Ilustrasi (sumber gambar : Ninia Xpress)

Begini 4 Trik Mendongkrak Penjualan saat Harbolnas

05 December 2022   |   15:53 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Harbolnas atau hari belanja online nasional akan segera mencapai puncaknya pada Minggu 12 Desember 2022 mendatang. Agenda tahunan obral belanja daring ini sangat dinantikan oleh konsumen karena mereka bisa berburu berbagai barang-barang yang dinantikan dengan harga miring.

Sejumlah e-commerce dan para pelaku usaha pun telah menyiapkan berbagai strategi khusus untuk mendongkrak penjualan di tengah tingginya antusias konsumen untuk berbelanja.

Baca jugaMau Mulai Jualan Online? Ini 5 Tips untuk Pemula

SVP Seller Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro mengatakan animo pelanggan untuk festival belanja online akhir tahun masih sangat besar sehungga penting bagi para penjual mempersiapkan diri dengan baik.
 
Menurutnya, dengan mengangkat produk lokal melalui “Produk Lokal Meraja, Indonesia Jaya”, momen ini juga menjadi saat yang tepat bagi UMKM untuk mempromosikan produknya. Namun, adanya tipe pelanggan dengan segudang pertanyaan tanpa melakukan pembelian, terkadang cukup merepotkan penjual.

Untuk itu, ada beberapa trik bagi UMKM agar bisa mempengaruhi konsumen supaya barangnya di beli pada saat harbolnas 2022 seperti disampaikan oleh Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress


• Ubah kebiasaan menjawab dengan menggali kebutuhan pelanggan

Andi mengatakan jika kamu mendapat berbagai pertanyaan dari pelanggan seperti, produk apa ini?, Berapa harganya?, Berapa ongkos kirimnya?dan sebagainya, maka teknik pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah kebiasaan menjawab menjadi bertanya kembali.

Dengan teknik ini, toko online dapat mencari tahu kebutuhan pelanggan dan cara menyelesaikan permasalahan mereka. Misalnya, penjual dapat bertanya siapa yang menggunakan produk, pelanggan langsung atau untuk keluarga bahkan mungkin untuk hadiah.


• Tawarkan hadiah

Kamu juga bisa melakukan penjualan  dengan menawarkan freebies atau bonus di saat yang tepat. Banyak vendor online yang ingin melakukan secara cepat dengan menawarkan bonus sejak pelanggan menanyakan tentang produknya.

Padahal, jika pelanggan belum menunjukkan kecenderungan untuk membeli produk atau sedang mempertimbangkan untuk membeli, mereka akan menanyakan tentang detail produk. Menawarkan bonus saat ini dapat menghalangi pelanggan untuk melakukan pembelian.


• Lakukan diskusi jual beli

Calon pelanggan belum melakukan closingan bisa jadi karena masih tidak percaya diri untuk membeli, tidak percaya dengan produk yang hendak dibeli, tidak percaya dengan tokonya, atau bahkan tidak percaya dengan jasa kirim atau transportasinya. Jika kamu mampu meyakinkan pelanggan, maka closingan akan terjadi.

Baca juga: Simak 5 Tips untuk Jualan Online yang Berkelanjutan

Cara terbaik untuk membangun kepercayaan untuk melakukan closingan adalah memberikan pendapat berdasarkan pengalaman pribadi kepada pelanggan.


• Gunakan visual yang menarik

Pasang visual homepage yang menarik agar calon pelanggan langsung tertarik melihat produk di toko online kamu. Kamu juga dapat menggunakan gambar highlight produk untuk menegaskan kembali kepada pelanggan atau gambar testimoni pelanggan yang sudah membeli.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Catatan Pertemuan Jepang vs Kroasia, Siap Buat Laga 16 Besar Piala Dunia Semakin Panas

BERIKUTNYA

Hypereport: Cerita Cosplayer Tampil Totalitas: Bukan Sekadar Kostum, Tapi Pendalaman Karakter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: