dan 6 tembakan mengarah ke gawang.

Kemenangan Brasil melawan Korea Selatan di babak 16 besar membuat mereka melaju ke babak delapan besar, dan menghentikan jalan Korea Selatan di Piala Dunia 2022.

Baca jugaIkut Jadi Relawan Piala Dunia U-20 di Indonesia Yuk! Begini Caranya

Sejarah Pertemuan Kedua Tim di Semua Ajang
1995 : Brasil (1) Vs Korea Selatan (0)
1997 : Brasil (2) Vs Korea Selatan (1)
1999 : Brasil (0) Vs Korea Selatan (1)
2002 : Brasil (3) Vs Korea Selatan (2)
2013 : Brasil (2) Vs Korea Selatan (0)
2019 : Brasil (3) Vs Korea Selatan (0)
2022 : Brasil (5) Vs Korea Selatan (1)
2022 : Brasil (4) Vs Korea Selatan (1)

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Mbappe, Calon Kuat Penerima Sepatu Emas di Piala Dunia Qatar 2022

BERIKUTNYA

Fenomena Astronomi Langka pada Desember 2022, Ada Hujan Meteor dan Penampakan Mars

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: