Beberapa tim nasional dipastikan gagal melaju ke tahap selanjutnya (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Pixabay)

Intip Peluang Negara yang Bakal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

29 November 2022   |   18:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sebanyak 32 tim nasional dari seluruh negara yang ikut dalam ajang sepak bola terbesar, Piala Dunia 2022 di Qatar telah melakukan pertandingan sebanyak dua kali. Artinya tersisa satu partai terkahir di babak kualifikasi grup, untuk secara utuh melengkapi daftar 16 besar. 

Hingga saat ini, sejumlah tim seperti Prancis, Brasil, dan Portugal tercatat berhasil mengamankan tiket ke tahapan selanjutnya dan beberapa di antaranya dipastikan gagal seperti Qatar dan Korea Selatan. Sementara itu, sebagian lain masih harus berjuang keras dengan persaingan yang kian ketat.
 

Grup A 

Dari Grup A, Belanda, Ekuador, dan Senegal yang masing-masing memiliki 4 poin, 4 poin, dan 3 poin masih memiliki peluang untuk maju ke tahap berikutnya. Sementara tim nasional tuan rumah, yakni Qatar dipastikan telah gagal untuk lolos dari babak kualifikasi grup.

Belanda akan menjalani pertai terakhir dalam babak kualifikasi grup melawan Qatar di Stadion Al-Bayt. Belanda harus memenangkan pertandingan ini agar memperoleh tiket menuju babak selanjutnya. Dengan kemenangan, Belanda akan memperoleh total poin 7.

Belanda dapat tetap melaju ke babak selanjutnya dengan hasil imbang jika tim nasional Ekuador menyerah dari Senegal atau seri dalam pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Internasional Khalifa.

Jika hanya mampu bermain imbang tanpa skor ketika melawan Qatar, Belanda akan memperoleh poin 5 dengan selisih gol mengingat negara ini telah mencetak 3 gol dan satu kali kebobolan. Belanda bisa saja gagal melaju ke babak berikutnya jika takluk dari Qatar dalam skor besar sementara Senegal menang tipis dari Ekuador.

Ekuador yang memiliki poin sama dengan Belanda dapat lolos ke tahapan berikutnya jika mampu menang melawan Senegal, dan membuat poin menjadi 7. Apabila Ekuador kalah dari Senegal, tiket Ekuador ke babak selanjutnya akan ditentukan dari pertandingan antara Belanda melawan Qatar. Tim nasional Senegal tidak memiliki pilihan lain selain kemenangan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.
 

Grup B

Di Grup B, tim nasional Inggris yang saat ini memimpin klasemen sementara masih belum aman untuk maju ke babak selanjutnya. Inggris yang memiliki poin 4 masih mungkin dikejar oleh Iran, Amerika Serikat, dan Wales yang masing-masing memiliki poin 3, 2, dan 1.

Untuk memastikan lolos, Inggris perlu menang dalam pertandingan melawan Wales yang akan berlangsung di Stadion Ahmed Bin Ali. Dengan kemenangan, Inggris akan memiliki poin 7 yang tidak mungkin disamakan oleh Amerika Serikat atau Iran meskipun keduanya mencatatkan kemenangan.

Inggris dapat lolos ke tahapan selanjutnya dengan hasil imbang jika pertandingan antara Iran dan Amerika Serikat dimenangkan oleh salah satunya atau berakhir imbang yang berarti Amerika hanya memiliki poin 3 dan Iran menjadi 4. Sementara Iran dapat lolos ke tahapan berikutnya dengan memperoleh kemenangan atau hasil imbang dan Wales yang melawan Inggris kalah atau imbang. Adapun, Amerika Serikat dan Wales harus menang untuk melaju ke babak selanjutnya.

Amerika akan memperoleh poin 5 jika berhasil menang melawan Iran. Sementara Wales akan memperoleh nilai 4 jika menang. Wales harus menang dengan skor besar saat melawan Inggris untuk lolos mengingat saat ini jumlah selisih gol dengan kebobolan wales adalah -2.

Wales bisa lolos saat menang besar melawan Inggris jika Amerika Serikat menang melawan Iran. Wales akan tetap tersingkir jika menang tipis, kalah, atau bahkan seri. 


Grup C 

Dari Grup C, perebutan tiket ke babak selanjutnya antara Polandia, Argentina, Arab Saudi, dan Meksiko juga cukup ketat mengingat masing-masing baru memiliki poin 4, 3, 3, dan 1. Argentina wajib menang atas Polandia agar bisa lolos ke tahapan selanjutnya.

Argentina dapat tersingkir jika kalah dari Polandia, dan Arab Saudi berhasil menang melawan Meksiko. Sementara itu, Argentina juga dapat tersingkir jika seri, dan Arab Saudi mencatatkan kemenangan melawan Meksiko.

Arab Saudi juga wajib menang atas Meksiko untuk lolos ke tahap selanjutnya, dan mengolesi poin 6. Arab Saudi akan tersingkir jika kalah dari Meksiko. Tim ini masih memiliki peluang dengan hasil imbang jika Polandia berhasil mengalahkan Argentina.

Jika pertandingan antara Polanda dan Argentina berakhir imbang, nasib Arab Saudi akan dilihat dari selisih gol yang dimiliki.
Sementara itu, Polandia perlu meraih kemenangan untuk lolos ke tahapan selanjutnya. Dengan kemenangan, Polandia akan mengantongi poin sebanyak 7. Polandia bisa lolos ke babak selanjutnya dengan hasil imbang jika Arab Saudi berhasil menang atas Meksiko.

Polandia akan tersingkir jika kalah dari Argentina, dan Arab Saudi berhasil memenangkan pertandingan dengan melawan Meksiko.

Baca juga5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022
1
2


SEBELUMNYA

Hariani Santiko Raih Penghargaan Sang Hyang Kamahayanikan Award di BWCF 2022

BERIKUTNYA

Pratinjau Pertandingan Belanda vs Qatar, Laga Krusial di Grup A Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: