Timnas Jepang (Sumber gambar: Instagram.com/japanfootballassociation)

Catatan Pertemuan Jepang vs Kroasia, Siap Buat Laga 16 Besar Piala Dunia Semakin Panas

05 December 2022   |   13:58 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tim Samurai Biru akan bertemu skuad Kroasia di laga 16 besar Piala Dunia 2022. Mengambil tempat di Stadion Al Janoub, laga Jepang vs Kroasia akan dimulai hari ini, 5 Desember 2022 pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini menjadi laga yang sangat penting bagi kedua tim untuk mengamankan tiket ke perempat final. 

Timnas Jepang tampil cukup gahar di gelaran Piala Dunia 2022 ini. Mereka memperoleh dua kali kemenangan. Terburuk, mereka sempat menerima satu kekalahan saat melawan Kosta Rika dengan skor 0-1. Meski demikian, Hajime Moriyasu kembali membuktikan kemampuannya mengatur strategi apik yang melalui kebangkitan Jepang mengalahkan Portugal.

Sementara itu, coach Zlatko Dalic berhasil membawa Kroasia dalam klasemen atas Grup F Piala Dunia 2022 di bawah Maroko. Mereka belum pernah sekalipun memiliki rekor kalah di Piala Dunia kali ini. Namun, Kroasia sempat mencatat dua kali pertandingan dengan hasil seri. Sehingga satu kali kemenangan yang diperolehnya hanya mendapat 5 poin saja.

Baik Jepang dan kroasia akan bertemu di Piala Dunia untuk ketiga kalinya. Pada pertandingan yang lalu, mereka hanya bertemu hingga babak grup saja. Maka, pertandingan ini menjadi yang pertema bagi keduanya bertemu di fase 16 besar. Secara catatan pertemuan, Kroasia memang diunggulkan dengan satu kali kemenangan melawan Jepang di Piala Dunia 1998 dengan skor tipis 0-1.

Baca jugaSusul Belanda dan Argentina, Giliran Prancis dan Inggris Lolos ke 8 Besar Piala Dunia
 

Keduanya kembali bertemu di Piala Dunia 2006. Kala itu, gawang Kroasia dan Jepang terasa sepi. Mereka menjalani laga tanpa gol dengan skor 0-0 hingga akhir pertandingan. Dengan koleksi selisih gol yang tidak jauh, tentu duel antara Jepang vs Kroasia akan jadi hal menarik. Mereka akan kembali bersua setelah 16 tahun tidak dipertemukan di rumput yang sama.

Dilansir dari situs FIFA, tahun ini Jepang berhasil mencatat kesuksesannya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia untuk keempat kalinya. Sementara itu, Kroasia mencatat penampilan ketiganya di babak 16 besar Piala Dunia. Kedua tim akan membawa bintang sepak bola andalannya dari seluruh lini untuk mengamankan tiket perempat final. Berikut rangkuman catatan pertemuan serta prediksi line up pemain Jepang vs Kroasia menurut FIFA:
 
  • Jepang 0-1 Kroasia, 10 Juni 1998
  • Jepang 0-0 Kroasia, 18 Juni 2006

Jepang: Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi, Yuto Nagatomo; Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Takuma Asano

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Andrej Kramaric, Ivan Perisic, Marko Livaja

Baca juga5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Episode Terakhir Under the Queens’s Umbrella, Dari Tragis Hingga Manis

BERIKUTNYA

Begini 4 Trik Mendongkrak Penjualan saat Harbolnas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: