Qatar disebut sebagai negara yang relatif konservatif. Namun, negara ini sangat ramah terhadap tamu (Sumber gambar ilusrasi: pexels/ Pixabay)

Cek Aturan 'Tidak Biasa' Seputar Piala Dunia 2022 Qatar

21 November 2022   |   17:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Piala Dunia 2022 di Qatar yang baru saja dimulai tadi malam, memiliki beragam perbedaan jika dibandingkan dengan piala dunia lainnya. Kali ini, ada sejumlah aturan ketat yang tidak biasa bagi para penggemar sepak bola dunia, terutama penggemar dari Eropa, Asia, maupun Amerika.

Dilansir dari laman qatar2022.qa, Qatar disebut sebagai negara yang relatif konservatif. Namun, negara ini sangat ramah terhadap tamu. Keramahan disebut sebagai landasan budaya lokal dan semua orang akan disambut di negara ini selama Piala Dunia 2022.

Baca juga: Kontroversi, FIFA & Qatar Larang Penjualan Minuman Keras di Dekat Stadion

Para pengunjung akan mengalami budaya dan tradisi Arab untuk pertama kalinya, termasuk saat menonton pertandingan.  Berikut sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian para pelancong yang hendak menonton perhelatan Piala Dunia 2022 yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber resmi.


1. Aturan Pakaian

Para pelancong pada umumnya dapat menggunakan pakaian yang mereka pilih. Namun, bahu dan lutut harus ditutup ketika mereka mengunjungi tempat-tempat umum. Di negara ini, pakaian renang hanya dapat dikenakan di pantai dan kolam renang hotel.

Jadi, jangan menggunakan pakaian terbuka ketika menonton pertandingan tim kesayangan atau menggunakan pakaian yang membuka bahu dan membuat lutut terlihat atau dalam istilah lain dilarang memperlihatkan aurat.


2. Minuman Beralkohol

Alkohol atau minuman keras bukan menjadi bagian dari budaya di Qatar. Para pelancong dapat menemukan minuman keras atau alkohol di restoran, bar, dan hotel yang memiliki izin. Pada perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar, negara ini menambah FIFA Fan Festival sebagai tempat yang dapat menjual alkohol atau minuman keras.

Di luar area yang telah ditentukan, para pelancong tidak boleh meminum minuman keras. Kondisi ini berarti bahwa stadion yang tidak termasuk dalam daftar tempat yang diperbolehkan ada alkohol, membuat para penggemar tidak diperbolehkan membawa minuman keras saat menyaksikan pertandingan Piala Dunia.


3. Bermesraan di Depan Umum

Qatar menyebutkan bahwa menampilkan kemesraan di depan umum bukan menjadi bagian dari budaya lokal. Jadi, bermesraan di depan umum tidak diperbolehkan oleh otoritas setempat, termasuk stadion yang merupakan tempat umum.  

Daripada bermesraan di depan umum, negara ini menyebutkan bahwa mencari teman baru, dan merayakan bersama kemeriahan Piala Dunia 2022 adalah sesuatu yang lebih baik dilakukan oleh para pelancong.
 

4. Membawa Bendera

Membawa bendera negara yang akan didukung merupakan salah satu kebiasaan ketika menonton perhelatan sepak bola, begitu juga dengan Piala Dunia 2022 di Qatar. Namun, aturan menyebutkan bahwa bendera, poster, dan banner yang lebih besar dari 2x1,5 meter tidak diperbolehkan di dalam stadion.

Bendera, banner, dan poster dengan ukuran kecil atau sesuai aturan yang boleh dibawa adalah yang dibuat dari bahan-bahan dengan kategori low-fire hazard.
 

5. Alat Musik

Penonton pertandingan juga tidak boleh membawa alat musik apa pun baik mekanis atau manual yang tidak dapat masuk ke dalam jendela pemindaian bagasi sinar x, yang memiliki ukuran 60 cm x 40 cm untuk pemeriksaan keamanan. 

Individu yang membawa instrumen yang diizinkan akan diberi tahu jika ada keluhan dari spektator lain karena penggunaan barang-barang ini.
 

6. Aturan Lain

Penonton hanya dapat membawa satu paket per jenis obat atau produk medis, hingga tujuh jenis yang berbeda, dalam bentuk apa pun (termasuk aerosol, tetes, jarum suntik, inhaler asma, atau produk terkait asma lainnya, dll)

Penonton tidak boleh membawa backpacks/rucksacks lebih besar dari 75 cm3 (kecuali tas sensorik yang digunakan oleh orang-orang dengan persyaratan sensorik), membawa korek api, makanan dan minuman atau cairan apa pun yang lebih besar dari 100 mililiter.

Baca juga: 3 Fakta Menarik La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Qatar yang Disebut Mirip Casper

Penonton juga tidak boleh membawa dudukan untuk peralatan foto atau video, termasuk tripod dan tongkat selfie. Penonton juga hanya dapat membawa satu bank daya (power bank) dengan berbagai ukuran atau perangkat baterai lainnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resmi Tamat Hari Ini, Cek 4 Fakta Menarik Serial The Walking Dead

BERIKUTNYA

4 Fakta Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 yang Diproduksi di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: