Ao Tanaka ketika berhasil membobol gawang Spanyol, dan membuat kedudukan menjadi 2-1 (Sumber: FIFA)

90 Menit Paling Dramatis di Piala Dunia 2022

02 December 2022   |   15:07 WIB

Pertandingan pamungkas grup E antara Jepang vs Spanyol dan Kosta Rika vs Jerman semalam boleh dibilang jadi dua partai paling dramatis sepanjang Piala Dunia 2022. Pasalnya, keempat tim masih memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan dua tempat di babak 16 besar.

Spanyol yang untuk sementara memimpin klasemen Grup E, hanya butuh hasil seri pada pertandingan semalam. Di posisi kedua ada Jepang, yang mengoleksi poin 3 sama dengan poin yang dikumpulkan Kosta Rika tetapi lebih unggul selisih gol. Tim terakhir ada Jerman yang hanya punya 1 poin dari 2 laga yang dimainkan.

Jerman yang tidak mau mengulang memori buruk Piala Dunia 2018 bermain dengan kekuatan penuh, sementara Kosta Rika ingin menunjukkan bahwa mereka layak untuk bisa tampil di babak 16 besar. Di pertandingan lain, Jepang datang dengan semangat dan motivasi tinggi untuk terus menghadirkan kejutan, sementara Spanyol yang hanya butuh hasil imbang menurunkan banyak pemain pelapis.

Laga semalam dimulai bersamaan pukul 02:00 WIB. Aura panas sudah sangat terasa sejak peluit pertama dibunyikan. Jerman langsung mengambil inisiatif menyerang dan menciptakan banyak peluang ke gawang Kosta Rika. Sama halnya dengan Spanyol, serangan bombardir terus dilancarkan ke daerah pertahanan Jepang.

Baca juga: Punya Poin Sama dengan Spanyol, Ini Alasan Jerman Gagal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Alhasil, di menit ke 10 dan 11 Jerman dan Spanyol berhasil mencetak gol pertama yang membuat klasemen Grup E menjadi Spanyol berada diposisi pertama dan Jerman kedua. Artinya Spanyol dan Jerman untuk sementara menempati dua tempat di babak 16 besar. Babak pertama murni jadi milik Spanyol dan Jerman.

Tetapi, berbeda cerita ketika pertandingan masuk babak kedua. Jepang yang datang ke Piala Dunia kali ini sebagai tim underdog langsung tancap gas dengan mencetak gol ke gawang Spanyol di menit ke-48 lewat Ritsu Doan. Skor berubah menjadi 1-1, dan membuat Jepang merangsek naik ke posisi dua klasemen sementara berada dibawah Spanyol.

Tidak puas hanya menjadi Runner up, Jepang kembali mencetak gol kedua, kali ini lewat Ao Tanaka di menit ke-51. Gol kedua Jepang sempat menjadi perdebatan antar kedua tim, akhirnya wasit memutuskan untuk mengecek VAR dan gol disahkan. Skor menjadi 2-1 untuk timnas Jepang. Gol kontroversial tersebut mengantarkan Jepang menduduki posisi 1 menggeser Spanyol.

Ternyata kejutan tidak hanya hadir dari pertandingan Jepang vs Spanyol, tetapi laga sebelah pun juga tidak kalah mengejutkannya. Gol penyeimbang kedudukan dicetak oleh Yeltsin Tejeda ke gawang Manuel Neuer di menit ke-58, skor menjadi 1-1. Kosta Rika naik ke posisi tiga klasemen sementara grup E menggeser Jerman.

Melihat ada peluang untuk mencuri tiket babak 16 besar, Kosta Rika menambah gol dan mengubah skor menjadi 2-1 di menit ke-70. Skor sementara itu seakan membangkitkan semangat juang timnas Kosta Rika, mereka berhasil menduduki posisi dua untuk sementara menggeser timnas Spanyol. Hingga menit ke-72, tiket lolos ke babak 16 besar jadi milik Jepang dan Kosta Rika.

Baca juga: Simak Fakta Menarik Pertandingan Jepang vs Spanyol, Samurai Biru Menang Tipis

Berada diposisi buncit, membuat Jerman mau tidak mau harus keluar menyerang. Setelah tertinggal 2-1 dari Kosta Rika, Jerman berhasil 3 kali menambah gol dan membuat skor menjadi 2-4 hingga menit ke-89. Ketertinggalan Kosta Rika tersebut membuat posisi dua klasemen diambil oleh Spanyol. Jerman yang berada diposisi tiga butuh lebih dari 5 gol lagi agar selisih gol melampaui raihan Spanyol.

Tapi apa mau dikata, hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan skor tidak berubah untuk kedua pertandingan. Jepang berhasil menghempaskan Spanyol 2-1 dan Jerman menghancurkan Kosta Rika 2-4. Kendati menang besar, Jerman gagal melaju ke babak 16 besar. Walaupun berada diposisi ketiga dengan poin yang sama dengan Spanyol, Namun, mereka kalah selisih gol +1 berbanding +6 dengan La Furia Roja.

Tiket babak 16 besar dari grup E jadi milik Jepang dan Spanyol. Timnas Jepang sudah ditunggu oleh Kroasia dan Spanyol bertemu Maroko di babak 16 besar. Mampukah timnas Jepang kembali memberikan kejutan di Piala Dunia 2022? Bagaimana prediksi Genhype?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Bumilangit Rilis First Look Tira, Superhero Wanita yang Diperankan oleh Chelsea Islan

BERIKUTNYA

Terinspirasi Pelukis Emiria Soenassa, Tulola Luncurkan Koleksi Artwear Anyar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: