Ilustrasi polusi udara (Sumber gambar: Marek Piwnicki/Unsplash)

Sambut Hari Pencegahan Polusi Sedunia, Ini 3 Cara Hidup Lebih Ramah Lingkungan

02 December 2022   |   09:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Setiap tahun, 2 Desember diperingati sebagai Hari Pencegahan Polusi Sedunia. Perayaan hari ini dilakukan untuk membuka dan meningkatkan kesadaran warga dunia tentang pentingnya menerapkan hidup yang lebih ramah lingkungan. Isu perubahan iklim dan pemanasan global juga mengambil tempat penting pada peringatan global ini. 

Lahirnya Hari Pencegahan Polusi Sedunia bermula dari Undang-Undang P2 Kongres Amerika Serikat bersama Badan Perlindungan Lingkungan untuk mengesahkan Undang-Undang Pencegahan Polusi pada 1990. Selanjutnya pada 2017, Kongregasi Global untuk pengendalian polusi digerakkan. Seluruh Menteri lingkungan di dunia bertemu di PBB untuk mengentas masalah polusi dunia.  

Berlanjut pada 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi tuan rumah pertama untuk agenda Konferensi Global mengenai polusi udara dan kesehatan. WHO melihat urgensi dari peringatan hari ini mengingat polusi plastik telah mengancam keberlangsungan hidup makhluk hidup, termasuk di lautan.

Baca jugaYuk Lestarikan Lingkungan, Ini 7 Kiat Mudah Memulai Hidup Minim Sampah
 

Ilustrasi sampah di lautan (Sumber gambar: Naja Bertolt Jansen/Unsplash)

Ilustrasi polusi di lautan (Sumber gambar: Naja Bertolt Jansen/Unsplash)

Hari Pencegahan Polusi Sedunia diciptakan untuk mengingatkan bahwa setiap orang memiliki peran penting untuk melawan polusi. Lingkungan yang lebih baik tidak bisa diciptakan tanpa kerjasama dari seluruh warga di dunia. Hanya dengan membuang sampah pada tempatnya, maka seseorang telah berperan penting dalam membantu kebersihan bumi.

Selain itu, berikut ini adalah rangkuman Hypeabis.id mengenai cara hidup ramah lingkungan untuk merayakan Hari Pencegahan Polusi Sedunia. Simak yuk!
 

1. Menanam Pohon

Menanam pohon merupakan salah satu cara mudah untuk menciptakan Bumi yang berkelanjutan. Kegiatan menanam pohon tidak hanya membuat lingkungan semakin hijau, tetapi juga mengontrol polusi di dunia. Pohon menjadi salah satu hal paling sederhana dan efektif dalam menjaga polusi dan merawat lingkungan. Jangan segan untuk melakukannya ya Genhype!
 

2. Daur Ulang

Ingin berkontribusi lebih untuk mendukung lingkungan? Kamu bisa menginisiasi produk daur ulang dengan cara mengumpulkan sampah yang bisa dimanfaatkan. Konsep reduce, reuse, dan recycle ini merupakan cara efektif kedua untuk menciptakan dunia yang lebih ramah lingkungan. Kamu cukup mengumpulkan dan memisahkan sampah plastik, botol, hingga organik untuk di daur ulang.
 

3. Meminimalisir Penggunaan Plastik

Jika kamu belum bisa menghindari plastik sepenuhnya, coba pertimbangkan untuk mengurangi atau meminimalisir penggunaannya. Plastik merupakan material yang tidak dapat terurai dan membahayakan lingkungan. Banyak pakar memperkirakan plastik membutuhkan waktu hingga 500 tahun untuk terurai. Bayangkan betapa berdampaknya jika setiap orang di dunia mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu jaga bisa mengganti penggunaan plastik dengan bahan-bahan ramah lingkungan untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Misalnya penggunaan tas kain untuk berbelanja, botol dari material kaca, sedotan dari bahan stainless, tisu fabric, dan banyak lainnya. 

Baca jugaSimak 4 Dampak Plastik Sekali Pakai bagi Lingkungan & Manusia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Punya Poin Sama dengan Spanyol, Ini Alasan Jerman Gagal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

BERIKUTNYA

5 Fakta Tentang Jerry Lawson yang Tampil di Google Doodle Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: