Jerry Lawson tampil sebagai Google Doodle (Sumber gambar: tangkapan layar Google)

5 Fakta Tentang Jerry Lawson yang Tampil di Google Doodle Hari Ini

02 December 2022   |   10:49 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sejak kemarin, halaman pencarian Google menampilkan animasi seseorang yang sedang bermain gim konsol. Rupanya, animasi itu ditampilkan Google sebagai perayaan bagi Gerald Jerry Lawson yang berulang tahun ke-82 tepat pada 1 Desember 2022. Dia merupakan figur penting dalam perkembangan industri gim global. 

Dilansir dari blog resmi Google, Jerry Lawson dianggap sebagai ayah dalam industri im modern. Dia merupakan sosok yang menciptakan sistem gim video pertama dengan catridge game yang bisa ditukar. Dengan teknologinya, dia mampu membuka cara bermain gim yang baru dan semakin modern. Yuk cek fakta unik mengenai Jerry Lawson! 

Baca jugaProfil Jerry Lawson, Pelopor Video Game yang Jadi Google Doodle Hari Ini 
 

(Sumber gambar: Google Arts and Culture)

(Sumber gambar: Google Arts and Culture)

 

1. Pecinta Elektronik Sejak Kecil

Jerry Lawson dilahirkan di Brooklyn, New York pada 1 Desember 1940. Sejak masih berusia belia, dia terlihat sangat senang menyentuh dan mengutak-atik barang-barang elektronik. Bahkan di usia remaja, dia dikenal mampu memperbaiki televisi di lingkungan tetangga sekitar rumahnya. Ketertarikannya semakin tinggi hingga Jerry menciptakan stasiun radionya sendiri menggunakan bahan-bahan daur ulang. 
 

2. Memulai Karier sebagai Konsultan Teknik

Seiring beranjak dewasa, Jerry Lawson menempuh pendidikan tinggi di Queens College and City College of New York. Menyelesaikan studinya dengan baik, Jerry pergi ke wilayah Palo Alto, California untuk bergabung dengan Fairchild Semiconductor. Di sana, dia memulai karier sebagai konsultan teknik sebelum dipromosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran untuk Video Game.
 

Video game konsol dari Channel F (Sumber gambar: Google Arts & Culture)

Video game konsol dari Channel F (Sumber gambar: Google Arts & Culture)


3. Menciptakan Sistem Video Game Rumahan Pertama

Jerry memimpin proyek pertamanya untuk pengembangan sistem Fairchild Channel F, di mana ini merupakan proyek konsol sistem video game rumahan pertama dengan cartridge yang bisa ditukar, memiliki fitur jeda, dan joystick digital dengan 8 arah penggunaan. Berkat proyek ini, Jerry Lawson membuka jalan untuk pengembang gim pada masa selanjutnya, contohnya Dreamcast, Atari, hingga SNES.
 

4. Membuka Perusahaan Developer Sendiri

Jerry Lawson memutuskan untuk angkat kaki dari Fairchild pada 1980. Dia membuka perusahaan pengembang gim sendiri bernama VideoSoft. Dia menciptakan banyak perangkat lunak untuk Atari 2600. Dalam perjalannya, perusahaan Jerry tidak selalu menemui jalan mulus. VideoSoft sempat tutup selama lima tahun. Namun, dia tak pernah berhenti melayani konsultasi dengan beberapa perusahaan teknik dan video hingga usia tua.
 

5. Dinobatkan sebagai Perintis Industri Gim

Karena kegigihannya, International Game Developers Association menetapkan Jerry Lawson sebagai perintis industri gim yang berjasa bagi perkembangan saat ini. Penobatan itu diberikan pada 2011 untuk menghargai kontribusi Jerry dalam tumbuh kembang ekosistem gim di dunia. .

Jerih payah dan pencapaian Jerry Lawson pun diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York. Salah satu universitas di California juga membuka pendanaan beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu demi mengejar pendidikan tinggi dalam bidang desain gim.  

Baca juga6 Rekomendasi Video Game PC yang Rilis Desember 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Sambut Hari Pencegahan Polusi Sedunia, Ini 3 Cara Hidup Lebih Ramah Lingkungan

BERIKUTNYA

Klasemen Akhir Piala Dunia 2022, Grup G & H Siap Susul 16 Besar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: