Carlos Henrique Casemiro, Pemain Brasil (Sumber gambar: Instagram.com/cbf_futebol)

Kemenangan Hampa Kamerun, Brasil Tetap Melaju ke 16 Besar Meski Kalah 1-0

03 December 2022   |   09:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan fase grup Piala Dunia 2022 diakhiri oleh laga panas dari Kamerun vs Brasil pagi dini hari, Sabtu (3/12/2022), Skuad Kamerun mengamuk di lapangan Stadion Lusail, Qatar setelah belum mendapatkan kemenangan sekalipun di Piala Dunia kali ini. Kamerun tampil mengecewakan saat membuka laga grup G melawan Swiss dengan skor akhir 1-0.

Kemudian di pertandingan kedua, Kamerun harus ditahan imbang dengan skor 3-3 saat adu strategi dengan Serbia. Laga melawan Brasil pun jadi laga pecah telur bagi Kamerun. Mereka berhasil membuat malu skuad yang tengah bertengger di peringkat pertama FIFA tersebut dengan kemenangan tipis.

Dilansir dari situs FIFA, pertandingan Kamerun vs Brasil kali ini cukup diwarnai banyak kartu kuning oleh wasit Ismail Elfath. Di menit ke-6, sang wasit sudah memberi kartu kuning untuk Nouhou Tolo dari Kamerun. Pada menit ke-7, giliran bek Brasil Eder Militao yang diberi hadiah kartu kuning.

Bahkan hingga menit-menit babak pertama berakhir, pertandingan hanya diisi oleh pemberian kartu kuning dari wasit, termasuk juga pada dua pemain Kamerun lainnya yakni Pierre Kunde dan Collins Fai.

Baca juga: Daftar Lengkap Juara Piala Dunia dalam Sejarah, Brasil Paling Banyak Angkat Trofi

Melihat pertandingan yang tidak cukup berarti di babak pertama, coach Tite memilih menggantikan 3 pemain sekaligus di lapangan. Marquinhos, Everton Ribeiro, dan Bruno Guinmaraes masuk menggantikan Telles, Rodrygo, dan Fred. Lini Brasil juga sempat mengeluarkan Gabriel Jesus dan Anthony yang digantikan oleh Pedro dan Raphinha di akhir laga.

Sementara skuad Kamerun hanya mengganti 3 pemainnya saat melawan Brasil. Pergantian pemain itu pun dilakukan dalam waktu yang berbeda. Karl Toko menggantikan Bryan Mbeumo, Oliver Ntcham menggantikan Pierre Kunde, serta Jerome Ngom berganti peran dengan Nicolas Ngamaleu. Menjelang akhir pertandingan, masing-masing pemain dari Kamerun dan Brasil kembali dihadiahi kartu kuning oleh wasit. Vincent Aboubakar dan Bruno Guimaraes harus rela menerima peringatan tersebut.
 

Hingga waktu reguler habis, kedua tim masih sama-sama tak melesatkan gol ke gawang lawan. Hingga akhirnya adegan krusial pun terjadi. Penyerang Kamerun, Vincet Aboubakar berhasil membuat Brasil terkejut di menit ke-92. Dia sukses membuat gawang Brasil kebobolan di menit akhir. Sebuah gol unjuk gigi dari Aboubakar meski dia harus dihadiahi kartu kuning terakhir yang berujung kartu merah di menit akhir pertandingan.

Secara statistik, tembakan yang dilesatkan oleh Kamerun cukup jauh dari Brasil. Brasil menembak sebanyak 21 kali sementara Kamerun hanya 7 kali. Bahkan untuk tembakan gawang, Kamerun hanya melesatkan tembakan 3 kali saja, sementara Brasil mengoleksi 7 tembakan. Melihat penguasaan bola, Brasil jauh lebih unggul sebanyak 65 persen, sedangkan Kamerun hanya menguasi bola dengan catatan 35 persen.

Namun kemenangan Kamerun dari Brasil tak mampu membuat mereka lolos ke babak 16 besar. Meski demikian, misi Kamerun membuat Brasil malu di laga ini agaknya berhasil. Selecao harus menerima kekalahan pertama yang memalukan di Piala Dunia 2022 sebelum lolos ke 16 besar.

Dengan demikian, skuad Brasil dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia dengan raihan 6 poin. Menyusul di bawah Brasil, ada timnas Swiss yang mendapat raihan poin yang sama dari klasemen akhir grup G Piala Dunia 2022.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Hwang Heechan Bikin Gol Mengejutkan, Portugal dan Korea Selatan Tetap Melaju ke 16 Besar

BERIKUTNYA

Preview Belanda vs Amerika Serikat: Rekor Pertemuan, Head to Head, dan Starting Line Up

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: