Messi dan Mbappe dalam laga final Piala Dunia Qatar, Minggu, 19 Desember 2022. (Sumber gambar : FIFA)

3 Pemain Paling Bersinar di Piala Dunia Qatar 2022 Selain Messi

19 December 2022   |   16:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kiprah Lionel Messi dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar memang tidak diragukan lagi. Striker sekaligus kapten timnas Argentina itu berhasil mewujudkan mimpinya mendapatkan trofi dan mencetak banyak sejarah baru, termasuk sebagai pemain sepakbola yang dua kali memboyong piala Golden Ball di turnamen itu. 

Pada laga final yang penuh dramatis melawan Prancis di Stadion Lusail, Doha, Qatar, semalam, Messi mampu menyumbang dua gol. Dia membuka skor di babak pertama dan adu penalti yang menjadi ujung pertandingan yang cukup panjang.

Baca juga: Cek Rekor yang Diraih Lionel Messi di Ajang Piala Dunia

Total 7 gol yang berhasil dikumpulkan Messi dalam laga di Piala Dunia Qatar 2022. Dia menempati posisi kedua sebagai pencetak gol terbanyak, selisih 1 gol dari capaian yang diraih Kylian Mbappe dengan 8 gol.

Messi memang panen rekor, namun demikian, beberapa pemain pun mampu menunjukkan performa yang tidak kalah bagus dan patut diacungi jempol pada Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Berikut ini beberapa pemain yang bersinar di Piala Dunia Qatar 2022, selain Messi:


1. Kylian Mbappe, Prancis

 

Kylian Mbappe, striker Prancis. (Sumber gambar : FIFA)

Kylian Mbappe, striker Prancis. (Sumber gambar : FIFA)

Di usianya yang baru 23 tahun, striker timnas Prancis itu menjadi superstar sepakbola hebat yang potensial. Walaupun kecewa berat karena timnya dikalahkan Argentina dalam babak adu Pinalti, Mbappe mendapat penghargaan sebagai  pemain yang mencetak gol terbanyak dan membawa trofi Golden Boot di Piala Dunia Qatar. 

Mbappe bahkan mencetak hat-trick di final yang berlangsung di Stadion Lusail, semalam. Dia berhasil menyamakan kedudukan dengan skor 2-2, dan mencetak 1 gol dalam babak adu penalti. Usahanya memang kandas, tetapi stiker Paris Saint-Germain itu sudah mengungguli Pele sebagai pencetak gol terbanyak di usia muda dalam 11 pertandingan.


2. Luka Modric, Kroasia

 

Kapten timnas Kroasia, Luka (Sumber gambar : FIFA)

Kapten timnas Kroasia, Luka Modric (Sumber gambar : FIFA)

Di usia yang tidak lagi muda, kapten timnas Kroasia itu menjadi pembeda bagi timnya. Walaupun tidak mencetak gol, dia dengan cakap sangat membantu serangan atau menahan benteng pertahanan Kroasia dalam sejumlah laga di Piala Dunia Qatar.

Seperti pada babak perempat final melawan Brasil. Modric bersama trio lini tengah Kroasia lainnya, Mateo Kovacic dan Marcelo Brozovic menunjukkan penampilan penuh percaya diri dengan Josip Juranovi? yang luar biasa di bek kanan.

Modric pun mampu mencetak 1 gol dalam babak penalti yang akhirnya dimenangkan Kroasia dengan skor total 4-2. Dengan demikian, Kroasia mencapai babak semifinal Piala Dunia berturut-turut.

Modric memainkan perannya dalam kemenangan pertandingan perebutan tempat ketiga atas Maroko, mengatur lini tengah sebisa mungkin. Dia mampu memimpin negaranya tanpa cela di dalam dan di luar lapangan.


3. Hakim Ziyech, Maroko

 

Hakim Ziyech (kiri) bersama Achraf Hakimi (kanan) saat laga melawan Kroasia, Sabtu 17 Desember 2022. (Sumber gambar : FIFA)

Hakim Ziyech (kiri) bersama Achraf Hakimi (kanan) saat laga melawan Kroasia, Sabtu 17 Desember 2022. (Sumber gambar : FIFA)

Maroko menjadi tim Afrika dan dari negara muslim pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia. Mereka menundukkan Spanyol di babak 16 besar dan menaklukkan Portugal di babak perempat final, hingga akhirnya lolos menjadi juara keempat Piala Dunia Qatar 2022.

Sementara Yassine Bounou tangguh di gawang, Nayef Aguerd, Achraf Hakimi, dan Romain Saïss luar biasa di pertahanan, dan Sofyan Amrabat tegas di lini tengah, Hakim Ziyech berperan penting dalam menyerang.
Pemain sayap Chelsea itu memberikan kontribusi penting di dalam babak grup.

Ziyech membantu salah satu dari dua gol yang mereka butuhkan dalam kemenangan 2-0 atas Belgia. Dia juga mencetak gol dalam kemenangan 2-1 melawan Kanada yang membuat Singat Atlas finis di puncak grup.

Sebagai tim Arab pertama yang melaju sejauh ini di Piala Dunia, Maroko hampir menjadi tim tuan rumah di Qatar pada babak sistem gugur. Namun, Prancis terlalu kuat di semifinal. 

Baca juga: Kenalan dengan Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 Indonesia yang Tampak Gagah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenalan dengan Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 Indonesia yang Tampak Gagah

BERIKUTNYA

Dari Pita Suara hingga Kaki, Berikut Deretan Produk Asuransi Unik di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: