Qatar terletak di antara Teluk Persia, dan Gurun Khor Al Udeid yang luas. Ilustrasi Qatar (sumber gambar Unsplash/ Florian Wehde)

5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

29 November 2022   |   11:03 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Negara Qatar tengah menjadi sorotan dunia dan perbincangan publik sejak menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Negara di Timur Tengah ini  menjadi tempat dihelatnya 64 pertandingan sepak bola yang diikuti timnas dari 32 negara peserta sejak 20 November sampai dengan 18 Desember 2022.

Terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab, negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam itu merupakan negara gurun yang berada di antara Teluk Persia, dan Gurun Khor Al Udeid yang luas. Tak ayal jika suhu di negara ini juga cukup panas dengan suhu rata-rata mencapai 30 derajat celcius.

Baca juga5 Destinasi Wisata Sejarah di Qatar, Ada Souq Waqif & Situs Arkeologi Murwab

Namun, selain fakta tersebut Qatar juga menyimpan fakta-fakta menarik lain yang jarang diketahui publik. Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut 5 fakta unik dari salah satu negara terkaya di dunia itu.


1. Negara Terdatar Kedua di Dunia

Qatar adalah negara dengan bentangan alam yang datar hampir di sebagian besar wilayahnya. Tak heran jika negara dengan Ibu Kota Doha itu hanya memiliki titik puncak tertinggi yang disebut bukit Tuwayyir al Hamir, dengan ketinggian sekitar 103 meter atau 338 kaki.

Adapun, untuk posisi pertama sebagai negara terdatar di dunia ditempati oleh Maladewa dengan titik tertinggi hanya enam kaki. Menjadi salah satu negara terdatar di dunia, tentu merupakan kabar baik bagi pengendara sepeda dan pelari.


2. Memiliki Bandar Udara Terbaik 

Bandar Udara Internasional Hamad atau Hamad International Airways (HIA) Qatar merupakan salah satu bandara internasional terbaik di dunia. Data tersebut berdasarkan penelitian Skytrax World Airport Awards pada 2021.

Tak hanya itu, dikutip dari laman Timeout Doha, bandara ini juga memiliki landasan pacu terpanjang di kawasan Asia Barat dengan ketinggian 15.912 kaki. Adapun dalam peringkat dunia landasan pacu tersebut menduduki posisi keenam sebagai landasan pacu terpanjang di dunia.


3. Salah Satu Negara Terkaya 

Qatar juga menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita mencapai US$61.276 atau setara Rp960 juta pada 2021. Tak heran jika mereka berani menggelontorkan dana hingga US$200 miliar untuk ajang turnamen Piala Dunia 2022.

Bukan hal yang mengejutkan memang kenapa Qatar masuk sebagai salah satu negara dengan ekonomi yang kuat. Pasalnya negara tersebut memang dikaruniai cadangan minyak bumi terbesar ketiga di dunia setelah Rusia, dan Iran, dengan total produksi sekitar 970.000 barel setiap harinya per Juni 2022.


4. Memiliki Jalur Sepeda Terpanjang 

Ibu Kota Doha juga memiliki jalur sepeda yang memegang Rekor Dunia Guinness sebagai jalur sepeda berkelanjutan terpanjang di dunia, dengan total mencapai 33 kilometer. Jalur sepeda yang dibuat oleh Ashghal, otoritas pekerjaan umum di Qatar itu diketahui selesai pada 2020.

Jalur yang disiapkan untuk Olimpiade itu memiliki 18 underpass untuk memastikan pergerakan tanpa gangguan para olahragawan sepeda. Lintasan tersebut juga memegang rekor beton aspal terpanjang yang mencapai 25,3 kilometer.


5. Negara Teraman di Dunia 

Salah satu alasan mengapa Qatar selalu dikunjungi wisatawan asing dan saat ini menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 karena negara ini merupakan salah satu negara paling aman di dunia. Menurut indeks kejahatan Numbeo tahun 2022, Qatar berada di posisi pertama negara paling aman di dunia dengan indeks kejahatan mencapai 86.22.

Baca jugaTeknologi Pendingin di Stadion Piala Dunia 2022 Qatar Sangat Canggih. Ini Cara Kerjanya

Menariknya, ini bukan kali pertama Qatar dinobatkan sebagai salah satu tujuan paling aman di dunia. Sebab secara bertrut-turut indeks tersebut selalu diraih sejak 2019 dengan performa indeks 88,00, lalu 2020 mencapai  88,10, dan 2021 tingkat keamanannya berada di angka 87,87.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Begini Strategi Brand Aggregator Bawa Brand Lokal Naik Kelas 

BERIKUTNYA

9 Member LOONA Tunda Kontrak dengan Agensi, Protes Pemecatan Chuu?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: