Pertandingan antara Korea Selatan dan Portugal dimenangkan oleh Korea Selatan (Sumber gambar: tangkapan layar laman FIFA)

Cek Rekam Jejak Jepang dan Korea Selatan di Babak 16 Besar Piala Dunia

05 December 2022   |   10:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dua tim Asia akan melakoni pertandingan babak 16 besar pada hari ini waktu setempat. Setelah tim nasional Australia kandas di tangan tim nasional Belanda dengan skor 1 -3 untuk kemenangan tim oranye, harapan dari Asia tersisa tinggal Jepang dan Korea Selatan.

Tim nasional Jepang akan bertanding melawan tim nasional Kroasia di Stadion Al Janoub pada pukul 18.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB. Sementara Korea Selatan akan bertemu Brasil pada pukul 23.00 waktu setempat atau 6 Desember 2022 pukul 02.00 WIB.

Fakta Jepang dan Korea Selatan di babak 16 besar
Dari statistik pertandingan selama babak kualifikasi grup, tim Samurai Biru memiliki catatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Kroasia. Nagatomo dan kawan-kawan bahkan berhasil menaklukan tim unggulan, yakni Spanyol dan Jerman di babak kualifikasi grup.

Sementara itu, Kroasia yang menduduki peringkat kedua grup juga mampu menghasilkan kinerja yang apik sepanjang babak kualifikasi Grup F yang diisi oleh Maroko, Belgia, dan Kanada. Kroasia tercatat hanya satu kali kebobolan dan mampu mencetak empat gol saat melawan Kanada. Saat melawan Belgia dan Maroko, Kroasia mencatatkan hasil imbang.

Pertemuan antara Jepang dan Kroasia menjadi pertemuan ketiga di sejarah ajang empat tahunan ini. Keduanya, pertama kali bertemu pada Piala Dunia 1998. Pada saat itu, Kroasia menang tipis dari Jepang dengan skor 1 – 0.

Pada saat itu, Davor Suker berhasil menjadi pahlawan bagi Kroasia dengan mencetak gol pada menit ke-77 di Stade de la Beaujoire, Prancis. Sementara itu, pertemuan kedua terjadi di Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Frankenstadion, Jerman. Di Piala Dunia ini, keduanya mencatatkan hasil imbang.

Pertemuan antara Jepang dan Kroasia pada dua pertandingan Piala Dunia terjadi di babak kualifikasi grup. Pada 1998, mereka bertemu di babak kualifikasi Grup H yang juga diisi oleh Argentina dan Jamaika. Kroasia tercatat lolos ke babak selanjutnya dengan poin 6. Sementara itu, tim Samurai Biru harus kandas di fase grup tanpa poin.

Pada 2006, Jepang dan Kroasia bertemu di babak kualifikasi Grup F yang juga diisi oleh Brasil dan Australia. Pada saat itu, kedua tim gagal lolos ke babak 16 besar karena Kroasia dan Jepang masing-masing menempati posisi 3 dan 4.

Di pertemuan ketiga, Kroasia akan diuntungkan karena tidak ada satu pun dari mereka yang mengalami cedera atau mendapatkan akumulasi kartu kuning. Kondisi ini berbeda jika dibandingkan dengan kondisi  Jepang yang tidak dapat memainkan bek Kou Itakura setelah menerima kartu kuning kedua saat melawan Spanyol.

Kroasia sejauh ini masih menjadi tim yang diunggulkan untuk menang melawan tim Samurai Biru di babak 16 besar dengan melihat sejarah pertemuan keduanya di ajang Piala Dunia. 

Sementara di partai lainnya, wakil asia lainnya, yakni Korea Selatan diyakini tidak akan mudah saat harus melawan Brasil. Di atas kertas, tim Samba dengan beragam pemain bintang seharusnya tidak akan kesulitan melawan Korea Selatan.

Brasil yang telah beberapa kali juara Piala Dunia tercatat mampu menang dua kali dengan satu kali kekalahan di babak kualifikasi grup. Brasil bahkan tercatat sebagai tim yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar sebelum melakoni pertandingan ketiga di kualifikasi grup.

Sementara Korea Selatan mencatatkan kemenangan satu kali, seri satu kali, dan kalah sebanyak satu kali. Korea Selatan secara dramatis unggul atas Portugal di pertandingan terakhir babak kualifikasi grup pada menit-menit terakhir babak kedua.

Brasil menjadi tim yang diunggulkan dalam partai ini juga lantaran tim Samba menempati posisi pertama peringkat FIFA dengan total poin 1841,3. Sementara itu, peringkat Korea Selatan adalah 28 dengan total poin 1530,3.

Meskipun Jepang dan Korea Selatan tidak menjadi tim unggulan, bukan berarti keduanya tidak bisa lolos ke babak delapan besar. Kedua tim sudah membuktikannya di babak kualifikasi grup, dan berhasil melaju ke babak 16 besar.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Bekerja Atas Panggilan Jiwa, Yuk Simak Sejarah Hari Volunteer Internasional Setiap 5 Desember

BERIKUTNYA

5 Fakta Unik Terayacht Pangeos, Kapal Pesiar Raksasa Milik Arab Saudi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: