Timnas Belanda (Sumber gambar: Instagram.com/onsoranje)

Preview Belanda vs Amerika Serikat: Rekor Pertemuan, Head to Head, dan Starting Line Up

03 December 2022   |   08:45 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan Belanda vs Amerika Serikat akan membuka laga 16 besar Piala Dunia 2022. Keduanya bersaing setelah memuncaki klasemen grup dari laga yang sudah tersaji sejak minggu lalu. Belanda sebagai pemuncak klasemen Grup A akan berhadapan dengan skuad Amerika Serikat dari grup B.

Duel Belanda vs Amerika Serikat akan berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Qatar pada 3 Desember 2022 Pukul 22.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat menyusul jejak Inggris masuk ke 16 besar Piala Dunia 2022 dengan raihan 5 poin. Sementara Belanda memang menduduki posisi teratas klasemen setelah menjalani laga tak terkalahkan sepanjang Piala Dunia tahun ini. Laga pembuka 16 besar ini siap menyajikan pertandingan menarik. Pasalnya, kedua tim bukan baru pertama kali saling bertemu.

Baca juga: Jadwal Pertandingan 16 Besar Piala Dunia 2022, Dibuka dengan Laga Belanda vs Amerika Serikat

Meski pertemuan yang dilakukan kedua tim cenderung dalam agenda laga persahabatan, setidaknya baik Belanda dan Amerika Serikat sudah sama-sama memahami pola permainan masing-masing timnya. Mereka sudah pernah bertemu 5 kali dalam 20 tahun terakhir.

Memulai pertemuan di Miami pada 21 Februari 1998, Belanda cukup diunggulkan dengan kemenangan 0-2 di laga tersebut. Gol dicetak oleh Ronald de Boer dan Clarence Seedorf dari skuad Oranje.
 

Skuad Amerika Serikat baru tercatat mencetak gol perdananya pada laga 3 Maret 2010, meski kala itu kemenangan masih dipegang oleh Belanda. Kemenangan pertama bagi Amerika Serikat baru terjadi di laga persahabatan 7 tahun lalu.

Saat itu, Amerika Serikat sempat pesta gol dengan skor 3-4. Skor itu diraih Amerika Serikat setelah tertinggal 3-1 dalam waktu 20 menit yang terisa. Gol terakhir dilesatkan oleh Bobby Wood di menit ke-90 ke gawang belanda.

Secara statistik, Belanda memang di atas angin dengan 4 kali kemenangan melawan Amerika Serikat. Amerika Serikat juga hanya mengoleksi setengah total gol yang dilesatkan oleh Belanda yakni 5 gol saja. Dilansir dari situs FIFA, berikut catatan pertemuan dan prediksi starting line up Belanda vs Amerika Serikat:
  • 21 Februari 1998: Amerika Serikat 0-2 Belanda (Pertandingan Persahabatan)
  • 19 Mei 2002: Amerika Serikat 0-2 Belanda (Pertandingan Persahabatan)
  • 18 Februari 2004: Belanda 1-0 Amerika Serikat (Pertandingan Persahabatan)
  • 3 Maret 2010: Belanda 2-1 Amerika Serikat (Pertandingan Persahabatan)
  • 5 Juni 2015: Belanda 3-4 Amerika Serikat (Pertandingan Persahabatan)


Belanda: Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen; Memphis Depay, Cody Gakpo.

Amerika Serikat: Matt Turner; Sergino Dest, Cameron Carter-Vickers, Tim Ream, Antonee Robinson; Tyler Adams, Yunus Musah, Weston McKennie; Christian Pulisic, Josh Sargent, Timothy Weah.

 

SEBELUMNYA

Kemenangan Hampa Kamerun, Brasil Tetap Melaju ke 16 Besar Meski Kalah 1-0

BERIKUTNYA

5 Fakta Serial Netflix Wednesday, Karakter Penuh Misteri dari The Addams Family

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: