Salah satu koleksi artwear Emiria: Wanita dan Alam (Sumber gambar: Tulola Jewelry)

Terinspirasi Pelukis Emiria Soenassa, Tulola Luncurkan Koleksi Artwear Anyar

02 December 2022   |   15:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Merek perhiasan lokal Tulola Jewelry meluncurkan koleksi artwear terbaru bertajuk Emiria: Wanita dan Alam. Seperti namanya, koleksi perhiasan ini terinspirasi dari karya lukisan dan spirit hidup perupa perempuan pertama Indonesia, Emiria Soenassa. 

Koleksi ini menampilkan 48 item artwear berupa anting-anting, subeng, studs, cuff, double ring, choker, necklace, sirkam, brooch, dan large earcuff. Adapun, aktris Raihaanun didapuk menjadi muse dalam koleksi ini.

Founder & Creative Director Tulola, Sri Luce Rusna, mengatakan warna biru pada salah satu lukisan Emiria yang menghadirkan dua sosok perempuan di dalam air menjadi inspirasi utama dalam koleksi ini. Bagi Sri, karya itu memberikan kesan yang mendalam.

Baca jugaTulola Jewelry & Seniman Ukir Bali Berkolaborasi Hadirkan Koleksi Baru

"Goresan warna-warna vibrant yang berani juga bebas, serta beragam flora dan rupa alam dalam lukisannya mengilhami saya mendesain motif exaggerated florals dalam artwear kali ini," katanya dalam acara peluncuran koleksi Tulola di Jakarta, Jumat (2/12/2022).
 

Menurut Sri, motif-motif tersebut mencerminkan daya dan ketahanan pada sosok perempuan. Ditambah dengan pilihan batu mulia dari Tulola seperti sky blue topaz, blue lace agate, white crystal, rose quartz, dan amethyst yang merespon warna-warna lukisan Emira.

"Selain itu, tema lukisan bawah laut juga mengilhami penambahan baroq, mabe gold, dan pearl pada koleksi artwear ini," imbuhnya.

Seluruh koleksi dari Emiria: Wanita dan Alam dikerjakan dengan tangan (handmade) menggunakan bahan 92,5% perak murni dengan pelapisan emas 18 karat. Proses ini membutuhkan waktu satu minggu untuk setiap itemnya, dengan teknik gergajian, tatahan, dibentuk, dan dirangkai dengan patri.

Founder & Creative Conceptor Tulola, Happy Salma, mengatakan sosok dan karya-karya seni Emiria Soenassa begitu menginspirasi dia dan tim untuk membuat ide dan narasi baru yang menjadi latar belakang koleksi terbaru Tulola. 

Menurutnya, Emiria adalah sosok pelukis perempuan yang memberikan perspektif berbeda tentang perempuan. Dalam karya-karya Emiria, lanjut Happy, dia menempatkan perempuan dan alam sebagai subjek, bukan sebagai objek.

Kemolekan tubuh perempuan kerap hadir dalam karya-karya Emiria sebagai sesuatu yang unik dan menggambarkan keberadaan perempuan yang senyatanya, dengan banyak lapisan emosi baik dari sorot matanya maupun posisi tubuhnya.

"Emiria menularkan energi yang luar biasa untuk kami bagaimana di zaman itu, dia berpikir sangat maju. Bagi kami, Emiria adalah sosok penting sebagai inspirasi di dalam karya artwear ini," ujarnya.

Co-Founder & CEO Tulola, Franka Franklin Makarim, mengatakan pada setiap koleksi perhiasan Tulola, selalu tersimpan ide dan narasi kuat yang diharapkan bisa menjadi energi tersendiri bagi pemakainya.

"Ada sesuatu yang kami komunikasikan kepada konsumen. Kami punya konsep dan energi yang kuat sehingga bukan hanya menyuguhkan produk [perhiasan]," tuturnya.

Dia menambahkan ide dan kerja kolaborasi solid yang selalu tercurah dalam menggarap setiap koleksi menjadi basis yang penting bagi perkembangan Tulola pada masa mendatang.

Baca jugaKemenparekraf Gandeng The Palace Jeweler Gaungkan the Wonderful Indonesia Jeweller

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

90 Menit Paling Dramatis di Piala Dunia 2022

BERIKUTNYA

Pengamat Sebut Minat Terhadap Asuransi Perjalanan Masih Rendah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: